Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

30 Soal (Essay) Akuntansi Perusahaan Jasa Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian/Esai) Materi Akuntansi Perusahaan Jasa

1. Bengkel Gudang Motor membeli peralatan servis seherga Rp15.000.000,00. Dibayar tunai sebesar Rp10.000.000,00 dan sisanya akan dibayar satu bulan kemudian. Apa akibat dari adanya transaksi tersebut dalam proses akuntansi?

2. Pada tanggal 2 Desember, Tuan Taka membeli perlengkapan bengkel secara tunai seharga Rp1.000.000,00. Bagaimana analisis terdapat transaksi tersebut?

3. Pada tanggal 5 Januari, bengkel Candra menerima pendapatan jasa service sebesar Rp3.000.000,00. Bagaimana analisis pencatatan akunnya?

4. Pemilik mengambil uang perusahaan untuk keperluan pribadinya sebesar Rp 400.000,00 Bagaimana analisis pencacatan akunya?

5. Jelaskan prosedur debit dan kredit untuk akun yang di sajikan dalam neraca!

6. Apakah yang dimaksud bukti transaksi eksternal?

7. Jelaskan yang dimaksud dengan jurnal umum atau jurnal transaksi !

8. Jelaskan apa yang dimaksud dengan buku jurnal !

9. Jelaskan apa yang dimaksud dengan buku besar !

10. Andika mendirikan bengkel Gudang Motor Untuk itu, Andre menyetorkan uang tunai sebesar Rp 20.000.000,00 sebagai modal awal. Bagaimana analisis pencatatan akunnya?

11. Apakah kegunaan dibuatnya taksiran piutang tak tertagih?

12. Jelaskan fungsi histories dari jurnal!

13. Mengapa laporan keuangan sering tidak dapat disusun langsung dari neraca saldo?

14. Terangkan tujuan penyusunan neraca saldo!

15. Tuliskan prosedur penyususnan neraca saldo!

16. Mengapa walaupun telah disusun neraca saldo, namun masih belum dapat dibuat laporan keuangan?

17. Tuliskan tahap-tahap pengikhtisaran siklus akuntansi!

18. Tuliskan pengertian laporan keuangan menurut standar akuntansi keuangan!

19. Tuliskan penggolongan bukti transaksi berdasarkan pihak yang menggunakannya !

20. Jelaskan bahwa salah satu manfaat bukti transaksi yaitu dapat mengurangi kesalahan!

21. Mengapa bentuk buku besar perusahaan yang satu dengan yang lainnya berbeda?

22. Apakah yang dimaksud kertas kerja?

23. Jelaskan yang dimaksud dengan accrual basis !

24. Jelaskan yang dimaksud dengan cash basis !

25. Tuliskan akun yang berkurang bila di sisi kredit!

26. Terangkan informasi yang dapt kita peroleh dari laporan laba rugi?

27. Tuliskan karakteristik kualitatif laporan keuangan!

28. Apakah yang dimaksud laporan posisi keuangan?

29. Tuliskan tujuan pembuatan jurnal penutup!

30. Bagaimana cara membuat jurnal penutup?

Kunci Jawaban:

1. Akibat dari transaksi ini sebagai berikut.
a. Akun pada aset akan bertambah dan akun kewajiban juga bertambah.
b. Nama akun aset yang dipakai adalah akun kas dan Peralatan. Nama akun kewajiban yang dipakai adalah Utang Usaha.
c. Dicatat sebagai debit (penambahan) sebesar Rp15.000.000,00 pada Peralatan dan kredit (pengurangan) sebesar Rp10.000.000,00 pada kas, serta kredit (penambahan) sebesar Rp5.000.000,00 pada Utang.

