Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

21 Quiz Materi Perbandingan Administrasi Negara Lengkap Jawaban

Soal (Esai) Materi Perbandingan Administrasi Negara

15. Jelaskan Metoda Perbandingan Administrasi Negara yang Sistem Umum dengan Menggunakan Model (General System Model Building)!

Jawaban:
Pada metoda ini studi perbandingan mengalami pergeseran yang cukup fundamental, karena sudah mengarah pada kesimpulan-kesimpulan yang bermakna universal dengan menggunakan alat bantu model. Keterkaitan proses administrasi dengan berbagai faktor lingkungan menjadi pusat perhatian utama dalam studi perbandingan administrasi. Metoda yang diciptakan oleh FW Riggs ini tidak membandingkan secara langsung fenomena administrasi yang ada di berbagai negara dan bangsa (berbeda dengan dua metoda terdahulu yakni metoda tradisional yang dimodifikasi serta metoda berorientasi pada pembangunan), tetapi membandingkan dengan menggunakan alat bantu yang diberi nama model, yang diciptakan/disusun dari fenomena-fenomena empiris secara induktif (dari khusus ke umum). Model harus dapat menggambarkan dan mencerminkan realitas kehidupan administrasi dan lain-lain, atau dengan perkataan lain metoda ini memperhatikan semua aspek lingkungan dan memberikan kesempatan yang sama kepada semua faktor lingkungan untuk berhubungan dan berpengaruh terhadap faktor administrasi. Pada model uang umum ini semua faktor lingkungan tidak terkecuali harus dianalisis sebagai faktor yang ikut membentuk dan mewarnai administrasi negara dimanapun. Keterkaitan dan pola hubungan seluruh faktor lingkungan (faktor di luar administrasi) dengan aktivitas administrasi negara inilah yang kemudian menghasilkan wajah dan bentuk sistem administrasi negara secara menyeluruh dan lengkap.


16. Jelaskan Metoda Perbandingan Administrasi Negara yang Teori Bentuk Tengah (Middle Range Theory Formulation)

Jawaban:
Metoda yang dikemukakan oleh Ferrel Heady ini merupakan kritik atau pilihan lain dalam menggunakan alat bantu model. Menurutnya Model umum dianggap terlalu luas dan membutuhkan biaya, waktu dan sebagainya yang relatif besar.Metoda ini berusaha mengadakan/melakukan studi perbandingan dengan mempergunakan aspek tertentu yang dipandang representatif bagi keseluruhan sistem administrasi Negara sebagai alat perbandingan. Menurut metoda ini tidak perlu mengkonstruksi model keseluruhan sistem administrasi, melainkan dengan cara menentukan aspek tertentu dari keseluruhan sistem administrasi yang representatif sebagai alat perbandingan. Model bentuk tengah memangkas dalam dua hal yaitu aspek administrasi diwakili Birokrasi dan aspek non administrasi/lingkungan diambil yang paling kuat/dominan yaitu aspek/faktor sistem politik.Pemilihan terhadap aspek tertentu pada birokrasi karena dipandang sebagai struktur yang dapat mewakili secara representatif sistem administrasi. Birokrasi juga dipandang dapat memenuhi persyaratan sebagai struktur organisasi dalam pemerintahan negara,  atau dengan perkataan lain sebagai struktur organisasi negara yang dapat ditemukan di dalam pelbagai sistem politik yang ada di belahan dunia manapun, baik yang masih tradisional maupun yang sudah maju/modern. Karakteristik Birokrasi antara lain (1) Hierarkhi : tata susunan berdasar tingkat-tingkat kewenangan yang menjamin suatu sistem atau tata tertib hubungan atasan bawahan. Tingkat yang tinggi mempunyai wewenang untuk mengawasi tingkat-tingkat ysng lebih rendah. Tata hubungan atasan dan bawahan yang demikian dimaksudkan untuk menjamin kemungkinan dilakukannya pengarahan, kohesi dan kontinuitas. (2) Diferensiasi atau spesialisasi fungsional, timbul karena  pembagian kerja dan pemecahan tugas agar supaya pelaksanaan tugas pekerjaaan untuk mencapai tujuan yang dikehendaki dapat berjalan lebih baik. (3)  Kualifikasi atau kompetensi, mengandung penegertian bahwa orang-orang yang diberi kewenangan dan beban tugas kewajiban tertentu dalam organisasi harus memiliki kemampuan kualitas tertentu yang sesuai dan memadai dengan tugas kewajibannya. Untuk dapat mencapai tingkat birokrasi yang lebih tinggi harus melalui proses pendidikan dan juga pelatihan.!


17. Sejak kapan Adm Negara perbandingan itu ada jelaskan?

Jawaban:
Perbandingan administrasi Negara merupakan pengembangan studi dalam administrasi Negara yang baru muncul pada pertengahan abad 20. Studi ini masih relatif baru/muda sejalan dengan administrasi Negara yang muncul dan mulai berkembang pada akhir abad 19 atau awal abad 20


18. Kenapa administrasi negara di tiap negara berbeda beda?

Jawaban:
Karena terdapat perbedaan budaya, norma, dan aturan yang berlaku pada setiap daerah yang memunculkan ideologi yang berbeda pula sehingga menyebabkan sistem pemerintahan suatu negara berbeda-beda


19. Tujuan dari dipelajarinya ilmu perbandingan administrasi negara?

Jawaban:
Kengunaaan Mempelajari Perbandingan Administrasi Negara Mempelajari perbandingan administrasi negara berguna untuk hal berikut:
1. Mencari perbedaan-perbedaan yang terdapat dalam adminstrasi negera masing-masing;
2. Mencari dan menemukan sistem administrasi negara yang paling efektif dalam mencapai tujuan bernegara


20. Apa yang dimaksud dengan perbandingan administrasi negara?

Jawaban:
Perbandingan administrasi negara adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji sistem pelayanan negara dan penyelenggaraan negara dengan pendekatan perbandingan. Perbadingan ini bertujuan membandingkan pola-pola administrasi dari berbagai sudut pandang.


21. Jelaskan perkembangan studi perbandingan dalam Ilmu Administrasi Negara berdasarkan Tinjauan dari sudut Perkembangan Ilmu Administrasi Negara!

Jawaban:
Tinjauan dengan menggunakan paradigma dalam ilmu administrasi negara seperti yang dikemukakan oleh Nicholas Henry dapat dipakai untuk melihat latar belakang dari lahirnya studi perbandingan administrasi negara. Henry menegaskan bahwa perkembangan administrasi negara semenjak lahirnya pada tahun 1886, telah melalui beberapa paradigma yaitu Paradigma Dikotomi Politik Administrasi, Paradigma Prinsip Prinsip Administrasi yang dilanjutkan dengan situasi tidak menentu yang dikenal dengan Masa Tantangan/Krisis Identitas. Dampak dari situasi ini adalah lahirnya dua paradigma berikutnya yang muncul dalam waktu yang hampir bersamaan, yaitu Paradigma Administrasi Negara sebagai bagian Ilmu Politik, dan Paradigma Administrasi Negara sebagai bagian Ilmu Administrasi. Perkembangan selanjutnya diikuti dengan yang terakhir Paradigma  Administrasi Negara Baru.