Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Soal (Essay) Kebutuhan Makhluk Hidup Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Essay) Materi Kebutuhan Makhluk Hidup

1. Tuliskan contoh makanan yang diperlukan oleh manusia !

Jawaban:
Manusia merupakan makhluk hidup yang paling rakus. Hal itu dikarenakan manusia bisa memakan segalanya mulai dari yang berasal dari hewan dan yang berasal dari tumbuhan, manusia juga bisa memakan makanan dari jenis biji-bijian. Oleh sebab itulah manusia memakan segalanya. Untuk melangsungkan hidupnya manusia membutuhkan makanan 4 sehat 5 sempurna. 4 sehat 5 sempurna itu merupakan makanan yang sehat dan bergizi serta berasal dari tumbuhan maupun hewan. Contoh makanan itu adalah manusia membutuhkan nasi sebagai energi karbohidrat, membutuhkan ikan sebagai protein, membutuhkan sayur sebagai sumber vitamin, membutuhkan daging sebagai sumber lemak, membutuhkan susu yang kaya dengan kalsium dan juga mineral. Semua zat tersebut dibutuhkan oleh manusia agar tubuh manusia menjadi sehat dan jika sehat manusia bisa melangsungkan kehidupannya.


2. Tuliskan contoh makanan yang diperlukan oleh hewan !

Jawaban:
Hewan juga membutuhkan makanan. Jenis makanan yang dibutuhkan oleh hewan berbeda-beda tergantung dengan jenis hewan tersebut. Hewan herbivora seperti sapi akan membutuhkan tumbuhan seperti rumput untuk melangsungkan kehidupannya sebab sapi memang tergolong hewan pemakan tumbuhan. Hewan karnivora membutuhkan daging untuk melangsungkan kehidupannya contohnya adalah singa, harimau dan masih banyak lagi lainnya. Untuk hewan omnivora membutuhkan tumbuhan dan juga daging untuk melangsungkan kehidupannya.


3. Jelaskan kebutuhan sinar matahari bagi makhluk hidup !

Jawaban:
Cahaya matahari dibutuhkan oleh semua makhluk hidup. Cahaya matahari dibutuhkan untuk kehidupan tumbuhan dalam pembuatan makanan, tidak hanya itu saja matahari juga digunakan untuk menghangatkan tubuh manusia dan memberikan penerangan bagi lingkungan yang ada di sekitar manusia. Jika tanpa sinar matahari, bumi akan gelap gulita dan tidak bisa dibedakan mana siang dan mana malam.


4. Jelaskan kebutuhan tempat tinggal bagi makhluk hidup !

Jawaban:
Makhluk hidup juga membutuhkan tempat tinggal, tanpa tempat tinggal makhluk hidup akan merasakan tidak aman dan tidak nyaman. Tempat tinggal merupakan tempat untuk kembali, tempat untuk berkumpul keluarga dan juga tempat untuk berlindung. Manusia membutuhkan tempat tinggal berupa rumah untuk melindunginya dari panas sinar matahari dan juga hujan. Manusia membutuhkan tempat tinggal untuk melepaskan lelah. Begitupula dengan hewan dan tumbuhan membutuhkan tempat tinggal untuk kelangsungan hidupnya. Hewan membutuhkan kandang untuk berlindung dan beristirahat, sedangkan tumbuhan membutuhkan tempat tinggal berupa tanah yang subur. Tumbuhan tidak bisa tinggal di tempat yang tandus dan juga gersang hal itu dikarenakan bisa membuat tumbuhan itu cepat mati. Begitupula tumbuhan membutuhkan tempat yang bisa dijangkau oleh sinar matahari. Tanpa bantuan sinar matahari, tumbuhan tidak bisa menjaga kelangsungan hidupnya sebab dia tidak bisa melakukan fotosintesis.