Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

41 Pertanyaan Tentang Sistem Informasi Akuntansi dan Jawaban

Soal (Essay) Materi Sistem Informasi Akuntansi

15. Tolong jelaskan prosedur pengelolaan data!

Jawaban:
a. Input : Di dalam langkah ini data awal, atau data input, disiapkan dalam beberapa bentuk yang sesuai untuk keperluan pengolahan. Bentuk tersebut akan bergantung pada pengolahan mesin.
b. Proses : Pada langkah ini data input diubah, dan biasanya dikombinasikan dengan informasi yang lain untuk menghasilkan data dalam bentuk yang lebih dapat digunakan. Langkah pengolahan ini biasanya meliputi sederet operasi pengolahan dasar tertentu.
c. Output : Pada langkah ini hasil-hasil dari pengolahan sebelumnya dikumpulkan. Bentuk data output tergantung pada penggunaan data tersebut unutk pengolahan selanjutnya.


16. Apa yang dimaksud dengan EDI dan sebutkan keuntungan dari Electronic Data Interchange (EDI)?

Jawaban:
a. Electronic Data Interchange (EDI) adalah pertukaran data bisnis atau transaksi secara elektronnik melalui satu sistem komputer ke sistem komputer lainnya.
b. Keuntungan dari Electronic Data Interchange (EDI) :
• Pertukaran informasi data dapat dilakukan antar aplikasi sehingga tidak perlu re –entry data dari sisi penerima dan tidak diperlukan proses printing dari sisi pengirim.
• Penyampaian atau penerimaan informasi dari dokumen lebih cepat dan aman, sehingga pelayanan dapat segera diperoleh tanpa perlu datang ke kantor pabean.
• Meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dengan mendukung terbentuknya electronic trading dan EDI merupakan pertukaran data elektronik yang telah disepakati.
• Meningkatkan efektifitas dan efisiensi perusahaan dalam alur dokumen informasi.


17. Apa perbedaan antara sistem, subsistem, dan super sistem?

Jawaban:
a. Sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energy untuk mrcapai suatu tujuan.
b. Subsistem adalah komponen yang koheren dan agak imdepemdem dari sistem yang lebih besar. Subsistem merupakan komponen atau bagian dari suatu sistem.
c. Super sistem adalah sistem yang mempunyai hubungan lebih luas dari sistem.


18. Apa pengertian dari SIA dan jelaskan peran SIA dalam Rantain nilai?

Jawaban:
Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah Suatu kompoen organisasi yang mengumpulkan, mengklasifikasikan, mengolah, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi financial dan pengambilan keputusan yang relevan bagi pihakk luar perusahaan dan pihak ekstern.
Peran SIA dalam Rantai Nilai:
a. Inbound Logistics
Terdiri dari penerimaan, penyimpanan, dan distribusi bahan-bahan masukan yang digunakan oleh organisasi untuk menghasilkan produk dan jasa yang dijualnya.
b. Operasi (Operations)
Aktivitas-aktivitas yang mengubah masukan menjadi jasa atau produk yang sudah jadi.
c. Outbound Logistics
Aktivitas-aktivitas yang melibatkan distribusi produk yang sudah jadi ke para pelanggan.
d. Pemasaran dan Penjualan
Aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan membantu para pelanggan muntuk membeli jasa atau produk yang dihasilkan organisasi.
e. Pelayanan (Service)
Memberikan dukungan pelayanan jual kepada pera pelanggan.


19. Jelaskan 5 alasan mengapa seseorang perlu belajar sistem informasi akuntansi!

Jawaban:
1. Karena informasi sangat dibutuhkan dalam pengambilan keputusan.
2. SIA digunakan untuk melakuukan control terhadap asset yang dimiliki organisasi tersebut.
3. Menyiapkan data-data keuangan dan non keuangan untuk menjadi informasi yang akurat guna pengambilan keputusan.
4. Keterampilan (skill) dalam bidang sistem informasi akuntansi penting dalam mendukung keberhasilan karir.
5. Sistem informasi akuntansi merupakan bagian fundamental dalam pendidikan akuntansi.


