Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

43 Pertanyaan Tentang Pengantar Antropologi dan Jawaban

Soal (Essay) Materi Pengantar Antropologi

16. Apakah antropologi hukum sama dengan ilmu antropologi?

Jawaban:
Antropologi Hukum sebagai Ilmu mempelajari perilaku manusia dengan segala aspeknya yang terkait dengan norma-norma hukum tertulis dan tidka tertulis secara empiris. ... Dengan kata lain, Antropologi Hukum adalah Antropologi yang mempelajari Hukum sebagai salah satu aspek dari kebudayaan


17. Apa yang dimaksud dengan ilmu antropologi?

Jawaban:
Antropologi berasal dari bahasa Yunani anthropos yang berarti manusia dan logos yang berarti wacana (bernalar, berakal) atau disebut ilmu. Secara etimologis, antropologi berarti ilmu yang mempelajari manusia. Menurut Kamus Oxford, antropologi adalah studi tentang masyarakat dan budaya manusia dan perkembangannya.


18. Antropologi bekerja sebagai apa?

Jawaban:
Dalam sebuah perusahaan, lulusan Antropologi mendapat jatah di bidang penelitian dan pengembangan. Tugasnya tak lain adalah untuk meneliti suatu data, lalu menganalisis data tersebut untuk mendapatkan informasi secara detail. Informasi yang diperoleh digunakan sebagai bahan bagi menyelesaikan suatu masalah


19. Apa Hubungan antropologi dengan kesehatan?

Jawaban:
Antropologi kesehatan merupakan bagian dari antropologi sosial dan kebudayaan yang mempelajari bagaimana kebudayaan dan masyarakat mempengaruhi masalah-masalah kesehatan, pemeliharaan kesehatan dan masalah terkait lainnya.


20. Apa yang dimaksud dengan antropologi perkotaan?

Jawaban:
Antropologi Perkotaan berasal dari dua istilah atau konsep, yaitu antropologi dan perkotaan. Makna dari istilah atau konsep antropologi perkotaan adalah pendekatan- pendekatan antropologi mengenai berbagai problematika kehidupan manusia sebagai kesatuan sosieti (masyarakat) maupun komuniti di wilayah perkotaan.


21. Mengapa ilmu antropologi bersifat praktis?

Jawaban:
Karena ilmu ini adalah ilmu yang mempelajari umat manusia pada umumnya dengan mempelajari aneka warna, bentuk fisik masyarakat serta kebudayaan yang dihasilkan.Jadi ilmu ini Anda ilmu yang paling mudah dipelajari dan dipahami (praktis)


22. Apa persamaan sosiologi dan antropologi?

Jawaban:
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perubahan sosial yang disebabkan oleh proses sosial yang konkrit (politik/hukum, ekonomi, gaya hidup, dll), sedangkan antropologi adalah ilmu yang mempelajari budaya dan makna sosial yang lebih abstrak


23. Apa yang dimaksud dengan antropologi sosial?

Jawaban:
Antropologi sosial adalah cabang ilmu antropologi yang mempelajari hubungan antara orang-orang dalam suatu kelompok masyarakat. Perintis cabang ilmu ini adalah James George Frazer pada awal abad ke-20 Masehi


24. Apa yang menjadi objek kajian dalam ilmu Antropologi Hukum?

Jawaban:
Kajian Antropologi adalah menggali norma-norma dan nilai-nilai dalam masyarakat. Antropologi Hukum tugasnya adalah memberikan telaah atau memberikan pemahaman tentang hukum-hukum yang non state law (Non Undang-Undang).


25. Mengapa objek kajian antropologi adalah manusia jelaskan?

Jawaban:
Objek dari antropologi adalah manusia di dalam masyarakat suku bangsa, kebudayaan dan prilakunya. Ilmu pengetahuan antropologi memiliki tujuan untuk mempelajari manusia dalam bermasyarakat suku bangsa, berperilaku dan berkebudayaan untuk membangun masyarakat itu sendiri.


26. Apa yang dimaksud dengan antropologi spesialisasi?

Jawaban:
 Antropologo spesialisasi adalah antropologi yang berkembang karena adanya perubahan-perubahan dalam masyarakat yang menuntut pendekatan antropologi kependudukan, antropologi pendidikan, antopologi perkotaan, antropologi pedesaan, dan antroplogi kesehatan.


27. Bagaimana awal perkembangan ilmu antropologi di Indonesia?

Jawaban:
Di Indonesia, antropologi berkembang seiring dengan kolonisasi bangsa-bangsa Eropa ke Hindia. Watak khas suatu bangsa dan potensi kekayaan alamnya dilaporkan secara tertulis oleh para pejabat kolonial. ... Melalui jasa Koentjaraningrat, antropologi menjadi alat penting guna merumuskan kebudayaan nasional.


28. Pendekatan manakah yang cocok digunakan dalam penelitian antropologi?

Jawaban:
Pendekatan yang digunakan dalam antropologi menggunakan pendekatan kuantitatif (positivistik) dan kualitatif (naturalistik). ... Kajian (penelitian) agama dengan pendekatan antropologi berusaha mempelajari tentang manusia dan masyarakat terkait dengan agama dan pendekatan budaya.


29. Bagaimana penelitian dalam antropologi?

Jawaban:
Metode penelitian antropologi dibagi menjadi dua yaitu kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif ekspioratoris dan induktif. ... ·Dari segi pengumpulkan data, penelitian kualitatif berasal dari wawancara dan observasi, sedangkan penelitian kuantitatif berasal dari kuesioner.