Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

18 Pertanyaan Tentang Audit Manajemen dan Jawaban

Soal (Essay) Materi Audit Manajemen

10. Bagaimana seharusnya rekomendasi dirumuskan agar mampu mendorong komitmen manajemen dalam melakukan perbaikan proses dan kinerja?

Jawaban:
Setiap rekomendasi yang diajukan oleh auditor harus dilengkap dengan analisis yang menyangkut adanya peningkatan ekonomisasi, efisiensi, dan efektivitas yang akan dicapai pada pelaksanaan program/aktivitas serupa di masa datang atau berbagai kemungkinan kerugian yang akan terjadi pada perusahaan jika rekomendasi tersebut tidak dilaksanakan.


11. Tuliskan tujuan umum dari audit manajemen!

Jawaban:
Tujuan umum dari audit manajemen!
a. Audit kinerja (performance) dari manajemen dan dan berbagai fungsi dalam perusahaan
b. Menilai apakah berbagai sumber daya (manusia, mesin, dana, harta lainnya) yang dimiliki perusahaan telah digunakan secara efisien dan ekonomis.
c. Menilai efektivitas perusahaan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh top management.
d. Memberikan rekomendasi kepada top management untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan yang terdapat dalam penerapan pengendalian intern.


12. Tuliskan Teknik Penelaahan analisis (Analytical Review)!

Jawaban:
Teknik Penelaahan analisis (Analytical Review)
a. Membandingkan laporan keuangan periode berjalan dengan periode yang lalu, menghitung kenaikan atau penurunan dalam jumlah rupiah maupun persentase, serta menyelidiki alasan-alasan penurunan atau kenaikan yang material.
b. Membandingkan anggaran dengan realisasinya, menghitung dan menganalisis variance yang terjadi.
c. Membuat analisis rasio vertikal maupun horisontol
d. Menghitung rasio likuiditas, rasio profitabilitas untuk tahun berjalan maupun tahun lalu, kemudian membandingkanya dengan rasio industri.


13. Apa yang dimaksud dengan Functional audit?

Jawaban:
Audit fungsional adalah audit yang berhubungan dengan satu atau lebih fungsi-fungsi dalam suatu organisasi, misalnya tentang efisiensi dan efektivitas dari fungsi penggajian dari suatu divisi atau perusahaan secara keseluruhan.


14. Apa yang dimaksud dengan Organizational audit?

Jawaban:
Audit organisasional adalah pemeriksaan yang menekankan kepada seberapa efisien dan efektif masing-masing fungsi dalam organisasi (departemen, cabang atau subsidiary) berinteraksi.
Rencana organisasi dan metode untuk mengoordinasi aktivitas-aktivitas sangat penting dalam audit organisasional.


15. Apa yang dimaksud dengan Special Assignments?

Jawaban:
Special Assignments Audit adalah audit yang timbul atas permintaan manajemen, misalnya untuk memeriksa penyebab tidak efektifnya sistem IT, meng-investigasi kemungkinan fraud di suatudivisi dan memberikan rekomendasi untuk mengurangi biaya produksi.


16. Tuliskan perbedaan antara management audit dan financial audit!

Jawaban:
Perbedaan antara management audit dan financial audit:
Management audit
a. Bisa dilakukan oleh internal auditor atau konsultan manajemen, selain itu di Indonesia management audit bisa dilakukan oleh BPKP dan BPK.
b. Pada akhir pemeriksaannya, auditor memberikan laporan kepada manajemen.
c. Fungsi laporan hasil audit manajemen adalah menyajikan temuan-temuan audit mengenai efektivitas sistem pengendalian manajemen, apakah kegiatan operasi perusahaan sudah dijalankan secara efisien, ekonomis, dan efektif.
d. Serta saran-saran untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ditemukan selama pelaksanaan audit manajemen.
e. Biasanya dilakukan jika manajemen merasakan adanya kebutuhan, misalnya jika laba perusahaan terus turun, biaya terus meningkat, terasa banyak terjadi pemborosan dan kecurangan, tujuan perusahaan yang sudah ditentukan tidak tercapai.
f. Kriteria dalam suatu audit manajemen bisa berupa kebijakan yang ditentukan manajemen, peraturan pemerintahan, peraturan asosiasi.
Financial Audit
a. Harus dipimpin oleh seorang registered accountant dari sebuah kantor akuntan publik.
b. Pada akhir pemeriksaannya, auditor harus memberikan pendapat mengenai kewajaran laporan keuangan yang telah disusun manajemen.
c. Selain itu memberikan management letter yang memberitahukan kepada manajemen mengenai kelemahan-kelemahan dalam pengendalian intern dan saran-saran perbaikan.
d. Dilakukan secara rutin
e. Pemeriksaan dilakukan dengan berpedoman pada standar profesional Akuntan Publik yang disusun oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).
f. Kriteria dalam financial audit sudah yaitu ETAPS/PSAK/IFRS


17. Tuliskan Teknik Evaluasi atas management control system yang terdapat di perusahaan !

Jawaban:
Teknik Evaluasi atas management control system yang terdapat di perusahaan
Biasanya menggunakan internal control questionnaires atau flow chart atau penjelasan naratif dan pengetesan atas beberapa transaksi perusahaan untuk menguji efektivitas dari penerapan sistem pengendalian manajemen perusahaan.


18. Tuliskan Teknik Compliance Test (Pengujian Ketaatan)!

Jawaban:
Teknik Compliance Test (Pengujian Ketaatan)
Untuk menguji apakah kriteria yang berlaku (bisa kebijakan perusahaan, peraturan pemerintah, standar profesi) sudah ditaati oleh setiap bagian dalam perusahaan.