Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

44 Soal (Essay) Protista Beserta Jawaban

Soal (Uraian) Materi Protista

1. Jelaskan tentang Ulva lactuca!

Jawaban:
Ulva lactuca
a. Ulva memiliki habitat di dasar perairan laut yang dangkal, berbentuk seperti lembaran daun, daur hidupnya mengalami metagenesis.
b. Reproduksi s3ksualnya dengan cara konjugasi sedangkan reproduksi as3ksualnya dengan cara membentuk zoospora, ulva memiliki manfaat sebagai bahan makanan (selada laut).


2. Jelaskan tentang Chara!

Jawaban
Chara
a. Chara memiliki habitat di air tawar dan menyerupai tumbuhan tingkat tinggi yaitu mempunyai struktur berbentuk menyerupai batang beruas-ruas dan memiliki cabang
b. Pada ruas tubuh terdapat nukula yang mengandung arkegonium yang menghasilkan ovum serta globula yang mengandung anteridium penghasil spermatozoid, peleburan ovum dan spermatozoid menghasilkan zigospora yang akan menjadi individu baru.


3. Jelaskan tentang Oedogonium!

Jawaban
Oedogonium
a. Memiliki habitat di air tawar.
b. Reproduksi seksualnya yaitu dengan cara fertilisasi ovum oleh spermatozoid, sedangkan reproduksi as3ksualnya dengan membentuk zoospora.


4. Jelaskan tentang Divisio Chrysophyta!

Jawaban
Divisio Chrysophyta
a. Chrysophyta sebagian bersifat uniseluler (bersel satu) dan sebagian bersifat multiseluler (bersel banyak), kebanyakan sebagai fitoplankton di ekosistem perairan.
b. Habitatnya sebagian besar berada di air tawar dan laut, pigmen utama pada chrysophyta adalah klorofil, selain itu terdapat pigmen karotenoid dan xantofil sehingga menyebabkan tubuhnya berwarna coklat keemasan
c. Sebagian Chrysophyta memiliki flagela untuk membantu pergerakan.
d. Reproduksi seksual chrysophyta dengan cara peleburan sperma dan ovum sehingga menghasilkan zigot sedangkan reproduksi aseksual dengan pembelahan biner atau pembentukan zoospora pada organisme uniseluler dan multiseluler.


5. Tuliskan contoh organisme chrysophyta!

Jawaban
Beberapa contoh organisme chrysophyta adalah
a) Ochromonas
Terdapat kloroplas yang melengkung. Ochromonas berbentuk bola dan memiliki alat gerak berupa 2 flagela.
b) Vaucheria
Habitatnya berada di air tawar dan payau, berbentuk benang yang tak bersekat.
Reproduksi seksualnya adalah secara oogonium dengan menggunakan anteridium, sedangkan reproduksi aseksual dengan membentuk zoospora


6. Bagaimana ciri-ciri umum Protista?

Jawaban
Ciri-Ciri Umum Protista
1. Kebanyakan uniseluler (bersel satu) tetapi beberapa organisme multiseluler atau kolonial.
2. Mereka hidup bebas atau hidup sebagai parasit.
3. Respirasi aerob dan memiliki mitokondria untuk respirasi sel.
4. Reproduksi secara aseksual atau seksual.
5. Protista dikelompokkan menjadi 3: protista mirip hewan (protozoa), mirip jamur, dan mirip tumbuhan
6. Berdasarkan kelompok, mereka dapat bersifat heterotrof atau autotrof.
7. Protista mirip tumbuhan (algae/ganggang) memiliki klorofil; serta memiliki pigmen tambahan seperti xantofil, fikobilin, dan karoten.


7. Bagaimana Protista Berkembang biak?

Jawaban
Protista dapat berkembang biak dengan cara aseksual serta seksual. Dalam berkembang biak melalui as3ksual atau vegetatif, mikroorganisme yang satu ini akan melakukan pembelahan biner. Sementara perkembangbiakan secara s3ksual atau generatif, protista dapat berkembang biak dengan cara berkonjugasi, gametogami baik yang isogami maupun anisogami.


8. Bagaimana Klasifikasi Kingdom Protista?

Jawaban
Protista
1. Mirip hewan:
protozoa
2. Mirip tumb:
alga
3. Mirip jamur:
a. Myxomycota (jamir lendir),
b. Oomycota (jamur air)


9. Mengapa Protista disebut sebagai organisme eukariotik?

Jawaban
Karena protista terdiri dari sel sel eukarotik, yaitu sel yang memiliki membran inti.


10. Apakah fase Vegetatif dari jamur lendir plasmodial?

Jawaban
Fase plasmodium (fase lendir), yaitu fase atau masa dari jamur yang bentuknya berupa lendir yang merupakan sitoplasma tidak berdinding dan memiliki inti banyaklah.


11. Mengapa Protista mirip jamur tidak dimasukkan ke dalam kelompok Jamur?

Jawaban
Rotista mirip jamur tidak dimasukkan ke dalam fungi karena struktur tubuh dan cara reproduksinya berbeda. Reproduksi jamur mirip fungi, tetapi gerakan pada fase vegetatifnya mirip amoeba (protozoa). Meskipun tidak berklorofil, struktur membran jamur ini mirip ganggang. Protista mirip jamur dibedakan menjadi 2 kelompok, yaitu mycomycota dan oomycota


12. Bagaimana Jamur air Bereproduksi?

Jawaban
Jamur air bereproduksi secara seksual dan aseksual. secara aseksual dia menghasilkan spora (zoospora) dan secaara seksual dengan membentuk gamet jantan san betina. kemudian terjadilah fertilisasi dan terbentuk lah zigot yg tumbuh menjadi oospora yang mempunyai dinding tebal. kemudian oospora akan tumbuh menjadi benang-benang (hifa).


13. Bagaimana Protista mirip Jamur memperoleh makanan dan energinya?

Jawaban
Protista mirip jamur mendapatkan makanan dengan cara parasit (merugikan tumbuhan lain) dan menguraikan dari material yang membusuk. Memperoleh energi dari menguraikan makanan.


14. Bagaimana ciri-ciri umum Protista mirip tumbuhan (alga) yang membedakan dengan jenis Protista yang lain?

Jawaban
Yang membedakan adalah protista mirip tumbuhan memiliki klorofil sedangkan protista yang lain tidak memiliki klorofil.



15. Mengapa Chrysophyta disebut juga alga pirang?

Jawaban
Chrysophyta disebut alga pirang disebabkan adanya dua faktor, faktor yang pertama adalah faktor bahasa, dan kedua adalah faktor biologisnya. Sedangkan faktor biologisnya adalah alga ini mempunyai kombinasi pigmen xantofil atau keemasan dan pigmen karoten atau oranye sehingga campuran keduanya menghasilkan warna pirang.