Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal (Essay) Wacana Bahasa Indonesia Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Esai/Uraian) Materi Wacana Bahasa Indonesia

1. Apa fungsi wacana?

2. Apa yang dimaksud wacana Forever?

3. Apakah puisi termasuk wacana?

4. Apakah kegiatan komunikasi secara lisan dapat dikatakan sebagai sebuah pembentukan wacana?

5. Mengapa kita perlu mempelajari kebahasaan wacana?

6. Apa peran analisis wacana dalam pengajaran bahasa?

Kunci Jawaban:

1. Fungsi / manfaat wacana dalam bahasa
Fungsi bahasa tersebut dikelompokkan kepada 2 kategori utama yaitu fungsi transaksional dan fungsi interaksional. Brown dan Yule (1996: 1) menjelaskan fungsi transaksional bertujuan untuk menyampaikan informasi faktual atau proposisional.

2. Wacana forever sebenarnya kata yang sedikit terinspirasi dari film Black Panther, yang di dalam film itu ada slogan yang selalu diucapkan dengan semangat yaitu “WAKANDA FOREVER!!!” ... Singkatnya, wacana atau wacana forever itu semacam kalimat yang ingin jadi kenyataan tapi tidak jadi-jadi atau tidak terlaksanakan.

3. Wacana Puisi. merupakan contoh jenis wacana puisi lisan. Nafas bahasa yang digunakan dan isinya berorientasi pada kualitas estetika (keindahan). Lagu, tembang geguritan (Jawa), dan sejenisnya merupakan contoh-contoh wacana puisi.

4. Dalam peristiwa komunikasi secara lisan, dapat dilihat bahwa wacana sebagai proses komunikasi antar penyapa dan pesapa, sedangkan dalam komunikasi secara tulis, wacana terlihat sebagai hasil dari pengungkapan ide/gagasan penyapa. ... Komunikasi itu dapat menggunakan bahasa lisan, dan dapat pula memakai bahasa tulisan

5. Kajian wacana dapat mengungkap berbagai fakta, idealisme yang tersirat dalam sebuah wacana guna mengetahui maksud dan tujuan penulis wacana tersebut. ... Kajian ini akan membantu masyarakat dalam memahami lebih dalam berkaitan dengan dominasi kekuasaan yang ada dalam wacana

6. Di situlah letak peranan analisis wacana dalam pengajaran keterampilan menulis. Di dalam keterampilan berbicara, analisis wacana berperan dalam memberikan prinsip kooperatif dan prinsip maksim untuk terciptanya percakapan atau tutur kata yang jujur, relevan, jelas, dan cukup memberikan informasi.