20. Tuliskan beberapa kriteria informasi akuntansi agar dikatakan berkualitas?

Jawaban:
1. Perbandingan antara manfaat dan biaya.
2. Dapat dimengerti
3. Relevan
4. Dapat diuji
5. Netral
6. Menyajikan yang seharusnya
7. Nilai prediksi
8. Feedback (umpan balik)
9. Tepat waktu
10. Dapat dibandingkan atau konsisten.


21. Coba tuliskan beberapa tujuan umum sistem akuntansi!

Jawaban:
1. Untuk mendukung fungsi kepengurusan manajemen suatu organisasi/perusahaan, Karen manajemen bertanggung jawab untuk menginfoormasikan pengaturan dan penggunaan sumber daya organisasi dalam ranggka pencapaian tujuan organisasi tersebut
2. Untuk mendukung pengambilan keputusan manajemen, karena sistem informasi memberikan informasi yang diperlukan oleh pihak manajemen untuk melakukan tanggung jawab pengambilan keputusan.
3. Untuk mendukung kegiatan operasi perusahaan hari demi hari. Sistem informasi membantu personil operasional untuk berkerja lebih efektif dan efisien.


22. Jelaskan beberapa jenis sistem informasi yang biasa nya digunakan oleh manajemen untuk menghasilkan informasi guna mendukung proses pembuatan keputusan!

Jawaban:
a. Sistem Informasi Menurut Level Organisasi
Berdasarkan level organisasi, sistem informasi dikelompokkan menjadi :
- Sistem Informasi Departemen
Sistem informasi departemen adalah sistem informasi yang hanya di gunakan dalam sebuah depatermen.
- Sistem Informasi Perusahaan
Sistem informasi perusahaan merupakan sistem informasi yang tidak terletak pada masing masing departemen, melainkan berupa sebuah sistem terpadu yang dapat dipakai oleh sejumlah entitas
- Sistem Informasi Antarorganisasi
Sistem informasi antarorganisasi merupakan jenis system informasi yang menghubung kan dua organisasi atau lebih.
b. Sistem Informasi Area Fungsional
Sistem informasi fungsional adalah sistem informasi yang di tujukan untuk memberikan informasi bagi kelompok orang yang berada pada bagian tertentu dalam perusahaan. Beberapa sistem informasi fungsional yang umum adalah sebagai berikut:
- Sistem Informasi Akuntansi ( Accounting Information System )
Sistem informasi yang menyediakan informasi yang dipakai oleh fungsi akuntansi (Departemen/bagian Akuntansi) yang mencakup semua transaksi yang berhubungan dengan keuangan dalam perusahaan .
- Sistem Informasi Keuangan ( Finance Information System)
Sistem informasi yang menyediakan informasi pada fungsi keuangan yang menyangkut keuangan perusahaan.
- Sistem Manufaktur ( Manufacturing/Production Information System)
Sistem informasi yang bekerja sama dengan SI lain untuk mendukung manajemen perusahaan (perencanaan maupun pengendalian) dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan produk atau jasa yang dihasilkan.
c. Sistem Informasi Berdasarkan Dukungan Yang Tersedia
Berdasarkan dukungan yang diberikan kepada pemakai, sistem informasi yang digunakan pada semua area fungsional dalam organisasi dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
- Sistem Pemrosesan Transaksi (Transaction Processing System atau TPS)
Merupakan jenis Sistem Informasi yang pertama kali diimplementasikan .Fokus utamanya adalah pada data transaksi yang digunakan untuk menghimpun, menyimpan, dan memproses data transaksi
- Sistem Informasi Manajemen (Management Information System atau MIS)
Sistem Informasi Manajemen ini menyajikan informasi yang digunakan untuk mendukung operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi.


