Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

47 Quiz Materi Teori Akuntansi Lengkap Jawaban

Soal (Esai) Materi Teori Akuntansi

33. Apa yang dimaksud dengan postulat going concern?

Jawaban:
Postulat going concert juga Continuity. Postulat ini menganggap bahwa perusahaan akan terus melaksanakan operasinya sepanjang proses penyelesaian proyek, perjanjian, dan kegiatan yang sedang berlangsung.


34. Jelaskan pengertian seni, sains, dan teknologi dalam kaitannya dengan karakteristik disiplin akuntansi!

Jawaban:
Akuntansi dapat dikatakan sebagai kerajinan (art) karena orang yang akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan akuntansi harus terjun langsung dalam dunia praktik dan mengerjakan magang (apprenticeship) pada praktisi.
Akuntansi dipandang sebagai sains maka akuntansi akan membahasa seperti mengapa perusahaan memilih metoda akuntansi tertentu, faktor-faktor yang mendorong manajemen memanipulasi laba dan partisipasin dalam penyusunan anggaran mempengaruhi kinerja manajer divisi.
Seperangkat pengetahuan akuntansi sebenarnya lebih merupakan suatu teknologi dan oleh karenanya harus dikembangkan sesuai dengan sifat teknologi tersebut agar lebih bermanfaat dan mempunyai pengaruh nyata dalam kehidupan sosial tertentu. Akuntansi masuk dalam bidang pengetahuan teknologi, maka akuntansi dapat dideinisikan sebagai “rekayasa informasi dan pengendalian keuangan.”


35. Apa yang dimaksud dengan praktik akuntansi dan apa arti penting teori akuntansi?

Jawaban:
Praktik akuntansi merupakan seperankat gagasan-gagasan yang melandasi praktik tersebut berupa asumsi-asumsi dasar, konsep-konsep, penjelasan, dan penalaran yang keseluruhannya membentuk bidang pengetahuan teori akuntansi.
Teori akuntansi membahas perlakuan-perlakuan dan model-model alternatif yang dapat menjadi jawaban atas masalah-masalah yang dihadapi dalam praktik.
Jadi Teori akuntansi merupakan landasan untuk memecahkan masalah-masalah akuntansi secara beralasan atau bernalar yang secara etis dan ilmiah dapat dipertanggungjawabkan.


36. Jelaskan dan beri contoh yang dimaksud dengan ungkapan bahwa “praktik yang sehat harus dilandasi teori yang sehat pula.”!

Jawaban:
Praktik akuntansi yang baik dan maju tidak akan dapat dicapai tanpa suatu teori baik yang melandasinya. Praktik dan profesi harus dikembangkan atas dasar penalaran (causes and reasons). Dari argumen-argumen tersebut, dapat dikatakan bahwa teori merupakan unsur yang penting dalam mengembangkan dan memajukan praktik akuntansi. Teori merupakan obor yang menerangi praktik dengan prinsip-prinsip yang masuk akal.
Ilustrasinya, kalau orang melihat suatu kota dari sebuah helikopter, orang akan kehilangan pandangan terhadap hal-hal yang kecil tetapi jika dia akan mampu melihat prinsip kerja (teori) tentang tata kota itu : batas-batasnya, pengkawasannya, jaringan jalan lalu-lintasnya, pusat-pusat kegiatan, dan keterkaitan antara unsur-unsur tersebut.


37. Jelaskan peran perguruan tinggi dalam pengembangan akuntansi!

Jawaban:
Perguruan tinggi memandang akuntansi sebagai dua bidang kajian yaitu bidang praktik dan teori. Bidang praktik berkepentingan dengan masalah bagaimana praktik dijalankan sesuai dengan PABU. Bidang teori berkepentingan dengan penjelasan, deskripsi, dan argumen yang dianggap melandasi praktik akuntansi yang semuanya dicakup dalam suatu pengetahuan yang disebut teori akuntansi. Pendidikan akuntansi di perguruan tinggi harus mampu mengubah praktik akuntansi yang berjalan menjadi lebih baik. Pendidik akuntansi berperan untuk menjembatani praktik dan teori akuntansi sehingga praktik akuntansi selalu berkembang menuju ke keadaan yang lebih baik. Ini berarti bahwa pendidikan dan pengajaran akuntansi tidak hanya membatasi pada apa yang nyatanya dipraktikan (aspek teknis) tetapi juga memasukkan alternatif-alternatif dan penalarannya sehingga peserta didik nantinya dapat menerapkan gagasan alternatif yang menuju ke perbaikan praktik.


