Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

30 Soal (Essay) Jamur Beserta Jawaban

Soal (Uraian) Materi Jamur dan Jawaban


1. Tuliskan tiga jamur yang menguntungkan!

Jawaban:
Jamur yang menguntungkan :
a. Volvariella volvacea (jamur merang) berguna sebagai bahan pangan berprotein tinggi.
b. Rhizopus dan Mucor berguna dalam industri bahan makanan, yaitu dalam pembuatan tempe da noncom.
c. Khamir Saccharomyces berguna sebagai fermentasi dalam industry keju, roti dan bir.


2. Tuliskan ciri-ciri plantae!

Jawaban:
a. memiliki kloroplas
b. dinding sel tersusun atas selulosa
c. memiliki alat reproduksi berupa bunga
d. memiliki ikatan pembuluh


3. Jelaskan kerugian pada Jamur berikut:
a. Claviceps purpurea
b. Candida albicans

Jawaban:
a. Jamur Claviceps purpurea adalah salah satu jamur yang mana merupakan parasit bagi tanaman gandum yang mengakibatkan penyakit ergot pada tanaman gandum.
jika manusia mengonsumsi jamur ini, mereka dapat kejang-kejang dan berhalusinasi. dapat menimbulkan serangan epilepsi, selain itu juga dapat mengakibatkan menurunnya bahkan tidak berfungsinya tangan dan kaki.

b. Jamur Candida albicans adalah spesies cendawanpatogen dari golongan deuteromycota. Spesies cendawan ini merupakan penyebab infeksi oportunistik yang disebut kandidiasispada kulit, mukosa, dan organ dalam manusia. Beberapa karakteristik dari spesies ini adalah berbentuk seperti telur(ovoid) atau sferis dengan diameter 3-5 µm dan dapat memproduksi pseudohifa.


4. Jelaskan yang anda ketahui tentang Penicillium sp!

Jawaban:
Penicillium sp merupakan jamur yang berkembang biak secara aseksual dengan membentuk konidium yang berada di ujung hifa.


5. Tuliskan beberapa contoh jamur yang termasuk dalam divisi Zygomicota!

Jawaban:
Murcor, mucedo, Mooroor javanicus, Rhizopus sp.


6. Apa saja dasar klasifikasi jamur?

Jawaban:
a. Struktur hifa
b. Struktur penghasil spora


7. Jelaskan yang anda ketahui tentang Ascomycota!

Jawaban:
Ascomycota adalah kelompok jamur yang berkembangbiak dengan membentuk spora di dalam selnya (kantong kecil) yang disebut askus.


8. Tuliskan ciri-ciri jamur yang termasuk dalam divisi Zygomicota!

Jawaban:
Ciri-ciri jamur yang termasuk divisi Zygomycota yaitu:
a. biasa hidup sebagai saprofit b. miselium bercabang banyak dan hifa.
b. dinding sel terdiri atas kitin. Tidak memiliki zoospora sehingga sporanya merupakan sel-sel yang berdinding. Spora inilah yang tersebar ke mana-mana.
c. perkembangbiakan secara aseksual dilakukan dengan spora yang berasal dari sporangium yang telah pecah. Beberapa hifa akan tumbuh dan ujungnya membentuk sporangium. Sporangium berisi spora. Spora yang terhambur inilah yang akan tumbuh menjadi missellium baru.
d. perkembangbiakan secara seksual dilakukan dengan peleburan dua hifa, yaitu hifa betina dan hifa jantan. Hifa jantan adalah hifa yang memberikan intiselnya. Hifa betina adalah hifa yang menerima isi selnya.perkembangbiakan ini dilakukan dengan gamelangium yang sama bentuknya (hifa jantan dan hifa betina) yang mengandung banyak inti. Selanjutnya, gametangium mengadakan kopulasi.


9. Mengapa dalam pembuatan Nata dengan Coco diperlukan bakteri Acetobacter xylinum?

Jawaban:
Acetobacter Xylinum adalah salah satu jenis bakteri dengan panjang 2 mikron, berbentuk batang pendek dan memiliki permukaan dinding yang berlendir. Acetobacter Xylinum pada kultur sel masih muda merupakan individu sel yang sendiri-sendiri namun ketika sudah tua, mereka akan membentuk lapisan seperti gelatin yang kokoh dan menutupi sel koloninya. Bakteri ini memiliki kemampuan dalam melakukan oksidasi dari asam asestat menjadi H2O dan CO2. Acetobacter Xylinum mampu mempolimerisasikan glukosa menjadi selulosa. Untuk selanjutnya, selulosa akan membentuk matrik yang dikenal dengan sebutan nata.


10. Bagaimana manfaat Jamur golongan Basidiomycota?

Jawaban:
Deutero itu jamur yg belom sempurna, Jamur ini belom jelas arahnya kemana. Jamur deutero itu rata-rata parasit yang berapa penyakit, tidak ada yqngg menguntungkan.

jamur basidio itu rata2 jamurnya untuk dikonsumsi, seperti jamur kancing, jamur merang, shitake dll. sedangkan jamur zygomycotina fngsi utk membuat kecap, tempe, roti, dsb (kapang, khamir).

