Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

34 Soal (Essay) Membangun Opini Beserta Jawaban

Soal (Uraian) Materi Membangun Opini


1. Jelaskan pengertian faktual!

2. Apa yang dimaksud koran?

3. Jelaskan pengertian opini!

4. Di mana teks editorial ditulis ?

5. Apa yang dimaksud informasi?

6. Apa kegunaan informasi dalam teks editorial?

7. Mengapa teks editorial harus mengandung informasi?

8. Apa ciri yang paling menonjol dalam teks editorial?

9. Tuliskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam menyunting!

10. Apa yang di maksud fakta?

11. Mengapa menulis teks editorial harus berdasarkan fakta?

12. Mengapa teks editorial harus menggunakan bahasa yang santun?

13. Apa manfaat teks editorial?

14. Tuliskan langkah-langkah menyeleksi ragam informasi dalam teks editorial!

15. Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 15-16!
Begitu banyak aspek yang harus dilihat sehingga pada tempatnya bila MUI menunda keputusan itu. Sebab, pada akhirnya, sebuah peraturan itu bukan hanya harus bagus di atas kertas, tetapi sungguh bermanfaat bagi kehidupan masyarakat yang menjalankannya.
Apa struktur yang membangun teks editorial tersebut?

16. Tuliskan konjungsi yang terdapat dalam teks editorial tersebut!

17. Tuliskan tipe teks editorial!

18. Tuliskan ciri kebahasaan teks editorial!

19. Apa yang dimaksud verba material?

20. Mengapa teks editorial sering muncul di koran?

21. Bagaimana cara mengungkapkan isi teks editorial?

22. Uraikan tujuan teks editorial!

23. Tuliskan ciri-ciri teks editorial!

24. Jelaskan pengertian kesimpulan!

25. Apa yang dimaksud struktur teks?

26. Jelaskan pengertian diksi menurut KBBI!

27. Tuliskan macam kata keterangan!

28. Bacalah teks berikut!
Untuk apakah sebuah peraturan dibuat? Agar bisa diimplementasikan, karena peraturan itu dibuat untuk kepentingan bersama. Apa jadinya kalau peraturan dibuat, tetapi tidak efektif dilaksanakan? Pasti ada sesuatu yang tidak tepat dalam merumuskan peraturan itu.
Apa struktur yang membangun teks tersebut?

29. Bagaimana cara menyeleksi ragam informasi dalam teks editorial?

30. Apa yang dimaksud teks editorial?

31. Bagaimana cara membandingkan dua teks editorial?

32. Uraikan struktur teks editorial!

33. Bacalah untuk menjawab soal nomor 33 dan 34!
(1) Beberapa hari lagi Ujian Nasional akan segera dilaksanakan baik ditingkat SMA hingga tingkat SD. Pelaksanaannya pun sama dengan pelaksanaan ujian nasional tahun lalu, hanya saja pemerintah dalam hal ini kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menambahkan sedikit aturan baru yaitu dengan melaksanakan Ujian Nasional secara online di beberapa sekolahan.
(2) Jika di lihat dari keadaan dan situasi yang ada dilapangan saat ini, rencana pelaksanaan Ujian Nasional online tersebut tidaklah tepat dan perlu untuk dipertimbangkan kembali. Sebenarnya ide uang disampaikan oleh pemerintah untuk melaksanakan Ujian Nasional tersebut sangat baik, tetapi dalam pelaksanaannya di lapangan akan menimbulkan berbagai macam permasalahan seperti infastruktur yang belum merata dan kurangnya pengetahuan tenaga-tenaga ahli di berbagai sekolah.
(3) Jika pelaksanaan Ujian Nasional online ini tetap dilakukan, beberapa sekolah akan mengalami kesulitan karena ketiadaan infastruktur yang memadai seperti komputer, akses internet dan daya listrik. Coba kita bayangkan jika di sekolah tersebut memiliki 300 siswa yang mengikuti Ujian Naional, maka berapa jumlah komputer yang dibutuhkan oleh pihak sekolah untuk melaksanakan Ujian Nasional ini, Tentunya mereka akan membutuhkan komputer yang sangat banyak. Apabila tetap dipaksakan, cara satu-satunya adalah dengan menggunakan komputer secara bergantian, tetapi cara ini malah akan menimbulkan masalah baru yaitu timbulnya kecurangan-kecurangan dalam Ujian Nasional. Kalau pun kecurangan ini tetap dibiarkan terjadi, lantas apa gunanya Ujian Nasional dilaksanakan dengan menghambur-hamburkan uang negara yang tidak sedikit tersebut? 
Apa yang dibahas dalam teks di atas?

