Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Soal (Essay) Siklus Air Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Esai/Uraian) Materi Siklus Air

1. Tuliskan fungsi air!

2. Apa yang dimaksud dengan evaporasi?

3. Jelaskan tentang transpirasi!

4. Apa itu evapotranspirasi?

5. Apa yang dimaksud dengan sublimasi?

6. Jelaskan tentang kondensasi

7. Mengapa air selalu terseddia di bumi, meskipun digunakan setiap hari!

8. Jelaskan proses daur air!

9. Tuliskan 4 kegiatan manusia yang mempengaruhi daur air!

10. Tuliskan 5 manfaat Air bagi kehidupan manusia!

Jawaban:

1. Berikut adalah beberapa fungsi air, diantaranya ialah sebagai berikut:
a. Sebagai pelarut
b. Pengatur suhu tubuh
c. Pengatur tekanan osmotik sel
d. Sarana transportasi zat di dalam tubuh (darah)
e. Bahan baku fotosintesis
f. Bagi manusia; air minum, mandi, mencuci, irigasi, pembangkit listrik, dan juga pariwisata.

2. Tahapan siklus air yang pertama adalah evaporasi. Tahap evaporasi terjadi saat air yang ada di permukaan laut menguap karena pemanasan sinar matahari. Artinya tahapan evaporasi hanya dapat terjadi saat pagi atau siang hari saat matahari masih bersinar. Air akan diubah menjadi uap air dalam bentuk gas, sehingga bisa naik ke atas atmosfer. Tahapan evaporasi tidak hanya terjadi pada air laut saja, tapi juga air di sungai, danau, dan aliran air lainnya.

3. Selain evaporasi, juga terjadi tahapan transpirasi secara bersamaan. Jika evaporasi adalah penguapan air laut karena matahari, maka transpirasi adalah penguapan air dari jaringan makhluk hidup, seperti yang ada pada hewan atau tumbuhan. Transpirasi mengubah air pada jaringan makhluk hidup menjadi uap air dalam bentuk gas, sehingga bisa naik menuju ke atas atmosfer. Umumnya jumlah air pada proses transpirasi lebih sedikit dibandingkan yang dihasilkan melalui proses evaporasi.

4. Sesuai namanya, proses evapotranspirasi ini merupakan gabungan dari proses evaporasi dan transpirasi. Pada proses ini, penguapan air dari tahapan evaporasi dan transpirasi akan digabung dan diakumulasikan. Secara teori, evapotranspirasi bukanlah tahapan utama, karena perannya hanya menggabungkan dua proses tahapan yang sudah terjadi. Namun untuk tujuan memudahkan, proses ini sering dimasukkan dalam tahapan siklus hidrologi.

5. Urutan siklus hidrologi yang berikutnya adalah proses sublimasi. Proses ini sebenarnya masih sama dengan proses-proses di atas, yakni proses penguapan air, hanya saja penguapan air pada sublimasi terjadi di gunung dan daerah kutub. Sublimasi juga mengubah molekul cair pada daerah kutub dan gunung menjadi uap air dalam bentuk benda gas. Cairan yang diuapkan pada sublimasi cenderung lebih sedikit. Selain itu proses sublimasi juga memerlukan waktu yang relatif lebih lama.

6. Uap air yang telah dihasilkan melalui proses evaporasi, transpirasi, evapotranspirasi, dan proses sublimasi akan naik hingga titik ketinggian tertentu. Melalui proses kondensasi, uap-uap air tersebut akan diubah menjadi partikel es berukuran sangat kecil. Dengan kata lain, proses kondensasi merupakan proses berubahnya air menjadi partikel es akibat suhu udara yang rendah hingga akhirnya membentuk awan hitam yang tebal. Hal ini memungkinkan terjadi karena pengaruh suhu udara yang rendah di titik ketinggian tersebut.

7. Sebab adanya daur air menimbulkan jumlah air di bumi secara keseluruhan tetap

8. Sirkulasi air secara terus menerus yang berasal dari bumi ke atmosfer serta akan kembali lagi ke bumi

9.
a. Pemakaian bahan bakar fosil
b. Pembuangan air limbah langsung ke sungai
c. Penutupan permukaan tanah dengan bangunan atau aspal dan beton
d. Penebangan hutan secara liar,

10. Manfaat air:
a. Untuk perikanan dan pariwisata
b. Sarana olah raga
c. Untuk minum
d. Sarana transportasi
e. Sarana pembangkit listrik