Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Soal (Essay) Tumbuhan Hijau Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Esai/Uraian) Materi Tumbuhan Hijau

1. Tumbuhan yang cukup mendapat cahaya matahari akan tampak hijau dan segar, dibandingkan dengan tumbuhan yang kurang cahaya matahari akan kurus. Manfaat tumbuhan hijau bagi manusia dan hewan, yaitu untuk:

2. Apa itu tumbuhan hijau ?

3. Tuliskan fungsi klorofil !

4. Jelaskan tentang fotosintesis !

5. Tuliskan contoh cadangan makanan hasil fotosintesis yang menyimpan cadangan makanan di dalam buah !

Jawaban:

1. 
a. Sumber makanan. Meliputi : Biji-bijian sebagai sumber makanan (kacang tanah, kedelai, dan kacang hijau). Umbi-umbian sebagai sumber makanan (singkong, kentang, dan wortel). Buah-buahan sebagai sumber makanan. Daun sebagai sumber makanan (daun bayam, daun singkong, dan daun sawi). Bunga-bungaan sebagai sumber makanan (jika tangkai bunga dari pohon aren dipangkas akan mengeluarkan nira. Nira mengandung gula. Nira dapat digunakan untuk membuat gula merah). Batang sebagai sumber makanan (tebu dan sagu). Tunas (misalnya rebung / tunas bambu dan kecambah).

b. Sandang atau Pakaian. Beberapa jenis pakaian terbuat dari bahan kain katun. Kain katun ini dibuat dari serat yang berasal dari tanaman kapas.

c. Tempat Tinggal dan Perabot Rumah Tangga. Beberapa jenis kayu digunakan untuk membuat rumah dan perabot rumah tangga. Misalnya pohon jati dan mahoni.

d. Obat-obatan. Tumbuhan tertentu dimanfaatkan sebagai obat-obatan. Misalnya jahe, kunyit, dan temu lawak. Buah pace sangat bermanfaat. Sari buah pace digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit. Misalnya gangguan asam urat. Pil kina adalah obat untuk menyembuhkan penyakit malaria.

e. Menyimpan Air. Tumbuhan juga dimanfaatkan manusia sebagai tempat menyimpan cadangan air dan mencegah erosi.

f. Penyuplai Oksigen. Tumbuhan sebagai penyuplai oksigen yang dibutuhkan manusia dan hewan. Ingat bahwa hasil lain fotosintesis tumbuhan adalah oksigen. Oksigen sangat diperlukan oleh manusia dan hewan untuk bernapas.

g. Tumbuhan hijau sebagai bahan industri. Pada zaman modern banyak industri menggunakan bahan dari tumbuhan. Misalnya industri ban dan industri rokok. Industri ban mobil menggunakan bahan getah karet atau lateks. Adapun industri rokok menggunakan bahan daun tembakau. Selain contoh di atas, ada lagi industri mebel. Industri mebel memanfaatkan kayu tumbuhan. Kayu yang digunakan, misalnya kayu jati, meranti, dan mauni.

2. Tumbuhan hijau merupakan suatu tumbuhan yang memiliki klorofil. Klorofil berasal dari dua kata, yaitu kloro dan fill. Kloro merupakan hijau dan fill merupakan daun. Jadi klorofil merupakan hijau daun.

3. Klorofil berfungsi untuk menyerap energi sinar matahari yang kemudian digunakan untuk proses pembuatan makanan atau proses fotosintesis.

4. Fotosintesis merupakan proses tumbuhan hijau dalam membuat makanan.

5. Contohnya: avokad, mangga, jeruk, pl, nanas, pisang, pepaya, durian dan anggur.