34. Apa struktur yang membangun pada paragraf pertama?

Kunci Jawaban:


1. Faktual adalah suatu kejadian yang bersifat nyata, benar-benar terjadi tetapi tidak terikat dengan waktu.

2. Koran adalah sejenis media massa yang memberitakan kejadian-kejadian sehari-hari dalam kehidupan manusia.

3. Perkiraan, pikiran, atau tantangan tentang suatu hal (seperti orang atau peristiwa)

4. Teks editorial biasanya ditulis dan diterbitkan dalam surat kabar atau majalah.

5. Informasi adalah sekumpulan data/fakta yang diorganisasi atau diolah dengan cara tertentu sehingga mempunyai arti bagi penerima

6. Informasi berguna sebagai pendukung teks tersebut

7. Ciri yang paling menonjol adalah penggunaan teks editorial antara lain yang berhubungan dengan adverbial, konjungsi, verba (material, relasional, dan mentah) dan kosa kata

8. Dalam menyunting teks editorial ada hal-hal yang harus diperhatikan misalnya, sebelum mulai menyunting teks editorial, penyunting wajib mencari informasi mengenai kaidah penulis teks editorial.

9. Fakta adalah hal atau keadaan yang merupakan kenyataan atau sesuatu yang benar-benar ada atau terjadi.

10. Karena teks editorial memaparkan sesuatu yang nyata nemun ditungkan berdasarkan opini penulis.

11. Karena teks editorial dibaca oleh semua kalangan

12. Manfaat utama teks editorial yaitu dapat menginformasikan kepada pembaca, untuk merangsang pemikiran, dan terkadang mampu menggerakkan pembaca untuk bertindak.

13. Struktur bagian riorentasi

14. Sebab, pada akhirnya, tetapi

15. Berikut empat tipe teks editorial
a. Menjelaskan atau menginterprestasikan
Editor sering menggunakan editorial ini untuk menjelaskan cara surat kabar meliput subyek kontroversial atau sensitive. School newpaper dapat menjelaskan aturan sekolah baru atau usaha-usaha student-body tertentu.
b. Krisis
Editorial ini secara kontruktif mengkritik tindakan keputusan atau situasi dan menyediakan solusi terhadap masalah yang diidentifikasi. Dimaksudkan agar pembaca melihat permasalahannya bukan solusi
c. Persuasi
Persuasi editorial ditujukan untuk melihat solusi, bukan masalah. Dari paragraf pertama, pembaca akan mendukung tindakan positif. Pengesahan politis merupakan contoh yang baik dari persuasi editorial.
d. Pujian
Editorial ini memuji orang atau organisasi untuk sesuatu yang baik

16. Adverbia, konjungsi, kosakata, dan verba

17. Verba material adalah kata kerja yang menunjukan aktivitas fisik yang dapat dilihat secara nyata contohnya menari, membaca, dan menulis.

18. Berikut langkah-langkah menyeleksi ragam informasi dalam teks editorial antara lain sebagai berikut.
a. Membaca teks editorial secara keseluruhan
b. Menentukan ide pokok atau gagasan utama dalm teks editorial
c. Menentukan kesimpulan dalam teks editorial

19. Berikut tujuan teks editorial
a. Mengajak masyarakat (pembaca) untuk ikit berpikir dalam masalah (isu/topik) yang sedang hangat terjadi di kehidupan sekitar
b. Memberikan pandangan kepada masyarakat terhadap isu yang sedang berkembang

