Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

44 Pertanyaan Tentang Auditing dan Jawaban

Soal (Essay) Materi Auditing

16. Jelaskan sifat masing” pengujian dibawah ini dan tunjukkan dengan asersi” mana bersangkutan!

Jawaban:
a. Kecocokkan ayat jurnal ke buku besar atau akun utang jangka panjang ke dokumen pendukungnya.
Terdapat 4 asersi , yaitu : keberadaan atau keterjadian, kelengkapan, hak dan kewajiban serta penilaian atau pengalokasian. Dalam hal ini asersi kelengkapan yg dibuktikan melalui pencocokan ke dokumen, hanya terbatas pada pembuktian bahwa ayat-ayat jurnal yg telah mengurangi utang jangka panjang adalah pendebetan yg sah dan benar. Namun pencocokan ke dokumen atas ayat-ayat jurnal tidak bisa menemukan adanya utang jangka panjang yg tidak dicatat.
b. Konfirmasi utang
Prosedur ini bersifat opsional karena konfirmasi tidak menjamin bahwa utang yang tidak dicatat akan dapat dideteksi, dan bukti eksternal berupa faktur dan laporan bulanan dari penjual biasanya sudah tersedia untuk sebagian besar utang. Konfirmasi mengenai keberadaan utang jangka panjang dan ketentuan” yg berkaitan dengan utang jangka panjang dilakukan auditor dengan melakukan komunikasi lgsg kpd kreditur dan wali amanat obligasi.
Konfirmasi utang jangka panjang berkaitan dengan asersi –asersi yg sama dengan konfirmasi utang dagang, yaitu asersi keberadaan atau keterjadian, kelengkapan, hak dan kewajiban dan penilaian atau pengalokasian.
c. Penghitungan ulang biaya bunga
Bukti mengenai biaya bunga dan utang bunga mudah diperoleh auditor. Auditor menghitung ulang perhitungan bunga yg telah dilakukan klien dan slanjutnya menelusur pembayaran bunga tersbut ke dokumen pendukungnya.
Pengujian ini terutama pada asersi keberadaan atau keterjadian, penilaian atau pengalokasian dan kelengkapan, untuk biaya bunga dan utang bunga. Pengujian ini juga menghasilkan bukti tentang asersi hak dan kewajiban untuk utang dagang.


17. Audit menurut anda ?

Jawaban:
Auditing adalah Suatu pemeriksaan yang dilakukan secara kritis dan sistematis, oleh pihak yang independen terhadap laporan keuangan yang telah disusun oleh manajemen, beserta catatan-catatan pembukuan dan bukti-bukti pendukungnya, dengan tujuan untuk dapat memberikan pendapat mengenai kewajaran laporan keuangan


18. Perbedaan siklus audit dan siklus akuntansi ?

Jawaban:
- Siklus akuntansi meliputi : transaksi → Jurnal → buku besar → menghasilkan laporan keuangan
- Siklus audit meliputi : laporan keuangan → buku besar → transaksi → menghasilkan opini atas penyajian lap keuangan yg telah diperiksa.


19. Mengapa di perlukan kode etik akuntan ?

Jawaban:
Karena kode etik tersebut sebagai pedoman bagi para anggota institute akuntan publik Indonesia untuk bertugas secara bertanggung jawab dan objektif.


20. Laporan keuangan terdiri dari ?

Jawaban:
· Laporan posisi keuangan (neraca)
· Laporan laba rugi
· Laporan perubahan ekuitas
· Laporan arus kas
· Catatan atas laporan keuangan


21. Siapa saja pihak sebagai pemakai laporan keuangan ?

Jawaban:
· Pihak internal perusahaan (manajer)
· Pihak eksternal perusahaan ( investor, karyawan, kreditur, pemerintah, pelanggan, masyarakat)


22. Apa yang dimaksud general audit dan special audit ?

Jawaban:
· General Audit ( Pemeriksaan Umum) : meliputi semua akun dineraca seperti daftar asset per 31 des, nilai buku, ekuitas, laporan laba-rugi, seluruh beban. dengan tujuan untuk bisa memberikan pendapat mengenai kewajaran laporan keuangan secara keseluruhan.
· Spesial Audit ( Pemeriksaan Khusus) : pemeriksaan terbatas bagian tertentu seperti (kas , inventory dan pada akhir pemerikasaan auditor tidak perlu memberikan pendapat terhadap kewajaran laporan keuangan secara keseluruh.


