Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

69 Soal (Essay) Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Essay) Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

1. Bagaimana pengaruh suhu terhadap pertumbuhan tanaman?

Jawaban:
Setiap perubahan suhu lingkungan akan senantiasa berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman. Suhu yang terlalu tinggi atau terlalu rendah akan menghambat proses tersebut. Suhu yang baik atau ideal diperlukan tumbuhan sehingga pertumbuhan dan perkembangan berlangsung baik yaitu 10–38°C, sedangkan tumbuhan tidak dapat tumbuh di bawah suhu 0°C dan di atas suhu 40°C.


2. Mengapa dahlia dikelompokkan dalam tumbuhan hari pendek, sedangkan bayam dikelompokan dalam tumbuhan hari panjang?

Jawaban:
Karena dahlia membentuk bunga pada saat waktu terang lebih pendek daripada waktu gelap, sedangkan bayam membentuk bunga pada saat waktu terang lebih panjang daripada waktu gelap.


3. Bagaimana kaitan transpirasi terhadap pertumbuhan tanaman?

Jawaban:
Apabila transpirasi (penguapan air) meningkat, tumbuhan dapat menyerap nutrisi di dalam tanah. Keadaan ini memicu pertumbuhan tanaman.


4. Mengapa kelembapan udara merupakan salah satu factor yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan?

Jawaban:
Karena kelembapan memengaruhi penguapan air yang berhubungan dengan penyerapan nutrien. Penguapan air akan meningkat apabila kelembapan rendah, akibatnya tumbuhan dapat menyerap banyak nutrien. Keadaan ini memicu pertumbuhan tanaman.


5. Cahaya diperlukan untuk melakukan proses fotosintesis, namun disisi lain cahaya merupakan factor yang menghambat pertumbuhan. Jelaskan pernyataan tersebut!

Jawaban:
Cahaya diperlukan tumbuhan untuk melakukan proses fotosintesis, namun di sisi lain cahaya merupakan faktor yang menghambat pertumbuhan. Hal ini karena cahaya dapat memicu difusi auksin ke bagian lain yang tidak terkena cahaya.


6. Apa yang dimaksud dengan masa domisili biji? Apa yang mempengaruhi?

Jawaban:
Dormansi biji adalah kondisi biji yang masih hidup tetapi tidak aktif, berada dalam kondisi kering(kelembabannya kurang) dan tidak dapat(gagal) berkecambah selama periode waktu tertentu karena faktor internal biji.


7. Apa yang dimaksud dengan partenokapri? Apa yang memengaruhinya?

Jawaban:
Partenokarpi adalah perkembangan buah tanpa biji. Hormon giberelin yang memengaruhinya.


8. Jelaskan fungsi akar!

Jawaban:
Memperkokoh berdirinya tumbuhan, Sebagai alat pencari makanan dan alat pernapasan, dan Menyimpan makanan cadangan (pada tumbuhan tertentu).


9. Tuliskan ciri-ciri akar serabut!

Jawaban:
Ujung dan pangkal akar besarnya hampir sama, Bentuknya seperti serabut, Semua akar keluar dan pangkal batang.


10. Tuliskan contoh tumbuhan yang bermanfaat sebagai bahan makanan!

Jawaban:
Padi, sagu, jeruk, jagung, gandum, mangga, kacang, ubi, kentang, pepaya, kangkung, bayam, dan rambutan.


11. Apakah yang dimaksud perkecambahan epigeal?

Jawaban:
Perkecambahan epigeal adalah perkecambahan yang hipokotil tumbuh menembus permukaan tanah sehingga kotiledon terangkat ke permukaan tanah. Contoh: tanah( Arachis hypogeae) dan kapas (Gossypium sp).


12. Apakah yang dimaksud perkecambahan hipogeal?

Jawaban:
Perkecambahan hypogeal adalah perkecambahan yang bakal batang tumbuh memanjang kepermukaan tanah, kotiledon tetap berada di dalam tanah. Contoh: perkecambahan kacang kapri (Pisium sativum), dan jagung ( Zea mays).