Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

22 Pertanyaan Tentang Akuntansi Keuangan Syariah dan Jawaban

Soal (Essay) Materi Akuntansi Keuangan Syariah

9. Apa manfaat dari laporan keuangan syariah yang disajikan?

Jawaban:
Untuk menyediakan informasi keuangan
tujuan pertama dari laporan keuangan syariah adalah menyediakan informasi keuangan entitas syariah yang dibuat dalam satu periode akuntansi. Umumnya juga periode tersebut ditentukan oleh perusahaan terkait yang menggunakan sistem syariah untuk mengatur kebijakan laporan keuangannya


10. Tuliskan pengertian akuntansi syariah menurut Napier!

Jawaban:
Akuntansi syariah adalah bidang akuntansi yang menekankan pada 2 (dua) hal yaitu akuntabilitas dan pelaporan. Akuntabilitas tercermin dari tauhid yaitu dengan menjalankan segala aktivitas ekonomi sesuai dengan ketentuan Islam. Sedang pelaporan ialah bentuk pertanggungjawaban kepada Allah dan manusia.


11. Tuliskan pengertian akuntansi syariah menurut Dr. Omar Abdullah Zaid!

Jawaban:
Suatu aktivitas yang teratur berkaitan dengan pencatatan transaksi, tindakan, serta keputusan yang sesuai dengan syariat dan jumlah-jumlahnya di dalam catatan yang representatif, sehingga berkaitan dengan pengukuran dengan hasil keuangan yang berimplikasi pada transaksi, tindakan, dan keputusan tersebut untuk membantu pengambilan keputusan yang tepat.


12. Tuliskan pengertian akuntansi syariah menurut Adnan M. Akhyar!

Jawaban:
Akuntansi syariah adalah praktek akuntansi yang bertujuan untuk membantu mencapai keadilan sosial ekonomi dan mengenal sepenuhnya akan kewajiban kepada Tuhan, individu, dan masyarakat yang berhubungan dengan pihak-pihak terkait pada aktivitas ekonomi seperti akuntan, manajer, auditor, pemilik, pemerintah sebagai sarana bentuk Ibadah.


13. Tuliskan pengertian akuntansi syariah menurut Sofyan S. Harahap!

Jawaban:
Akuntansi syariah adalah penggunaan akuntansi dalam menjalankan syariah Islam. Akuntansi syariah ada dua versi, akuntansi syariah yang yang secara nyata telah diterapkan pada era di mana masyarakat menggunakan sistem nilai islami khususnya pada era Nabi SAW, Khulaurrasyidiin, dan pemerintah Islam lainnya. Kedua Akuntansi syariah yang saat ini muncul di era kegiatan ekonomi dan sosial dikuasai oleh sistem nilai kapitalis yang berbeda dari sistem nilai Islam.


14. Uraikan Kelebihan Akuntansi Syariah berdasarkan Sistem Bagi Hasil!

Jawaban:
Sistem Bagi Hasil
Akuntansi syariah tidak memiliki sistem bunga, namun menggunakan sistem bagi hasil dengan menanggung risiko bersama-sama oleh semua pihak yang terlibat. Dengan menggunakan sistem bagi hasil, keuntungan bisa dilihat dengan jelas, dan sistem pembagian hasil telah ditetapkan sesuai kesepakatan di awal. Misalnya, terdapat dua pihak, di mana pihak pertama berperan sebagai pemilik modal, dan pihak kedua sebagai pengelola modal. Kedua pihak ini akan mengetahui bagaimana keuntungan datang dan pembagiannya sesuai dengan kesepakatan di awal.


15. Uraikan Kelebihan Akuntansi Syariah berdasarkan Menggunakan Prinsip Jual Beli Murabahah!

Jawaban:
Menggunakan Prinsip Jual Beli Murabahah
Dalam transaksi jual beli, akuntansi syariah menerapkan sistem yang sesuai dengan ketentuan agama islam. Misalnya transaksi antara Bank dan nasabah yang ingin mengajukan kredit. Dengan prinsip murabahah, nasabah dan Bank akan membuat sistem kerja berdasarkan kesepakatan awal yang dibicarakan di awal antara dua pihak yang bersangkutan. Menerapkan prinsip ini berarti kedua belah pihak juga harus membicarakan berapa bunga yang akan dibayar dan diterima oleh masing-masing pihak tanpa melihat suku bunga yang berlaku.