Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Soal (Essay) Perkembangbiakan Makhluk Hidup Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Perkembangbiakan Makhluk Hidup

1. Jelaskan perkembangbiakan manusia!

Jawaban:
Manusia berkembang biak secara kawin (generatif). Perkembangbiakan secara kawin terjadi karena ada proses penggabungan antara sel sp3rma dan sel telur. Sel sp3rma dihasilkan laki-laki dan sel telur dihasilkan perempuan. Pertumbuhan dan perkembangan manusia dimulai saat sel sp3rma dan sel telur bertemu lalu membentuk zigot. Zigot merupakan cikal bakal dari individu baru. Pertumbuhan dan perkembangan berlanjut hingga manusia dewasa dan akan mengalami penuaan atau tua.


2. Jelaskan perkembangbiakan hewan!

Jawaban:
Perkembangbiakan hewan dapat di bedakan menjadi dua macam yaitu secara Vegetatif dan Generatif. Perkembangbiakan Vegetatif terjadi tanpa peleburan Sel Kelamin Jantan dan Betina. Perkembangbiakan Vegetatif biasanya terjadi pada hewan tingkat rendah atau tidak bertulang belakang. Cara perkembangbiakan hewan ada beberapa cara, di antaranya dengan cara melahirkan (vivipar), bertelur (ovipar), dan bertelur melahirkan (ovovivipar), serta ada yang berkembangbiak dengan cara membelah diri (fragmentasi).


3. Hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur memiliki ciri-ciri sebagai berikut?

Jawaban:
Berdasarkan tempat terjadinya pembuahan, hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dikelompokan menjadi dua jenis, yaitu:
Hewan bertelur yang pembuahannya terjadi di dalam tubuh hewan betina (Fertilisasi Internal). Pembuahan di dalam tubuh terutama terjadi pada kelompok reptilia (hewan melata), unggas, dan mamalia (hewan menyusui). Contohnya: ayam dan burung. 
Hewan bertelur yang pembuahannya terjadi di luar tubuh betina (Fertilisasi Eksternal). Pembuahan di luar tubuh terjadi karena penggabungan sel telur dan sp3rma terjadi di luar tubuh induknya. Contohnya: katak dan ikan.
a. Tidak mempunyai daun telinga
b. Tidak mengalami masa mengandung
c. Tidak memiliki kelenjar susu


4. Hewan yang berkembangbiak dengan cara melahirkan memiliki ciri-ciri sebagai berikut?

Jawaban:
a. Memiliki daun telinga
b. Memiliki kelenjar susu
c. Mengalami masa mengandung
d. Memiliki rambut/ bulu yang halus


5. Jelaskan perkembangbiakan hewan dengan membelah diri (fragmentasi)!

Jawaban:
Hewan yang bersel tunggal berkembang biak dengan cara membelah diri, tidak dengan cara kawin. Contohnya, amoeba berkembang biak dengan cara membelah diri. Pembelahan pertama kali tejadi pada inti sel, kemudian bagian tubuh lain ikut membelah. Pembelahan ini menghasilkan dua sel yang kembar. Tiap sel hasil pembelahan menjadi individu baru yang dapat tumbuh dan berkembang biak. Selain amoeba, ada juga hewan yang berkembang biak dengan cara pemisahan bagian tubuh, contohnya bintang laut. Bila bintang laut dibelah menjadi dua bagian, maka tiap bagian tubuhnya itu dapat tumbuh menjadi individu baru. Cara perkembangbiakan dengan pemisahan bagian tubuh ini dinamakan fragmentasi.


6. Jelaskan perkembangbiakan hewan dengan tunas!

Jawaban:
Perkembangbiakan dengan cara pembentukan tunas antara lain terjadi pada Hydra. Hydra merupakan hewan yang tidak bertulang belakang. Hydra hidup pada air tawar. Pada tubuh Hydra dewasa akan muncul tonjolan. Tonjolan tersebut akan terus tumbuh dan membesar. Kemudian, akan terbentuk mulut dan lengan (tentakel). Tunas yang belum dewasa ini mendapatkan makanan dari tubuh induknya. Ketika setelah cukup besar, tunas itu akan terlepas dari tubuh induknya. Tunas yang terlepas akan tumbuh dan berkembang menjadi individu baru.


7. Ciri-ciri bunga yang penyerbukannya melalui perantara serangga, yaitu?

Jawaban:
a. Mahkotanya besar
b. Warnanya mencolok
c. Mengeluarkan bau yang khas
d. Menghasilkan nektar


8. Ciri-ciri bunga yang penyerbukannya melaui perantara angin, yaitu?

Jawaban:
a. Serbuk sarinya banyak, kecil dan ringan
b. Bentuk kepala sari besar
c. Bentuk tangkai sari panjang
d. Kepala putik berbulu dan terentang keluar dari bunga
e. Bentuk mahkota kecil atau tidak mempunyai mahkota


9. Berikan contoh perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif alami dan buatan !

Jawaban:
Perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif alamai dan buatan adalah sebagai berikut:
Perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif alami:
a. Tunas
b. Tunas daun
c. Umbi lapis
d. Umbi batang
e. Umbi akar
f. Akar tinggal
g. Geragih
Perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif buatan
a. Stek
b. Okulasi atau menempel
c. Mengenten atau menyambung
d. Mencangkok
e. Merunduk


10. Jelaskan perbedaan antara perkembangbiakan aseksual dan seksual pada makhluk hidup.

Jawaban: 
Perkembangbiakan aseksual terjadi tanpa melibatkan sel-sel reproduksi yang berbeda, sementara perkembangbiakan seksual melibatkan penyatuan sel-sel reproduksi jantan dan betina untuk membentuk individu baru yang memiliki variasi genetik.


11. Apa yang dimaksud dengan mitosis? Jelaskan tahapan-tahapan utama dalam proses ini.

Jawaban: 
Mitosis adalah proses pembelahan sel yang menghasilkan dua sel anak identik secara genetik dengan sel induknya. Tahapan-tahapan mitosis meliputi profase, metafase, anafase, dan telofase.


12. Bagaimana reproduksi vegetatif terjadi pada tumbuhan? Berikan contoh.

Jawaban: 
Reproduksi vegetatif terjadi ketika tumbuhan menghasilkan individu baru dari bagian tubuhnya yang tidak berhubungan dengan organ reproduksi, seperti stek, umbi, atau rizoma.