38. Dalam hal bagaimana pengembangan akuntansi mengalami stagnasi?

Jawaban:
Dalam kenyataan, proses pengajaran yang ideal tidak selalu dapat dilaksanakan karena berbagai faktor. Keadaan yan menggambarkan proses pengajaran yang bersifat menguatkan praktik tetapi tidak akan mengembangkan praktik dilukiskan oleh sterling dalam gambar berikut.


39. Mengapa transaksi dengan pihak-pihak yang mempunyai hubungan istimewa harus diungkapkan di dalam catatan atas laporan keuangan?

Jawaban:
Karena akan di masukan dalam buku besar


40. Tuliskan pihak-pihak yang dikelompokkan sebagai pihak yang mempunyai hubungan istimewa-istimewa!

Jawaban:
Antara perusahaan induk dan anak


41. Biaya (expense) merupakan salah satu elemen dalam laporan laba rugi. Jelaskan mengenai waktu pengakuan biaya (the timing of expense recognition) dan bagaimana kaitannya dengan penghasilan?

Jawaban:
Kaitannya terhadap perusahaan adalah perusahaan menggunakan sumber daya ekonomi yang ada. Biaya berasal dari aktiva atau terjadi langsung tanpa melalui aktiva. Sedangkan mengenai waktu pengakuan biaya


42. Mengenai Konsep Kesatuan Akuntansi (Accounting Entity), Konsep Kesatuan akuntansi merupakan konsep yang paling fundamental diminta:
a. Jelaskan mengenai konsep kesatuan akuntansi!
b. Jelaskan mengapa konsep kesatuan akuntansi merupakan konsep yang paling fundamental dalam (pervades) akuntansi?

Jawaban:
a. Konsep ini menyatakan bahwa perusahaan dianggap sebagai suatu kesatuan atau badan usaha ekonomik yang berdiri sendiri, bertindak atas namanya sendiri, dan kedudukannya terpisah dari pemilik atau pihak lain yang menanamkan dana dalam perusahaan dan kesatuan ekonomik tersebut menjadi pusat perhatian atau sudut pandang akuntansi.
b. Konsep kesatuan akuntansi suatu konsep yang berlaku secara umum tentang suatu asumsi, anggapan, pandangan maupun pendapat dalam menyajikan informasi keuangan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.Seperti konsep kesatuan usaha, konsep harga perolehan, konsep kesinambungan, dan sebagainya. Baiklah, untuk lebih jelasnya mari dilanjutkan beberapa contoh konsep dasar akuntansi.


43. Tujuan pelaporan laba adalah menyediakan informasi yang bermanfaat bagi pihak yang berkepentingan. Sebutkan keginaan informasi bagi pihak berkepentingan tersebut.!

Jawaban:
- Sebagai indikator efisiensi penggunaan dana yang tertanam
- Sebagai pengukur prestasi manajemen
- Sebagai dasar penentuan besarnya pengenaan pajak.
- Sebagai dasar pengendalian alokasi sumber daya ekonomi suatu negara.
- Sebagai dasar kompensasi dan pembagian tugas.
- Sebagai alat motivasi manajemen dalam pengendalian perusahaan
- Sebagai dasar kenaikan kemakmuran
- Sebagai dasar pembagian dividen.