20. Dalam teks editorial, biasanya diungkapkan adanya informasi atau masalah aktual, penegasan pentingnya masalah, opini redaksi tentang masalah tersebut, kritik dan saran atas permasalahan, dan harapan redaksi akan peran serta pembaca. Berikut ciri-ciri teks editorial.
a. Berisi opini redaksi tentang peristiwa yang sedang hangat dibicarakan
b. Berisi ulasan tentang sesuatu masalah yang dimuat
c. Biasanya bersekala nasional, berita internasional dapat menjadi teks editorial, apabila berita tersebut memberi dampak kepada nasional.
d. Tertuang pikiran subyektif redaksi

21. Kesimpulan adalah suatu proposisi (kalimat yang disampikan) yang diambil dari beberapa premis (ide pemikiran) dengan aturan-aturan inferensi (yang berlaku).

22. Struktur teks adalah struktur yang membangun dalam sebuah teks

23. Pilihan kata yang tepat atau selaras (dalam penggunaannya) untuk mengungkapkan gagasan, sehingga diperoleh efek tertentu (seperti yang di harapkan)

24. Karena teks editorial berisi pendapat seseorang terhadap suatu isu atau masalah

25. Struktur bagian tesis

26. Menyeleksi ragam informasi dalam teks editorial dapat dilakukan dengan membaca isi keseluruhan dalam teks editorial. Menemukan ide pokok dalam teks editorial serta menemkan kesimpulan dalam teks editorial

27. Teks editorial atau teks opini merupakan sebuah karangan karya tulis yang berupa opini yang memuat pendapat, sikap, dan pandangan resmi dari suatu media sebagai institusi penerbitan terhadap persoalan yang sedang panas, terkini, dan banyak dibicarakan yang bersifat faktual, kontroversial, atau fenomena di masyarakat.

28. Berikut cara membandingkan dua teks editorial antara lain sebagai berikut.
a. Membaca kedua teks editorial
b. Memperhatikan struktur teks editorial
c. Memahami penggunaan bahasa
d. Mencari ide pokok yang ada dalam teks editorial
e. Membandingkan kedua teks tersebut

29.
a. Pernyataan pendapat (tesis) Bagian ini berisi sudut pandang penulis terhadap permasalahan yang di angkat. Istilah ini mengacu kesuatu bentuk pernyataan atau bisa juga sebuah teori yang nantinya akan diperkuat oleh argument.
b. Argumentasi
Argumentasi merupakan bentuk alasan atau bukti yang digunakan untuk memperkuat pernyataan dalam tesis walaupun dalam pernyataan umu, argumentasi juga dapat digunakan untuk menolak suatu pendapat. Argumentasi dapat berupa pernyataan umum (generalisasi) atau dapat juga berupa data hasil penelitian, pernyataan para ahli, atau fakta-fakta yang didasari atas referensi yang dapat di percaya
c. Pernyataan/penegasan ulang pendapat (Reterationo
Bagian ini berisi penguatan kembali atas pendapat yang telah ditunjang oleh fakta-fakta dalam bagian argumntasi. Tedapat pada bagian akhir teks. Teks editorial pada umumnya bersifat aktual yang berisi analisa subjektif berdasarkan fakta dan data. Dengan serenteten argumentasi yang disajikan, penulis berusaha memengaruhi dan meyakinkan orang lain. Teks opini/editorial ini juga kerap mengungkapkan penilaian atau saran terhadap sesuatu, atau kebijakan subjek dalam memutuskan sesuatu.

30. Teks tersebut membahas tentang Ujian Nasional yang akan segera dilaksanakan

31. Pada paragraph pertama menggunakan struktur bagian orientasi.

32. Berikut macam-macam kata keterangan :
a. Kata keterangan waktu
b. Kata keterangan tempat

33. Karena teks editorial merupakan nama lain dari tajuk rencana, tajuk rencana dapat ditemukan di koran atau majalah

34. Dalam mengungkapkan pendapat harus dilengkapi dalam fakta, bukti-bukti, dan alasan yang logis agar dapat diterima oleh pembaca atau pendengar.