23. Jelaskan 7 karakteristik informasi yang bermanfaat bagi pembuatan keputusan!

Jawaban:
1. Usefulness (Berguna)
Sistem harus menghasilkan suatu informasi yang berguna, artinya informasi yang dihasilkan harus sesuai denga yang dibutuhkan dan tepat waktu sehingga berguna bagi pengambilan keputusan.
2. Economy (Ekonomi)
Seluruh komponen dari sistem harus bersifat ekonomis, artinya sistem harus mampu memberikan manfaat yang lebih besar dibandingkan dengan pengeluaran yang dikeluarkan untukpengadaan sistem tersebut.
3. Reliability (Andal)
Produk dari suatu sistem harus bias diandalkan dan informasiyang dihasilkan mempunyai tingkat ketelitian yang tinggi,sehingga keputusan yang dihasilkan benar-benar keputusan yangtepat sesuai dengan apa yang dihasikan sistem
4. Customers Service (Pelayanan konsumen)
Sistem harus mampu memberikan pelayanan yang baik danefisien kepada pelanggan sehingga mampu memberikan kepuasanakan meningkatkan nilai perusahaan dan mampu memberikan kontribusi positif terhadap kenaikan laba.
5. Capacity (Kapasitas)
Kapasitas suatu sistem harus memadai untuk menghadapi operasi pada kapasitas penuh (full capacity) seperti halnya pada saat operasi berjalan normal.
6. Simplicity (Sederhana)
Sistem harus sederhana sehingga semua struktur dan operasinya dapat dimengerti, serta semua prosedurnya dapat diikuti dengan mudah dan tidak akan membingungkan pemiliknya.
7. Flexibility (luwes)
Sistem harus bersifat fleksibel atau luwes dalam menampung dan menghadapi semua perubahan yang terjadi didalam maupun diluar organisasi sehingga menghasilkan informasi perencanaan dan pengendalian.


24. Tulis dan jelaskan komponen-komponen sistem informasi akuntansi!

Jawaban:
1. Komponen input
Input mewakili data yang masuk kedalam sistem informasi. Input ini termasuk metode dan media untuk menangkap data yang akan dimasukan.
2. Komponnen model
Komponen ini terdiri dari kombinnasi prosedur, logika dan model matematik yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis data.
3. Komponen output
Komponen ini hasil dari sitem informasi adalah keluaran yang merupakan informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua pemakai intern.
4. Komponen teknologi
Tenologi merupakan tool box dalam sistem informasi, teknologi digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan keluaran dan membantu pengendalian dari sistem secara keseluruhan.
5. Komponen hardware
Suatu media penyimpanan vital bagi sistem informasi, yang berfungsi sebagai tempat untuk menampunng database.
6. Komponen software
Sebagai tempat untuk mengolah, menghitung dan memanipulasi data yang diambil dari hardware untuk menciptakan suatu informasi.
7. Komponen basis data
Merupakan kumpulan data yang saling berkaitan ddan berhubungan satu dengan yang lain, tersimpan di perangkat keras computer dan menggunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya.
8. Komponen control
Pengendalian perlu dirancang dan diterapkan untuk meyakinkan bahwa hal-hal yang dapat merusak sistem dapat dicegah ataupun bila terlanjur terjadi kesalahan-kesalahan dapat langsung diatasi.


25. Bagaimana cara pengambilan keputusan dalam SIA?

Jawaban:
Ada lima langkah dalam proses pengambilan keputusan :
1. Identifikasi dan Diagnosa masalah
2. Pengumpulan dan Analisis data yang relevan
3. Pengembangan dan Evaluasi alternative alternative
4. Pemilihan Alternatif terbaik
5. Implementasi keputusan dan Evaluasi terhadap hasil-hasil


26. Tuliskan aktivitas aktivitas dalam siklus pengeluaran!

Jawaban:
a. Memesan barang , persediaan, dan jasa
b. Menerima dan menyimpan barang, persediaan, dan jasa
c. Membayar untuk barang, persediaan, dan jasa