44. Jelaskan apa yang dimaksud teori pasar dalam pendekatan yang dilakukan untuk menyusun standar akuntansi.!

Jawaban:
Pendekatan pasar bebas dilandasi asumsi dasar bahwa informasi akuntansi merupakan komoditi ekonomi serupa dengan barang atau jasa yang lain. Atas dasar asumsi tersebut, jumlah informasi akuntansi disajikan akan dipengaruhi oleh kekuatan permintaan dan penawaran. Permintaan muncul dari pemakai yang berkepentingan dengan informasi, sedang penawaran dilakukan oleh perusahaan dalam bentuk laporan keuangan. Melalui interaksi antara kekuatan pasar tersebut, maka akan dicapai suatu keseimbangan dimana jumlah infrormasi yang optimal akan diungkapkan pada harga yang optimal. Pada saat informasi tertentu diminta, pasar akan menghasilkan informasi tersebut apabila harga yang ditawarkan tepat.
Konsekuensinya pasar dipandang sebagai mekanisme yang ideal untuk menentukan jenis informasi yang harus diungkapkan dan kelompok penerima informasi. Dengan demikian, standar akuntansi akan menentukan informasi yang dihasilkan dan siapa yang akan menerima informasi tersebut.


45. Apakah perbedaan antara laporan dan pelaporan serta laporan dan statemen?

Jawaban:
Laporan adalah bentuk penyajian fakta tentang suatu keadaan atau suatu kegiatan, pada dasarnya fakta yang disajikan itu berkenaan dengan tanggung jawab yang ditugaskan kepada si pelapor.
Pelaporan meliputi segala aspek yang berkaitan dengan penyediaan dan peyampaian informasi.
Statement merupakan suatu perulangan penyeleksi kondisi yang digunakan agar program dapat terseleksi sehingga program dapat menentukan tindakan apa yang harus dikerjakan, tergantung dari kondisi yang diseleksi. Atau dengan kata lain merupakan aksi akan dilaksanakan berulang kali selama kondisi bernilai benar, jika salah maka badan pengulangan tidak akan dilaksanakan yang berarti pengulangan selesai.


46. Jelaskan peran riset, pengajaran, dan praktik dalam pengembangan disiplin akuntansi.!

Jawaban:
Peran riset, pengajaran, dan praktik dalam pengembangan akuntansi akan mengalami perkembangan yang pesat dan memuaskan apabila terjadi interaksi yang baik antara ketiga aspek di atas. Aliran yang berlawanan dengan arah jarum jam (aliran luar) menunjukkan kontribusi riset terhadap pengajaran/pendidik yang pada gilirannya pengajaran menambahkan pengetahuan profesional untuk meningkatkan kualitas praktik. Aliran panah searah jarum jam (aliran dalam) menunjukkan kemampuan pengajar untuk mengevaluasi apa yang nyatanya dipraktikkan dan apa yang secara normatif atau ideal harus dipraktikkan sehingga timbul gagasan-gagasan baru untuk pengembangan praktik. Gagasan-gagasan baru ini harus merupakan bahan penelitian dan pembahasan di tingkat akademik sehingga dihasilkan praktik-praktik alternatif yang dapat menjadi solusi bila ditemukan masalah dalam praktik atau bila solusi tersebut lebih baik daripada apa yang nyatanya dipraktikkan.


47. Tuliskan dan jelaskan beberapa kata kunci yang membentuk pengertian akuntansi sebagai suatu pengetahuan!

Jawaban:
The body of knowledge : akuntansi didefinisikan seperangkat pengetahuan karena wilayah materi dan kegiatan cukup luas dan dalam serta telah membentuk kesatuan pengetahuan yan terdokumentasi secara sistematis dalam bentuk literatur akuntansi.
Service activity : akuntansi sebagai kegiatan penyedia jasa mengisyaratkan bahwa akuntansi yang akhirnya harus diterapkan untuk merancang dan menyediakan jasa berupa informasi keuangan harus bermanfaat untuk kepentingan sosial dan ekonomik negara tempat akuntansi diterapkan (to be useful in making econimic decisions).