2. Transaksi ini menyembabkan aset kas bertambah dan pendapatan bertambah. Nama rekening yang berpengaruh dari transaksi ini adalah Kas dan Perlengkapan. Pembelian perlengkapan secara tunai tersebut dicatat dalam akun Kas pada sisi kredit sebesar Rp1.000.000,00 (karena Kas berkurang) dan catat ke dalam akun Perlengkapan pada sisi debit (karena perlengkapan bertambah).

3. Transaksi in menyebabkan aset kas bertambah dan pendapatan bertambah. Nama akun yang terpengaruh akibat dari transaksi ini adalah kas dan pendapatan yang disebut Pendapatan jasa servis. Pendapatan jasa sevis ini dicatat ke sisi debit akun kas (karena kas bertambah) dan sisi kredit akun Pendapatan jasa servis (karena pendapatan usaha bertambah).

4. Transaksi ini menyebabkan modal barkurang dan aset berkutang. Nama akun yang terpengaruh oleh transaksi ini adalah Kas dan akun Prive. Transaksi ini dicatat pada sisi debit akun Prive (karena modal berkurang) dan sisi kredit akun kas (karena kas berkurang).

5. Akun aktiva akan bertambah jumlahnya bila sisi debet ditambah, akun pasiva akan bertambah bila sisi kredit ditambah, demikian pula sebaliknya.

6. Bukti transaksi eksternal adalah bukti yang dibuat oleh pihak luar dan digunakan untuk proses akuntansi perusahaan.

7. Aktivitas meringkas dan mencatat transaksi perusahaan berdasarkan dokumen dasar secara kronologis beserta penjelasan yang di perlukan di dalam buku harian

8. Media yang digunakan untuk mencatat transaksi perusahaan secara ringkas, permanen dan lengkap serta disusun secara kronologis untuk referensi di masa mendatang, dan merupakan catatan akuntansi yang pertama, sehingga dikenal sebagai the books of original entry

9. Buku yang berisi kumpulan akun (account) terpadu yang sering kali disebut juga sebagai rekening atau perkiraan

10. Analisisinya adalah karena kas bertambah Rp 20.000.000,00, maka akun yang bersangkutan harus didebit sebesar Rp 20.000.000,00 (jika aktiva bertambah akun yang bersangkutan harus didebit). Sedangkan modal juga bertambah sebesar Rp 20.000.000,00. Penambahan modal mengakibatkan akun yang bersangkutan harus dikredit sebesar Rp 20.000.000,00.

11. Taksiran piutang tak tertagih digunakan untuk mencatat kemungkinan kerugian aatas piutang tak tertagih.

12. Fungsi histories adalah transaksi yang di catat di dalam jurnal diurutkan menurut tanggal terjadinya transaksi, sehingga suatu transaksi mudah ditelusuri dan dibuktikan.

13. Laporan keuangan sering tidak dapat disusun langsung dari neraca saldo. Hal tersebut karena data yang tercantum dalam neraca saldo masih memerlukan penyesuaian terlebih dahulu.

14. Neraca Saldo disusun untuk memastikan bahwa ayat-ayat jurnal dibukukan secara tepat dan menentukan keseimbangan Buku Besar.

15. Prosedur menyusun Neraca Saldo adalah :
a. Pada nomorakun ditulis nomor akun dalam buku besar
b. Pada kolom nama akun sesuai dengan dengan nama nama akun yang ada di buku besar
c. Pada kolom debit ditulis saldo debit yang ada di buku besar
d. Pada kolom kredit ditulis saldo kredit yang ada di buku besar
e. Buktikan keseimbangan antara debit dan kredit.

16. Walaupun telah disusun neraca saldo, namun sering masih belum dapat dibuat laporan keuangan.
Hal ini disebabkan adanya transaksi-transaksi yang belum dicatat seperti :
a. Beban yang belum dibayar
b. Pendapatan yang belum diterima
c. Penyusutan nilai aktiva tetap.