Soal (Esai) Bab Jamur Lengkap Jawaban


11. Tuliskan yang dimaksud dengan jamur!

Jawaban:
Jamur adalah makhluk hdup yang telah bersifat eukariotik yang pada umumnya multiseluler, bereproduksi dengan membentuk spora. Tubuh jamur terbentuk dari hifa yang kemudian menjadi miselium, miselium ini terkadang membentuk buah.


12. Tuliskan fungsi hifa dan miselium!

Jawaban:
Fungsi hifa untuk reproduksi, sedangkan miselium berfungsi untuk penyerapan makanan.


13. Sebagai makhluk heterotrof, jamur dapat bersifat parasit obligat, jelaskan maksudnya!

Jawaban:
Parasit obligat merupakan sifat jamur yang hanya dapat hidup pada inangnya sedangkan di luar inangnya tidak dapat hidup misalnya, pneumonia carinii (khamir yang menginfeksi paru-paru penderita AIDS).


14. Tuliskan ciri-ciri umur jamur!

Jawaban:
Struktur tubuh multiseluler bersifat saprofit parasit hifa bersekat dan tidak bersekat, reproduksi negatif dengan sporangiospora, generatif dengan penemuan hifa+ dan hifa-


15. Tuliskan klasifikasi jamur beserta contohnya!

Jawaban:
a. Zygomicota: Rhizopus oryzae, Rhizopus stolonife, Mucor.
b. Ascomycota: Saccharomyces cerevisiae, Panicillium chrysogenum, Claviceps.
c. Basidiomycota: puciniagraminis, ustilago.


16. Jelaskan fungsi mikoriza pada fungi!

Jawaban:
Mampu meningkatkan kapasitas penyerapan dari akar tanaman.


17. Tulis dan jelaskan Penicillium yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk antibiotik!

Jawaban:
Penicilium merupakan kelompok jamur atau fungi yang memiliki banyak, salah satunya dibidang kesehatan yaitu produk hasil sintesis pencilium, atau lebih populer dengan nama penesilin dijadikan antibiotik pertama didunia oleh seorang ilmuwan asal inggris Alexander Fleming. penisilin sendiri menghasilkan efek bakterisid (membunuh kuman) pada mikroba yang sedang aktif membelah, mikroba dalam keadaan matabolik tidak aktif atau tidak membelah praktis tidak dipengaruhi oleh penisilin, kalaupun ada pengaruhnya hanya bakteriostatik (menghambat perkemabangan) oleh karena itu, sangat penting untuk menghabiskan antibiotika yang diresepkan oleh dokter.


18. Jelaskan peranan Jamur dalam ekosistem!

Jawaban:
Peranan jamur yaitu sebagai dekomposer yaitu mengurai sisa-sisa organisme yang telah mati sehingga dapat dimanfaatkan oleh organisme lain. Hal ini sangat penting dalam berkelanjutan ekosistem dibumi. karena yang menjadi kunci berkelangsungan ekisistem adalah adanya keseimbangan antara produksi biomasa oleh organisme fotosintetik dan perombakan-perombakan atau daur ulang nutrien yang dikandungnya. Dalam proses daur ulang senyawa organik jamur memiliki peran yang menonjol disemua ekosistem utama.


19. Mengapa jamur merupakan eukariotik?

Jawaban:
Karena jamur telah memenuhi ciri ciri sel eukariotik yaitu:
Nukleoplasma dan sitoplasma terpisah, mempunyai organel seperti mitokondria golgi, retikulum endoplasma, ribosom dan kloroplas pada tumbuhan DNA seperti pita ganda dan tersusun double heliks dan juga memiliki membran inti


20. Bagaimana Jamur saprofitik memperoleh makanan?

Jawaban:
Jamur saprofitik memproleh makanan dengan zat organik yg mati , menyerap makan dengan organisme yang telah mati seperti kayu tumbang dan buah jatuh.

Pertanyaan Tentang Jamur + Kunci Jawaban


21. Tulis dan jelaskan empat divisi jamur berdasarkan cara reproduksi dan struktur tubuhnya!

Jawaban:
1. Zygomycota, memiliki hifa yang tidak bersekat sehingga memilki banyak inti. Zygomycota menghasilkan spora seksual zigospora dan spora aseksual sporangiospora.
2. Ascomycota, memiliki hifa yang bersekat. Ascomycota menghasilkan spora s3ksual askospora yang dihasilkan oleh askus yang terbentuk dalam tubuh buah yang disebut askokarp, sedangkan spora as3ksual konodia.
3. Basidiomycota, memiliki hifa yang bersekat. Basidiomycota menghasilkan spora s3ksual basidiospora yang tebentuk dalam tubuh buah yang disebut basidiokarp, sedangkan spora aseksual konidia.
4. Deuteromycota, memiliki hufa yang bersekat. Deuteromycota menghasilkan spora as3ksual konodia, sedangkan spora s3ksual belum diketahui. Apabila dapat diidentifikasi spora seksualnya, maka fungi dalam kelompok ini akan diklasifikasikan kembali.