27. Apa itu COSO, tolong di Jelaskan dan sebutkan 5 komponen dalam COSO!

Jawaban:
Committee of Sponsoring Organization of The Treadway Commission (COSO)
Merupakan komite yang dibentuk oleh organisasi – organisasi profesi di Amerika, antara lain AICPA, Financial Executives Association, Institute of Management Accountants (IMA), Institute of Internal Auditors (IIA) and American Accounting Association (AAA). Pada tahun 1992, COSO mengeluarkan definisi tentang pengendalian internal. COSO mendefinisikan pengendalian internal sebagai suatu proses yang melibatkan dewan komisaris, manajemen, dan personil lainnya, yang dirancang untuk memberikan keyakinan yang memadai tentang pencapaian tujuan dengan kategori berikut, yaitu efektivitas dan efisiensi operasi, keandalan pelaporan keuangan, kepetuhan terhadap hukum dan ketentuan yang berlaku.
Lima Komponen dalam COSO
1. Control Environment
Tindakan atau kebijakan manajemen yang mencerminkan sikap manajemen puncak secara keseluruhan dalam pengendalian manajemen. Yang termasuk dalam control environment:
· Integrity and ethical values (integritas dan nilai etika)
· Commitment to competence (komitmen terhadap kompetensi)
· Board of Directors and audit committee (dewan komisaris dan komite audit)
· Management’s philosophy and operating style (filosofi manajemen dan gaya mengelola operasi)
· Organizational structure (struktur organisasi)
· Human resource policies and procedures (kebijakan sumber daya manusia dan prosedurnya)
2. Risk Assessment
Tindakan manajemen untuk mengidentifikasi, menganalisis risiko-risiko yang relevan dalam penyusunan laporan keuangan dan perusahaan secara umum. Yang termasuk dalam risk assessment:
· Company-wide objectives (tujuan perusahaan secara keseluruhan)
· Process-level objectives (tujuan di setiap tingkat proses)
· Risk identification and analysis (indentifikasi risiko dan analisisnya)
· Managing change (mengelola perubahan)
3. Control Activities
Tindakan-tindakan yang diambil manajemen dalam rangka pengendalian intern. Yang termasuk control activities:
· Policies and procedures (kebijakan dan prosedur)
· Security (application and network) –> (keamanan dalam hal aplikasi dan jaringan)
· Application change management (manajemen perubahan aplikasi)
· usiness continuity or backups (kelangsungan bisnis)
· Outsourcing (memakai tenaga outsourcing)
4. Information and Communication
Tindakan untuk mencatat, memproses dan melaporkan transaksi yang sesuai untuk menjaga akuntablitas. Yang termasuk komponen ini adalah sebagai berikut.
· Quality of information (kualitas informasi)
· Effectiveness of communication (efektivitas komunikasi)
5. Monitoring
Peniilaian terhadap mutu pengendalian internal secara berkelanjutan maupun periodik untuk memastikan pengendalian internal telah berjalan dan telah dilakukan penyesuian yang diperlukan sesuai kondisi yang ada. Yang termasuk di dalam komponen ini, yakni:
· On-going monitoring (pengawasan yang terus berlangsung)
· Separate evaluations (evaluasi yang terpisah)
· Reporting deficiencies (melaporkan kekurangan-kekurangan yang terjadi


28. Tuliskan komponen utama sistem operasi!

Jawaban:
1. Process Management: Proses yang terjadi di dalam computer merupakan proses yang dilakukan oleh processor.
2. Memory Management: Tempat pesinggahan atau tempat sementara data dan atau informasi yang dibutuhkan prosessir yang nantinya akan diteruskan ke dalam prosessor.
3. Input Output Management: Berfungsi sebagai tempat megatur input output yang terjadi dan sering disebut sebagai device manager yang menyediakan devide driver agar perangkat yang digunakan lebih efisien.
4. File Management: Sistem operasi melakukan tugas untuk mengatur file-file yang ada.
5. Pretection System: Sebagai melindungi sumber daya yang digunakan atau bisa dikatakan bahwa sistem operasi mengontrol sumber daya yang digunakan.
6. Networking: Jaringan akses sumber daya ini digunakan untuk mempercepat komputasi, meningkatkan ketersediaan data, peningkatan keandalan.
7. Command Interpreter System: Digunakan oleh sistem operasi satu dengan sistem operasi yang lain berada dan berdeviasi disesuaikan dengan tujuan dan input output yang digunakan.