Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

43 Quiz Materi Pengantar Antropologi Lengkap Jawaban

Soal (Esai) Materi Pengantar Antropologi

30. Langkah langkah penelitian dalam antropologi?

Jawaban:
Metode Antropologi
a. Menjalin rapport. 
b. Observasi. 
c. Wawancara mendalam. ...
d. Triangulasi data.


31. Apa yang dimaksud dengan antropologi budaya?

Jawaban:
Antropologi budaya adalah cabang antropologi yang berfokus pada penelitian variasi kebudayaan pada manusia. ... Berbagai metode yang digunakan dalam studi antropologi budaya antara lain pengamatan partisipatif (participant observation), wawancara, dan survei.


32. Apa saja yang termasuk antropologi budaya?

Jawaban:
Antropologi budaya adalah Ilmu yang melihat atau mempelajari manusia, berkaitan dengan materi-materi kebudayaan, seperti misalnya, alat-alat hidup, perumahan, kesenian, norma, perilaku dan lain sebagainya yang ada dalam masyarakat.


33. Apa yang dimaksud dengan Preshistori?

Jawaban:
Prehistori adalah ilmu yang mempelajari sejarah penyebaran dan perkembangan semua kebudayaan manusia di bumi sebelum manusia mengenal tulisan. Etnolinguistik antropologi adalah ilmu yang mempelajari pelukisan tentang ciri dan tata bahasa dan beratus-ratus bahasa suku-suku bangsa yang ada di bumi.


34. Apa saja yang termasuk antropologi fisik?

Jawaban:
Antropologi fisik mempelajari manusia dari segi biologi misalnya, bentuk tubuh, warna rambut, warna kulit, dan lainnya. Adapun ilmu yang termasuk Antropologi fisik yaitu: Paleoantropologi : Bagian dari antropologi fisik yang menelaah tentang asal usul atau terjadinya dan perkembangan mahkluk manusia


35. Objek kajian antropologi meliputi apa saja?

Jawaban:
Objek dari antropologi adalah manusia di dalam masyarakat suku bangsa, kebudayaan dan prilakunya. Ilmu pengetahuan antropologi memiliki tujuan untuk mempelajari manusia dalam bermasyarakat suku bangsa, berperilaku dan berkebudayaan untuk membangun masyarakat itu sendiri.


36. Mengapa antropologi hukum tidak bersifat etnosentris?

Jawaban:
Aturan hukum yang dimaksud tidak hanya terbatas pada hukum normatif, tetapi juga meliputi hukum adat dan juga budaya perilaku manusianya. Meskipun merupakan pengembangan dari antropologi budaya, antropologi hukum tidak bersifat etnosentris, artinya tidak membatasi pada kebudayaan tertentu.


37. Apa hubungan psikologi sosial sosiologi dan antropologi?

Jawaban:
Antropologi mempunyai hubungan dengan ilmu-ilmu lainnya seperti psikologi,sosiologi karena Antropologi adalah salah satu cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang budaya masyarakat suatu etis tertentu; Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku manusia dan proses mental; Sosiologi berasal dari bahasa


38. Apa perbedaan antara sosiologi dengan antropologi?

Jawaban:
Antropologi cenderung untuk mengkaji apa itu manusia, fisik dan kebudayaannya sedangkan Sosiologi adalah disiplin ilmu yang mengkaji tentang hubungan antara struktur sosial dengan kebudayaan masyarakat.


39. Sebutkan dan jelaskan metode apa saja yang dapat digunakan untuk mengkaji permasalahan dalam ilmu antropologi?

Jawaban:
Meskipun pada masa kini, metode atau pendekatan antropologi telah mengalami perkembangan sesuai dengan perkembangan kehidupan manusia.
Berikut disajikan kelima metode itu.
a. Pendekatan holistik.
b. Pendekatan mikro.
c. Pendekatan semiotik. ...
d. Pendekatan komparatif. ...
e. Metode behavioristik.


40. Apa peran dan fungsi antropologi dalam masyarakat?

Jawaban:
Peran dan fungsi antropologi antara lain: Melihat dengan jelas tentang manusia, baik sebagai pribadi maupun anggota kelompok masyarakat. ... Menyusun etnografi-etnografi yang memungkinkan penciptaan teori-teori tentang asal-usul kepercayaan, keluarga, perkawinan, perilaku bernegara, dan sebagainya.


41. Mengapa ahli antropologi meminjam teori evolusi dari ilmu biologi?

Jawaban:
Antropologist meminjam teori evolusi untuk menjelaskan perkembangan sosial budaya masyarakat karena sosial budaya tidak berubah secara drastis tetapi ber-evolusi melalui proses yang panjang sejak awal adanya manusia hingga sekarang yang melewati kejadian-kejadian dan sejarah-sejarah yang memberi dampak penting


42. Apa yang dimaksud dengan Somatologi?

Jawaban:
Somatologi adalah ilmu yang memelajari keberagaman ras manusia dengan mengamati ciri-ciri fisik. Somatologi termasuk dalam cabang ilmu antropologi biologi.


43. Antropologi dibagi menjadi berapa?

Jawaban:
Ilmu Antropologi dibagi ke dalam dua sub yaitu antropologi fisik dan antropologi budaya. Antropologi fisik terbagi lagi menjadi paleoantropologi dan antropologi ragawi. Sedangkan antropologi budaya terdiri dari prehistori, etnolinguistik, dan etnologi