Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

22 Pertanyaan Tentang Metode Etnografi dan Jawaban

Soal (Essay) Materi Metode Etnografi

8. Apa saja contoh dari kajian etnografi?

Jawaban:
Contoh etnografi dalam kehidupan sehari - hari adalah meneliti kebudayaan kelompok sosial budaya yang ada di lingkungan sekitar. Hal yang dapat diamati untuk penelitian etnografi diantaranya yang berkaitan dengan pola perilaku, sistem kepercayaan, bahasa maupun nilai - nilai budaya dalam kehidupan sehari - hari.


9. Apa yang dimaksud dengan etnografi dan contohnya?

Jawaban:
Etnografi adalah jenis metode penelitian yang diterapkan untuk mengungkap makna sosio-kultural dengan cara mempelajari keseharian pola hidup dan interaksi kelompok sosio-kultural (culture-sharing group) tertentu dalam ruang atau konteks yang spesifik.


10. Jelaskan apa yang dimaksud dengan “partial truths” dalam etnografi? Mengapa etnografi bersifat demikian.!

Jawaban:
Kebenaran Etnografi bersifat partial; ia benar hanya apabila dipahami berdasarkan motivas dari pembatas-pembatas yang turut menentukan pendeskripsian tersebut. Ini berarti bahwa kebenaran yang ditampilkan oleh Etnografi sebenarnya dilandasi dan dibatasi oleh motivasi dan ketentuan yang tidak mempunyai kaitan langsung berada diluar masyarakat dan kebudayaan yang digambarkan. Bahkan bisa jadi kondisi pembatas semacam itu berada diluar jangkauan penelitian dan/atau masyarakat yang diteliti. Dengan demikian kebenaran yang ditampilkan oleh Etnografi bisa dikatakan tidak onyektif sepenuhnya.
Dikatakan bersifat demikian yakni memiliki sifat partial truths karena dalam penulisan sebuah etnografi harus menggunakan perspektif penulis sehingga menimbulkan etnografi yang tidak obyektif sepenuhnya yang terkadang membuat pembaca harus membaca secara berulang untuk memahami maksud dari si penulis dan pembaca harus dapat menerapkan to read between the lines yang mempunyai ketrampilan membaca secara waspada dan mengetauhi detail dari maksud atau isi etnografi tersebut baik yang sudah dipaparkan dalam tulisan maupun tidak terdapat pada tulisan.


11. Jelaskan apa yang menjadi pokok kajian dalam etnografi visual dan bagaimanakah cara melakukan analisis terhadap data visual khusunya data yang berupa fotografi.!

Jawaban:
Yang menjadi pokok kajian dalam etnografi visual adalah;
(a). Produksi materi visual oleh peneliti sebagai bagian dari proses penelitian.
(b). Analisa terhadap materi visual yang diproduksi oleh partisipan riset baik secara spontan(foto domestik, laman web, foto dari telepon genggam, dll) atau yang diproduksi secara terrencana sebgai bagian proses riset(meminta partisipan riset memotret atau membuat rekaman vidio tentang aspek tertentu dari lingkungan dan aktifitas sehari-hari mereka).
(c). Penggunaan materi visual, dikombinasikan dengan materi lain, untuk menampilkan hasil dari penelitian.
Cara melakukan analisis terhada data visual khusunya data yang berupa fotografi yahkni dengan cara melihat, mengamati mendiskripsikan gambar apa yang ada di data visual tersebut. Lalu kita dapat mengetahui bagaimana isi dari data visual itu sendiri, seperti perasaan yang sedang mengalami sedih atau susah, bentuk ekspresi tubuh.


12. Tuliskan yang dimaksud dengan Etnografi realis!

Jawaban:
Tipe ini adalah tipe yang tradisional dimana peneliti berusaha memperoleh data individu atau situasi menurut sudut pandang orang ketiga. Peran orang ketiga sangat signifikan karena mampu memberi pandangan yang dianggap objektif terhadap fenomena yang diteliti.
Tipe ini memberi kesempatan etnografer untuk menarasikan suara dari orang ketiga terkait apa yang diobservasi. Etnografer mengambil posisi di ”belakang panggung” dan memposisikan pandangan objektif partisipan sebagai sebuah ”fakta sosial”. Laporan yang disusun oleh etnografer realis ditulis dengan tanpa terkontaminasi bias personal dan politis serta justifikasi terhadap ”fakta sosial” atau disebut juga bebas nilai.


13. Tuliskan yang dimaksud dengan Etnografi kritis!

Jawaban:
Tipe ini adalah tipe yang lebih kontemporer dimana peneliti ikut menyuarakan atau mengadvokasi suara kelompok sosi-kultural yang diteliti. Etnografer kritis merespons kondisi mayarakat kontemporer yang mengasumsikan bahwa sistem relasi kuasa, prestis dan otoritas cenderung memarjinalkan individu yang berasal dari kelas, ras dan gender yang berbeda.
Oleh karena itu, suara dari orang pertama hidup dalam situasi atau konteks yang diteliti sangat penting. Salah satu karakteristik tipe etnografi ini adalah adanya dorongan nilai emansipatoris yang diadvokasi oleh peneliti, dengan kata lain, tidak bebas nilai.


14. Dalam melakukan kerja lapangan, etnografer membuat kesimpulan budaya dari tiga sumber. Apa sajakah itu ?

Jawaban:
Dalam melakukan kerja lapangan, Etnografer membuat kesimpulan budaya dari tiga sumber, yaitu:
a. Dari yang dikatakan orang
b. Dari cara orang bertindak
c. Dari berbagai artefak yang digunakan orang.


15. Sebutkan dan jelaskan ciri khas yang dimiliki oleh etnografi realis !

Jawaban:
a. Peneliti mengungkapkan laporan dari sudut pandang orang ketiga berdsarkan data yang mereka peroleh melalui pengamatan atas partisipan dan pandangan pandangan mereka.
b. Peneliti memaparkan data – data obyektif dalam bentuk informasi yang terukur dan bebas dari bias, afilisasi politik, dan penilaian personal.
c. Peneliti mengungkapkan pandangan para partisipan melalui kutipan - kutipan penuturan mereka yang diedit tanpa merubah makna.