Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

29 Soal (Essay) Wacana Bahasa Indonesia Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Wacana Bahasa Indonesia


1. Apa fungsi wacana?

Jawaban:
Fungsi / manfaat wacana dalam bahasa
Fungsi bahasa tersebut dikelompokkan kepada 2 kategori utama yaitu fungsi transaksional dan fungsi interaksional. Brown dan Yule (1996: 1) menjelaskan fungsi transaksional bertujuan untuk menyampaikan informasi faktual atau proposisional.


2. Apa yang dimaksud wacana Forever?

Jawaban:
Wacana forever sebenarnya kata yang sedikit terinspirasi dari film Black Panther, yang di dalam film itu ada slogan yang selalu diucapkan dengan semangat yaitu “WAKANDA FOREVER!!!” ... Singkatnya, wacana atau wacana forever itu semacam kalimat yang ingin jadi kenyataan tapi tidak jadi-jadi atau tidak terlaksanakan.


3. Apakah puisi termasuk wacana?

Jawaban:
Wacana Puisi. merupakan contoh jenis wacana puisi lisan. Nafas bahasa yang digunakan dan isinya berorientasi pada kualitas estetika (keindahan). Lagu, tembang geguritan (Jawa), dan sejenisnya merupakan contoh-contoh wacana puisi.


4. Apakah kegiatan komunikasi secara lisan dapat dikatakan sebagai sebuah pembentukan wacana?

Jawaban:
Dalam peristiwa komunikasi secara lisan, dapat dilihat bahwa wacana sebagai proses komunikasi antar penyapa dan pesapa, sedangkan dalam komunikasi secara tulis, wacana terlihat sebagai hasil dari pengungkapan ide/gagasan penyapa. ... Komunikasi itu dapat menggunakan bahasa lisan, dan dapat pula memakai bahasa tulisan


5. Mengapa kita perlu mempelajari kebahasaan wacana?

Jawaban:
Kajian wacana dapat mengungkap berbagai fakta, idealisme yang tersirat dalam sebuah wacana guna mengetahui maksud dan tujuan penulis wacana tersebut. ... Kajian ini akan membantu masyarakat dalam memahami lebih dalam berkaitan dengan dominasi kekuasaan yang ada dalam wacana


6. Apa peran analisis wacana dalam pengajaran bahasa?

Jawaban:
Di situlah letak peranan analisis wacana dalam pengajaran keterampilan menulis. Di dalam keterampilan berbicara, analisis wacana berperan dalam memberikan prinsip kooperatif dan prinsip maksim untuk terciptanya percakapan atau tutur kata yang jujur, relevan, jelas, dan cukup memberikan informasi.


7. Terangkan tentang wacana dialog!

Jawaban:
Apabila peserta dalam komunikasi itu ada dua orang dan terjadi pergantian peran Contohnya antara dua orang yang sedang mengadakan perbincangan.


8. Uraikan tentang wacana polilog!

Jawaban:
Apabila peserta dalam komunikasi lebih dari dua orang dan terjadi pergantian peran. Contohnya perbincangan antara beberapa orang dan mereka memiliki peran pembicara dan pendengar.


9. Berdasarkan cara pemaparan, wacana dibedakan menjadi lima yaitu?

Jawaban:
Wacana narasi, deskripsi, eksposisi, argumentatif, dan persuasi.


10. Jelaskan tentang wacana narasi!

Jawaban:
Istilah narasi (dalam bahasa inggris: naration) berarti kisahan. Penyusunan wacana narasi erat kaitannya dengan rangkaian peristiwa. Wacana ini berusaha menyampaikan serangkaian kejadian menurut urutan terjadinya, dengan maksud memberi arti kepada sebuah kejadian atau serentetan kejadian, dan agar pembaca dapat memetik hikmahnya dari cerita itu. Penataan gagasan dilakukan secara kronologis berdasarkan atas urutan waktu. Wacana narasi berisi fakta-fakta yang benar terjadi atau pula berupa khayalan. Wacana narasi yang berupa fakta misalnya otobiografi seorang tokoh terkenal dan sebaliknya wacana yang berbentuk novel, cerpen, roman, hikayat, drama, dan lain-lain digolongkan dalam wacana yang fiktif. Selain apa yang ada di atas terdapat beberapa bentuk lain yang termasuk narasi faktual, yaitu anekdot, laporan perjalanan, pengalaman seseorang.