Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

30 Soal (Essay) Jamur Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Jamur

1. Tuliskan tiga jamur yang menguntungkan!

Jawaban:
Jamur yang menguntungkan :
a. Volvariella volvacea (jamur merang) berguna sebagai bahan pangan berprotein tinggi.
b. Rhizopus dan Mucor berguna dalam industri bahan makanan, yaitu dalam pembuatan tempe da noncom.
c. Khamir Saccharomyces berguna sebagai fermentasi dalam industry keju, roti dan bir.


2. Tuliskan ciri-ciri plantae!

Jawaban:
a. memiliki kloroplas
b. dinding sel tersusun atas selulosa
c. memiliki alat reproduksi berupa bunga
d. memiliki ikatan pembuluh


3. Jelaskan kerugian pada Jamur berikut:
a. Claviceps purpurea
b. Candida albicans

Jawaban:
a. Jamur Claviceps purpurea adalah salah satu jamur yang mana merupakan parasit bagi tanaman gandum yang mengakibatkan penyakit ergot pada tanaman gandum.
jika manusia mengonsumsi jamur ini, mereka dapat kejang-kejang dan berhalusinasi. dapat menimbulkan serangan epilepsi, selain itu juga dapat mengakibatkan menurunnya bahkan tidak berfungsinya tangan dan kaki.

b. Jamur Candida albicans adalah spesies cendawanpatogen dari golongan deuteromycota. Spesies cendawan ini merupakan penyebab infeksi oportunistik yang disebut kandidiasispada kulit, mukosa, dan organ dalam manusia. Beberapa karakteristik dari spesies ini adalah berbentuk seperti telur(ovoid) atau sferis dengan diameter 3-5 µm dan dapat memproduksi pseudohifa.


4. Jelaskan yang anda ketahui tentang Penicillium sp!

Jawaban:
Penicillium sp merupakan jamur yang berkembang biak secara aseksual dengan membentuk konidium yang berada di ujung hifa.


5. Tuliskan beberapa contoh jamur yang termasuk dalam divisi Zygomicota!

Jawaban:
Murcor, mucedo, Mooroor javanicus, Rhizopus sp.


6. Apa saja dasar klasifikasi jamur?

Jawaban:
a. Struktur hifa
b. Struktur penghasil spora


7. Jelaskan yang anda ketahui tentang Ascomycota!

Jawaban:
Ascomycota adalah kelompok jamur yang berkembangbiak dengan membentuk spora di dalam selnya (kantong kecil) yang disebut askus.


8. Tuliskan ciri-ciri jamur yang termasuk dalam divisi Zygomicota!

Jawaban:
Ciri-ciri jamur yang termasuk divisi Zygomycota yaitu:
a. biasa hidup sebagai saprofit b. miselium bercabang banyak dan hifa.
b. dinding sel terdiri atas kitin. Tidak memiliki zoospora sehingga sporanya merupakan sel-sel yang berdinding. Spora inilah yang tersebar ke mana-mana.
c. perkembangbiakan secara aseksual dilakukan dengan spora yang berasal dari sporangium yang telah pecah. Beberapa hifa akan tumbuh dan ujungnya membentuk sporangium. Sporangium berisi spora. Spora yang terhambur inilah yang akan tumbuh menjadi missellium baru.
d. perkembangbiakan secara seksual dilakukan dengan peleburan dua hifa, yaitu hifa betina dan hifa jantan. Hifa jantan adalah hifa yang memberikan intiselnya. Hifa betina adalah hifa yang menerima isi selnya.perkembangbiakan ini dilakukan dengan gamelangium yang sama bentuknya (hifa jantan dan hifa betina) yang mengandung banyak inti. Selanjutnya, gametangium mengadakan kopulasi.


9. Mengapa dalam pembuatan Nata dengan Coco diperlukan bakteri Acetobacter xylinum?

Jawaban:
Acetobacter Xylinum adalah salah satu jenis bakteri dengan panjang 2 mikron, berbentuk batang pendek dan memiliki permukaan dinding yang berlendir. Acetobacter Xylinum pada kultur sel masih muda merupakan individu sel yang sendiri-sendiri namun ketika sudah tua, mereka akan membentuk lapisan seperti gelatin yang kokoh dan menutupi sel koloninya. Bakteri ini memiliki kemampuan dalam melakukan oksidasi dari asam asestat menjadi H2O dan CO2. Acetobacter Xylinum mampu mempolimerisasikan glukosa menjadi selulosa. Untuk selanjutnya, selulosa akan membentuk matrik yang dikenal dengan sebutan nata.


10. Bagaimana manfaat Jamur golongan Basidiomycota?

Jawaban:
Deutero itu jamur yg belom sempurna, Jamur ini belom jelas arahnya kemana. Jamur deutero itu rata-rata parasit yang berapa penyakit, tidak ada yqngg menguntungkan.
Jamur basidio itu rata2 jamurnya untuk dikonsumsi, seperti jamur kancing, jamur merang, shitake dll. sedangkan jamur zygomycotina fngsi utk membuat kecap, tempe, roti, dsb (kapang, khamir).