22. Bagaimana jamur golongan Basidiomycota Bereproduksi?

Jawaban:
Ada 2 cara reproduksi nya.
1. Reproduksi aseksual – konidia dan fragmentasi
2. Reproduksi seksual – dgn cara membentuk spora basidium.


23. Bagaimanakah jamur yang dimasukkan ke dalam kelompok Deuteromycota?

Jawaban:
Jamur yang belum diketahui cara pembiakan secara generatif.
Contohnya :
a. Trichophyton
b. Microsporum
c. Epidermophyton


24. Tuliskan ciri-ciri jamur Zygomycota!

Jawaban:
Struktur tubuh uniseluler, multiseluler, cara makan saprofit dan parasite, hifa bersekat dan tidak bersekat, reproduksi vegetative dengan sporangiospora. Reproduksi genetatif dengan zygospora.


25. Tuliskan manfaat jamur putih!

Jawaban:
Khasiat jamur putih terbukti mampu membantu menurunkan berat badan dengan merangsang sistem metabolism bekerja lebih cepat untuk membakar lemak. Jamur ini juga tinggi selenium yang memiliki efek positif memerangi kanker prostal.


26. Jelaskan tentang:
a. Stolon?
b. Sporangium?
c. Sporangiofor?
d. Misellium?

Jawaban:
a. stalon: hifa yang menghubungkan dua sporangium
b. sporangium: tempat penghasil spora
c. sporangiofer: hifa pendukung sporangium
d. miselium: kumpulan hifa


27. Jelaskan struktur tubuh jamur!

Jawaban:
Struktur tubuh jamur:
a. badan buah merupakan struktur reproduki jamur yang bersifat sementara.
b. hifa adalah struktur menyerupai benang yang tersusun dari dinding berbentuk pipa.
c. sel penghasil spora merupakan bagian spora yang akan membentuk spora pada jamur.
d. miselium merupakan jaringan yang terbentuk oleh hifa.


28. Tuliskan 4 macam jamur dan peranannya!

Jawaban:
a. neurospora crasa: bermanfaat dalam pembuatan oncom
b. penecillium notatum: penghasil anti biotik
c. penecillium camemberti: meningkatkan kualitas keju
d. valvariela valvacea: jamur merang


29. Jelaskan klasifikasi jamur!

Jawaban:
Klasifikasi jamur:
a. Zygomicotina, bersifat heterotroph saprofit, tidak bersepta. Spora seksual dengan zygospora, dan spora aseksual dengan sporangiospora.
Contohnya: Rhizopus

b. Ascomicotina, bersifat heterotroph saprofit, hifa yang memiliki bersekat, ada yang uniseluler dan multiseluler serta dapat berkembang biak secara seksual dan aseksual. Spora seksual dengan askospora, dan spora aseksual dengan konidiospora. Contohnya, Saccharomyces.

c. Basidiomicota, bersifat heterotrof saprofit dan multiseluler, bersepta spora seksual dengan basidiospora, dan umumnya tidak memiliki spora aseksual. Contohnya: Auricularia.

d. Deuteromicotina adalah jamur yang berkembang biak dengan konidia dan belum diketahui tahap seksualnya. Tidak ditemukan askus maupun basidium sehingga tidak termasuk dalam kelas jamur. Ascomycota atau basidiumycota oleh karena itu jamur ini merupakan jamur yang tidak sempurna (jamur imperfeksi).


30. Jelaskan cara reproduksi jamur!  

Jawaban:
Cara reproduksi jamur:
a. Perkembangan secara aseksual dilakukan dengan pembelahan sel (fragmentasi) dan pertukaran spora. Pembentukan spora berfungsi untuk menyebarkan spesies dalam jumlah besar.

b. Perkembangan secara seksual dilakukan dengan peleburan dua sel yaitu inti melalui kotak gametalium dan konjungsi. Kontak gametangium menyebabkan terjadinya singami, yaitu penyatuan sel dari dua individu. Singami terjadi dalam tiga tahap, yaitu plasmogami, kariogami, dan meiosis, pada tahap plasmogami, terjadi penyatuan dua protoplasma membentuk sel yang mengandung dua inti yang tidak menyatukan diri selama pembelahan sel (stadium dikariot) pada saat bersamaan, terjadi pula pembelahan inti bersama. setelah pembentukan benda buah terjadilah peleburan sel haploid (kariogami) inti zigot yang diploid. Setelah ini, baru terjadi meiosis, yaitu pembelahan sel dan pengurangan jumlah kromosom menjadi haploid kembali.

c. Tubuh jamur biasanya mengandung inti sel yang haploid. Pembelahan mitosis dari sel jamur yang haploid. Membentuk spora aseksual. Jika mencapai tempat yang menguntungkan. Spora aseksual akan memulai pembelahan mitosis.pembelahan ini menghasilkan miselium haploid baru yang secara genetis sama dengan induknya.

d. Adapun pembentukan spora seksual dimulai ketika dua inti haploid melakukan fusi dan melakukan pembelahan miosis dan membentuk spora seksual yang haploid. Spora kemudian menyebar, berkecambah dan membelah secara meiosis membentuk miselium haploid yang baru.