Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

30 Soal (Essay) Akuntansi Perusahaan Jasa Beserta Jawaban

Soal (Uraian) Materi Akuntansi Perusahaan Jasa

1. Bengkel Gudang Motor membeli peralatan servis seherga Rp15.000.000,00. Dibayar tunai sebesar Rp10.000.000,00 dan sisanya akan dibayar satu bulan kemudian. Apa akibat dari adanya transaksi tersebut dalam proses akuntansi?

Jawaban:
Akibat dari transaksi ini sebagai berikut.
a. Akun pada aset akan bertambah dan akun kewajiban juga bertambah.
b. Nama akun aset yang dipakai adalah akun kas dan Peralatan. Nama akun kewajiban yang dipakai adalah Utang Usaha.
c. Dicatat sebagai debit (penambahan) sebesar Rp15.000.000,00 pada Peralatan dan kredit (pengurangan) sebesar Rp10.000.000,00 pada kas, serta kredit (penambahan) sebesar Rp5.000.000,00 pada Utang.


2. Pada tanggal 2 Desember, Tuan Taka membeli perlengkapan bengkel secara tunai seharga Rp1.000.000,00. Bagaimana analisis terdapat transaksi tersebut?

Jawaban:
Transaksi ini menyembabkan aset kas bertambah dan pendapatan bertambah. Nama rekening yang berpengaruh dari transaksi ini adalah Kas dan Perlengkapan. Pembelian perlengkapan secara tunai tersebut dicatat dalam akun Kas pada sisi kredit sebesar Rp1.000.000,00 (karena Kas berkurang) dan catat ke dalam akun Perlengkapan pada sisi debit (karena perlengkapan bertambah).


3. Pada tanggal 5 Januari, bengkel Candra menerima pendapatan jasa service sebesar Rp3.000.000,00. Bagaimana analisis pencatatan akunnya?

Jawaban:
Transaksi in menyebabkan aset kas bertambah dan pendapatan bertambah. Nama akun yang terpengaruh akibat dari transaksi ini adalah kas dan pendapatan yang disebut Pendapatan jasa servis. Pendapatan jasa sevis ini dicatat ke sisi debit akun kas (karena kas bertambah) dan sisi kredit akun Pendapatan jasa servis (karena pendapatan usaha bertambah).


4. Pemilik mengambil uang perusahaan untuk keperluan pribadinya sebesar Rp 400.000,00 Bagaimana analisis pencacatan akunnya?

Jawaban:
Transaksi ini menyebabkan modal barkurang dan aset berkutang. Nama akun yang terpengaruh oleh transaksi ini adalah Kas dan akun Prive. Transaksi ini dicatat pada sisi debit akun Prive (karena modal berkurang) dan sisi kredit akun kas (karena kas berkurang).


5. Jelaskan prosedur debit dan kredit untuk akun yang di sajikan dalam neraca!

Jawaban:
Akun aktiva akan bertambah jumlahnya bila sisi debet ditambah, akun pasiva akan bertambah bila sisi kredit ditambah, demikian pula sebaliknya.


6. Apakah yang dimaksud bukti transaksi eksternal?

Jawaban:
Bukti transaksi eksternal adalah bukti yang dibuat oleh pihak luar dan digunakan untuk proses akuntansi perusahaan.


7. Jelaskan yang dimaksud dengan jurnal umum atau jurnal transaksi !

Jawaban:
Aktivitas meringkas dan mencatat transaksi perusahaan berdasarkan dokumen dasar secara kronologis beserta penjelasan yang di perlukan di dalam buku harian


8. Jelaskan apa yang dimaksud dengan buku jurnal !

Jawaban:
Media yang digunakan untuk mencatat transaksi perusahaan secara ringkas, permanen dan lengkap serta disusun secara kronologis untuk referensi di masa mendatang, dan merupakan catatan akuntansi yang pertama, sehingga dikenal sebagai the books of original entry


9. Jelaskan apa yang dimaksud dengan buku besar !

Jawaban:
Buku yang berisi kumpulan akun (account) terpadu yang sering kali disebut juga sebagai rekening atau perkiraan


10. Andika mendirikan bengkel Gudang Motor Untuk itu, Andre menyetorkan uang tunai sebesar Rp 20.000.000,00 sebagai modal awal. Bagaimana analisis pencatatan akunnya?

Jawaban:
Analisisinya adalah karena kas bertambah Rp 20.000.000,00, maka akun yang bersangkutan harus didebit sebesar Rp 20.000.000,00 (jika aktiva bertambah akun yang bersangkutan harus didebit). Sedangkan modal juga bertambah sebesar Rp 20.000.000,00. Penambahan modal mengakibatkan akun yang bersangkutan harus dikredit sebesar Rp 20.000.000,00.