Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Soal (Essay) Pewarisan Sifat Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Esai/Uraian) Materi Pewarisan Sifat

1. Apa yang dimaksud dengan homozigot ?

2. Jelaskan tentang pewarisan sifat atau hereditas !

3. Apa yang dimaksud dengan kromosom ?

4. Tuliskan fungsi kromosom tubuh !

5. Tuliskan fungsi kromosom k3lamin (gonosom)!

6. Apa yang dimaksud dengan fenoptipe ?

7. Jelaskan tentang resesif !

Jawaban:

1. Homozigot adalah kebalikan dari heterozigot, yakni pasangan gen yang bersifat sama.

2. Pewarisan sifat atau hereditas merupakan penurunan sifat dari induk (orang tua) kepada keturunannya (anak). Ilmu yang mempelajari tentang pewarisan sifat ini disebut genetika. Sifat-sifat suatu makhluk hidup diwariskan melalui sel kelamin jantan dan sel kelamin betina. Bagian sel yang bertanggung jawab terhadap penurunan sifat ini terdapat di bagian inti sel (nukleus). Di dalam inti sel terdapat kromosom. Kromosom merupakan benang-benang halus yang berfungsi sebagai faktor pembawa sifat keturunan. Di dalam kromosom terdapat substansi pembawa sifat keturunan yang terdiri atas senyawa kimia yang disebut gen. Gen berfungsi sebagai penentu sifat-sifat suatu makhluk hidup. Kromosom dan gen inilah yang mengendalikan pewarisan sifat pada makhluk hidup.

3. Kromosom adalah materi genetik yang berupa benang-benang halus (kromatin) yang berfungsi sebagai pembawa informasi genetik kepada keturunannya. Setiap inti sel suatu makhluk hidup memiliki dua jenis kromosom yaitu kromosom tubuh (autosom) dan kromosom kelamin (gonosom).

4. Kromosom tubuh berfungsi untuk menentukan sifat-sifat tubuh suatu organisme. Kromosom tubuh dilambangkan dengan A yang berasal dari kata autosom yang terdiri dari 22 pasang atau berjumlah 44 buah. Autosom terletak pada sel tubuh dan berpasangan sehingga disebut kromosom diploid (ditulis dengan 2n).

5. Kromosom k3lamin (gonosom) berfungsi untuk menentukan jenis kelamin suatu organisme. Gonosom berjumlah 1 pasang atau 2 buah, gonosom pada laki-laki dilambangkan dengan XY dan pada perempuan dilambangkan dengan XX. Gonosom terletak pada sel kel3min dan tidak berpasangan sehingga disebut kromosom haploid (ditulis dengan n).

6. Fenoptipe adalah sifat dalam individu yang bisa dilihat dengan pengelihatan. Contohnya disini ialah warna rambut, warna bunga di tanaman, tinggi dan juga pendek, warna kulit dan ukuran buah.

7. Resesif adalah kebalikan dari dominan. Resesif ialah sifat yang dipunya suatu individu, namun tidak terlihat dari keturunannya, hal ini disebabkan sifat tersebut kalah dengan sifat pada individu lain sebab dari persilangan.