23. Tuliskan apa saja bukti audit berupa current file ?

Jawaban:
Current file, berisi kertas kerja yang mempunyai kegunaan untuk tahun berjalan, misalnya :
· Neraca saldo
· Berita acara kas opname
· Rekonsiliasi bank
· Rincian piutang
· Rincian persediaan
· Rincian liabilities
· Rincian biaya dan lain –lain


24. Apa yang dimaksud dengan compliance audit ?

Jawaban:
Suatu pemeriksaan tujuannya untuk mengetahui kepatuhan suatu perusahaan terhadap kebijakan yang telah ditetapkan baik yang ditetapkan oleh pihak intern perusahaan ( manajemen, dewan komisaris) maupun pihak eksternal


25. Ada berapa standar pemeriksaan akuntan publik yang anda ketahui ? apa saja ?

Jawaban:
Terdiri dari 10 standar dikelompokkan 3 kelompok besar yaitu
· standar umum,
· standar pekerjaan lapangan,
· standar pelaporan.


26. Apa yang dimaksud auditor harus independen ?

Jawaban:
Agar tidak memihak kepada 2 kubu yaitu pengguna laporan keuangan dan manajemen / pembuat laporan keuangan.


27. Ada berapa jenis opini akuntan ?

Jawaban:
Ada lima yaitu :
· Pendapat wajar tanpa pengecualian
· Pendapat wajar tanpa pengecualian dengan bahasa penjelasan yang ditambahkan dalam laporan audit bentuk baku
· Pendapat wajar dengan pengecualian
· Pendapat tidak wajar
· Pernyataan tidak memeberikan pendapat


28. Apa perbedaan perusahaan terbuka dan perusahaan tertutup selain yang dibuku, dan mengapa perusahaan tertutup jarang membagikan dividen?

Jawaban:
Pada perusahaan terbuka modal didapatkan dari orang lain(investor) sehingga laba yang diperoleh harus dibagikan juga kepada investor. Keputusan tertinggi ada pada RUPS. Sehingga investor yang menanamkan sahamnya jangka panjang minimal satu tahun akan mendapatkan dividen sesuai presentase kepemilikan saham.
Pada perusahaan tertutup biasanya pemiliknya hanya dari anggota keluarga saja. Jarang terjadi pembagian dividen karena laba digunakan untuk pengembangan usaha baru.


29. Contoh riset dari siklus modal ?

Jawaban:
BU DIOTA : modal dibagi menjadi dua yaitu modal sendiri dan pinjaman.
Jika modal sendiri : tidak perlu membayar bunga, tidak ada pengembalian, laba bisa dinikmati sendiri, tidak perlu memerlukan dokumen yang ribet untuk memperoleh modal. Kelemahannya ; jumlahnya terbatas karena sumber daya manusia terbatas hanya bersumber dari warisan atau tanah. Tidak termotivasi dalam bekerja, jika terjadi rugi berpikir tidak masalah karena modal sendiri.
Jika Modal Pinjaman : termotivasi untuk membayar kewajiban, dana yang diperoleh tidak terbatas, peluang mengembangkan usaha lebih besar.


30. Tujuan laporan keuangan diaudit oleh auditor independen ?

Jawaban:
Untuk menyatakakan pendapat tentang kewajaran, dalam semua hal yang material, posisi keuangan, hasil usaha, perubahan ekuitas, dan arus kas sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia.