Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Soal (Essay) Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Essay) Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

1. Jelaskan pertumbuhan dan perkembangan pada masa dewasa!

Jawaban:
Pada masa dewasa, pertumbuhan tinggi badan pada manusia berhenti. Secara psikologis, manusia sudah matang dalam pemikiran mulai sadar akan tanggung jawabnya. Memikirkan pentingnya pekerjaan dan pendidikan demi masa depan, juga rencana untuk berkeluarga.


2. Jelaskan pertumbuhan dan perkembangan pada masa manula!

Jawaban:
Manusia tidak selamanya berada dalam puncak kekuatan. Menjadi tua adalah proses yang biasa dialami semua makhluk hidup, termasuk manusia. Manusia lanjut usia sering disebut manula.Pada masa usia lanjut ini, kekuatan tumbuh tulang berkurang. Jika cedera susah sembuh. Keadaan keseimbangan metabolisme tubuh berkurang, penyembuhan luka berkurang kecepatannya, kerja organ-organ tubuh menurun, berkurangnya elastisitas kulit, dan rambut memutih. Pada wanita (umur 48-50) mengalami menopause, yaitu berakhirnya kemampuan organ reproduksi menghasilkan ovum. Pada laki-laki kemampuan seksual kemungkinan menurun. Penurunan yang teratur dalam hal penciuman, pendengaran, penglihatan, dan ingatan. Pada masa usia lanjut sering terjadi gangguan kesehatan. Hal ini tergantung pada manusia, bagaimana memelihara dan menjaga kesehatan tubuhnya. Masa ini, tanggung jawab manusia biasanya sudah berkurang.


3. Apa yang dimaksud dengan pertumbuhan ?

Jawaban:
Pertumbuhan adalah suatu proses pertambahan ukuran, baik volume, bobot, dan jumlah sel yang bersifat irreversible (tidak dapat kembali ke asal)


4. Apa yang dimaksud dengan perkembangan ?

Jawaban:
Perkembangan adalah perubahan atau diferensiasi sel menuju keadaan yang lebih dewasa.