Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pertanyaan tentang Wacana Bahasa Indonesia

Soal Pilihan Ganda

1. Metode yang menekankan penggunaan bahasa sesuai dengan konteks yang terjadi di sekitarnya merupakan metode analisis wacana....
A. pragmalinguistik
B. konten analisis
C. distribusional
D. deskriptif
 
2. Contoh berikut yang merupakan prinsip penafsiran temporal adalah...
A. Hari ini kita harus dapat menyelesaikan tugas kantor.
B. Jangan parkir di depan pintu ini.
C. Lebih cepat lebih baik.
D. Panas sekali hari ini.
 
3. Contoh berikut yang menunjukkan prinsip analogi adalah...
A. Bersama kita bisa.
B. Awas anjing galak!
C. Sekarang ini kita sibuk sekali.
D. Di sini daerah bebas asap rokok.
 
4. Kalangan industri, termasuk pusat perbelanjaan, mal, dan perkantoran, masih perlu menghemat listrik dua hingga tiga bulan ke depan sampai masalah pasokan listrik teratasi. Pemerintah menjanjikan krisis listrik, terutama di Jakarta dan sekitarnya, berakhir pada 19 Desember 2009. Menteri Perindustrian MS Hidayat menegaskan hal itu di Semarang, Jawa Tengah, Rabu 10 November 2009. Penegasan itu seakan menjawab keluhan kalangan industri yang mengatakan akan kian merugi apabila krisis listrik ini tidak segera diatasi. Masalah listrik ini harus diselesaikan segera, ucap Hidayat. Krisis listrik menimbulkan pemadaman bergilir di sejumlah wilayah. Proses produksi sejumlah industri pun terganggu.
Tema penggalan wacana di atas adalah....
A. pasokan listrik teratasi
B. perlu berhemat tiga bulan
C. sejumlah industri terganggu
D. listrik menimbulkan pemadaman

5. Dalam elemen semantik, yang digunakan sebuah berita untuk memperhitungkan sebagai aspek penceritaan adalah....
A. latar
B. detil
C. maksud
D. praanggapan
 
6. Contoh berikut yang merupakan elemen detil pada struktur mikro semantik adalah.
A. Anak itu pingsan karena banyak mengeluarkan darah akibat sunat.
B. Peringatan HUT ke-58 Kopassus digelar di Markas Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur. Acara ini dimeriahkan dengan berbagai atraksi, seperti peragaan bela diri dan defile pasukan
C. Mazda diam-diam mengenalkan gacoan barunya di segmen sedan, tiada lain Mazda2 versi sedan. Varian sedan ini menyusul saudaranya yakni Mazda2 versi Hatchback yang terlebih dulu
hadir di Indonesia.
D. Semburan abu dari letusan gunung berapi di Islandia memenuhi sebagian langit negaranegara di Eropa. Akibatnya, sejumlah penerbangan di negara-negara Eropa ditunda lantaran semburan abu tersebut dikhawatirkan mengganggu jalannya penerbangan.
 
7. Aspek leksikal keutuhan wacana yaitu....
A. paralelisme
B. konjungsi
C. kolokasi
D. elipsis
 
8. Cakupan kohesi gramatikal meliputi, kecuali....
A. substitusi
B. konjungsi
C. referensi
D. reiterasi
 
9. Teks berikut yang mengacu pada anaforis adalah...
A. Dengan database bahasa yang semakin lengkap, Google bahkan berambisi membuat terjemahan langsung untuk percakapan telepon.
B. Google tidak hanya memetakan daratan. Dengan kemampuan dana dan sumber daya manusianya, ia sudah memetakan informasi di sekitarnya.
C. Kiprah berikutnya, Planet Mars. Berbasis perjalanan yang dilakukan kendaraan kecil khusus,
Rover di Mars, Google memberikan informasi berupa peta Planet Mars.
D. Obsesi Google terhadap pemetaan langit sudah sampai kepada Google Sky Map. Berbekal smartphone yang memiliki GPS dan kompas, Google mempelajari posisi dan pergerakan benda-benda di langit menjadi lebih menyenangkan.
 
10. Teks berikut yang mengacu pada kataforis adalah...
A. Jika tidak ada aral melintang Ia bakal mengunjungi Jakarta pada akhir Maret ini. Ia menjanjikan sejuta harapan. Sebagian orang bahkan memandang Obama bak manusia setengah dewa yang mampu sendirian menggelontorkan perubahan demi perubahan.
B. Suzie Sudarman, Direktur Pusat Studi Amerika, Universitas indonesia menyebut pandangan-pandangan seperti itu sah-sah saja. Tetapi Ia mengingatkan, Obama merupakan produk generasi post modern.
C. Obama terpilih menjadi presiden karena Ia dianggap punya kharisma. Ini pula salah satu faktor yang melanggengkan kursi kepresidenannya hingga kini.
D. Kaum kulit berwarna menjadi basis utama pendukung Obama sebab mereka terkena langsung dampak rasisme sistematik

Kunci Jawaban:

1. A. pragmalinguistik
2. A. Hari ini kita harus dapat menyelesaikan tugas kantor.
3. B. Awas anjing galak!
4. B. perlu berhemat tiga bulan
5. A. latar
6. B. Peringatan HUT ke-58 Kopassus digelar di Markas Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur. Acara ini dimeriahkan dengan berbagai atraksi, seperti peragaan bela diri dan defile pasukan
7. C. kolokasi
8. D. reiterasi
9. B. Google tidak hanya memetakan daratan. Dengan kemampuan dana dan sumber daya manusianya, ia sudah memetakan informasi di sekitarnya.
10. A. Jika tidak ada aral melintang Ia bakal mengunjungi Jakarta pada akhir Maret ini. Ia menjanjikan sejuta harapan. Sebagian orang bahkan memandang Obama bak manusia setengah dewa yang mampu sendirian menggelontorkan perubahan demi perubahan.