17. Pada materi ini akan disajikan tahap-tahap pengikhtisaran transaksi usaha yang meliputi:
a. Menyusun neraca saldo
b. Membuat jurnal penyesuaian
c. Membuat neraca lajur

18. Pengetahuan laporan keuangan menurut standar Akuntansi Keuangan adalah gambaran mengenai dampak keuangan dari transaksi dan peristiwa lain yang diklasifikasikan dalam beberapa kelompok besar menurut karakteristik ekonominya.

19. Penggolongan bukti transaksi berdasarkan pihak yang menggunakannya yaitu bukti transaksi internal dan eksternal.

20. Ciri penting dari bukti transaksi adalah semua data yang penting tersebut direkam dalam bentuk tulisan, sehingga dapat mengurangi kesalahan.

21. Bentuk buku besar perusahaan yang satu berbeda dengan bentuk perusahaan yang lain. Karena bentuk buku akun buku besar tergantung dari kebutuhan masing-masing perusahaan.

22. Kertas kerja adalah kertas berkolom yang digunakan untuk mempermudah dalam menyusun laporan keuangan.

23. Pencatatan transaksi keuangan dilakukan pada saat terjadinya transaksi yang bersangkutan, terlepas transaksi tersebut telah diselesaikan secara tunai atau belum

24. Pencatatan transaksi keuangan dilakuan pada saat transaksi keuangan yang bersangkutan telah diselesaikan secara tunai

25. Akun yang berkurang bila di sisi kredit yaitu sktiva, beban, dan prive.

26. Laporan laba rugi akan dapat diketahui tingkat perkembangan sebuah perusahaan Karena dalam laporan ini akan disajikan informasi mengenai penghasilan yang diperoleh dan beban yang dikeluarkan oleh perusahaan selama periode tertentu.

27. Karakteristik kualitatif laporan keuangan sebagai berikut
a. Laporan keuangan sebagai sumber informasi harus mudah dipahami oleh pemakai. Di sini diasumsikan bahwa pemakai telah memiliki pengetahuan tentang akuntansi dan aktivitas ekonomi yang lain
b. Informasi dalam laporan keuangan harus relevan dalam memenuhi kebutuhan pemakai dalam mengambil keputusan. Laporan keuangan dapat membantu para pemakai dalam mengevaluasi program kerja dan digunakan sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan .
c. Laporan keuangan harus andal, dalam arti yang jujur dan wajar. Jujur, maksudnya harus menggambarkan peristiwa atau aktivitas ekonomi yang seharusnya.
d. Laporan keuangan harus netral, maksudnya informasi disajikan untuk kebutuhan umum pemakai dan tidak untuk memenuhi kebutuhan pihakpihak tertentu.
e. Laporan keuangan harus digunakan oleh pemakai sebagai perbandingan dengan laporan keuanagn pada periode-periode yang lain. Perbandingan laporan keuangan antarperiode bertujuan untuk mengidentifikasi posisi keuangan perusahaan.

28. Laporan posisi keuangan adalah Laporan mengenai posisi Harta, Utang dan Modal suatu perusahaan dalam suatu periode yang disusun secara sistematis

29. Tujuan pembuatan jurnal penutup adalah sebagai berikut
a. Menghitung Laba Rugi untuk periode yang bersangkutan
b. Memisahkan transaksi pendapatan, penjualan dengan beban tahun tertentu dengan tahun sebelumnya
c. Mendapatkan Neraca AKhir (daftar saldo setelah penutupan) yang merupakan Neraca awal periode berikutnya.

30. Untuk membuat Jurnal Penutup dilakukan dengan cara.
1) Menutup semua akun Nominal yang bersaldo Debet, dengan memisahkan saldo akun yang bersangkutan ke sisi Debet akun Ikhtisar Laba Rugi dan mengkredit yang bersangkutan.
2) Menutup semua akun Normal yang bersaldo Kredit, dengan memindahkan saldo akun yang bersangkutan ke sisi kredit akun Ikhtisar laba rugi dan mendebet akun yang bersangkutan.