Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

99 Soal (Essay) Administrasi Pemerintahan Desa Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Administrasi Pemerintahan Desa

1. Apa yang dimaksud dengan Sistem Informasi Administrasi Desa (SIAD)?

Jawaban:
SIAD adalah suatu sistem yang digunakan untuk mengelola dan menyediakan informasi administrasi pemerintahan desa secara terintegrasi. SIAD mencakup berbagai aspek administrasi desa seperti kependudukan, keuangan desa, pelayanan publik, dan lain-lain.


2. Apa yang dimaksud dengan Surat Keterangan Kelahiran?

Jawaban:
Surat Keterangan Kelahiran adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah desa untuk mencatat dan memberikan bukti bahwa seseorang telah lahir di desa tersebut. Surat ini diperlukan sebagai identitas dan syarat administrasi lainnya seperti pembuatan akta kelahiran dan dokumen kependudukan.


3. Jelaskan peran dan fungsi Lembaga Adat dalam administrasi pemerintahan desa.

Jawaban:
Lembaga Adat memiliki peran dalam menjaga, melestarikan, dan mengembangkan adat istiadat serta kearifan lokal di desa. Mereka berfungsi sebagai penjaga tradisi dan budaya desa, serta memberikan masukan dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan adat dan kearifan lokal.


4. Apa yang dimaksud dengan Surat Keterangan Tidak Mampu?

Jawaban:
Surat Keterangan Tidak Mampu adalah dokumen yang dikeluarkan oleh pemerintah desa untuk menyatakan bahwa seseorang atau keluarganya tidak mampu secara ekonomi. Surat ini digunakan sebagai syarat untuk mendapatkan bantuan sosial, pembebasan biaya administrasi, atau hak-hak lainnya yang berkaitan dengan kebutuhan dasar.


5. Jelaskan peran dan fungsi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dalam administrasi pemerintahan desa.

Jawaban:
Satpol PP memiliki peran dalam menjaga ketertiban umum, penegakan peraturan daerah, dan pengawasan terhadap kegiatan yang melanggar ketentuan hukum di desa. Mereka juga dapat bekerja sama dengan pemerintah desa dalam penegakan peraturan terkait lingkungan, perijinan, dan ketertiban sosial.


6. Apa yang dimaksud dengan Surat Keterangan Kematian?

Jawaban:
Surat Keterangan Kematian adalah dokumen yang dikeluarkan oleh pemerintah desa untuk mencatat dan memberikan bukti bahwa seseorang telah meninggal dunia di desa tersebut. Surat ini diperlukan untuk keperluan administrasi seperti pembatalan dokumen kependudukan dan klaim asuransi.


7. Jelaskan peran dan fungsi Pemberdayaan Masyarakat dalam administrasi pemerintahan desa.

Jawaban:
Pemberdayaan Masyarakat memiliki peran dalam mengaktifkan peran serta masyarakat desa dalam proses pembangunan. Mereka berfungsi sebagai fasilitator dan pendamping masyarakat dalam mengidentifikasi potensi, membangun keterampilan, dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa.


8. Apa yang dimaksud dengan Surat Keterangan Usaha?

Jawaban:
Surat Keterangan Usaha adalah dokumen yang dikeluarkan oleh pemerintah desa yang menyatakan bahwa seseorang atau perusahaan memiliki usaha atau kegiatan yang sah di desa tersebut. Surat ini digunakan sebagai syarat administrasi dalam mengurus perizinan usaha dan kegiatan ekonomi di desa.


9. Jelaskan peran dan fungsi Lembaga Pemasyarakatan (LPM) dalam administrasi pemerintahan desa.

Jawaban
LPM memiliki peran sebagai lembaga yang mengurus dan membantu penyelesaian masalah sosial di desa. Mereka berfungsi sebagai lembaga yang mediasi dalam penyelesaian sengketa antarwarga, memberikan bantuan sosial, serta mengorganisir kegiatan-kegiatan sosial dan budaya di desa.


10. Apa yang dimaksud dengan Surat Keterangan Belum Menikah?

Jawaban:
Surat Keterangan Belum Menikah adalah dokumen yang dikeluarkan oleh pemerintah desa yang menyatakan bahwa seseorang belum pernah menikah. Surat ini digunakan sebagai syarat administrasi dalam berbagai keperluan seperti pengurusan KTP, akta kelahiran anak, atau persyaratan lain yang berkaitan dengan status pernikahan.


11. Apa saja fungsi dari administrasi pemerintahan desa?

Jawaban:
Fungsi administrasi pemerintahan desa antara lain adalah mengelola keuangan desa, menyusun perencanaan pembangunan, mengoordinasikan pelaksanaan program pemerintah, mengelola administrasi kependudukan, dan memberikan pelayanan publik kepada masyarakat.


12. Jelaskan peran kepala desa dalam administrasi pemerintahan desa.

Jawaban :
Kepala desa memiliki peran sebagai pemimpin dalam administrasi pemerintahan desa. Ia bertanggung jawab untuk memimpin, mengkoordinasi, dan mengambil keputusan dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan desa, termasuk mengawasi pelaksanaan administrasi desa.


13. Apa yang dimaksud dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa)?

Jawaban:
RPJM Desa adalah dokumen perencanaan pembangunan desa yang berisi visi, misi, tujuan, dan sasaran pembangunan desa dalam jangka waktu 6 tahun. RPJM Desa digunakan sebagai acuan dalam menyusun program pembangunan desa dan mengalokasikan anggaran.


14. Jelaskan proses penyusunan APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa).

Jawaban:
Proses penyusunan APBDes dimulai dengan mengumpulkan data dan informasi pendapatan serta belanja desa. Kemudian, dilakukan pembahasan dan konsultasi dengan masyarakat desa melalui Musyawarah Desa. Setelah itu, dilakukan penetapan anggaran dan disusun dalam bentuk Rancangan APBDes yang akhirnya disahkan melalui Peraturan Desa.


15. Jelaskan peran dan fungsi Rukun Tetangga (RT) dalam administrasi pemerintahan desa.

Jawaban:
RT memiliki peran dalam menjaga keharmonisan dan kerjasama antarwarga dalam suatu lingkungan atau kawasan desa tertentu. RT berfungsi sebagai unit administrasi terkecil yang melakukan pembinaan dan pelayanan kepada warga desa di tingkat RT.


16. Apa yang dimaksud dengan perencanaan partisipatif dalam administrasi pemerintahan desa?

Jawaban:
Perencanaan partisipatif adalah proses penyusunan perencanaan pembangunan desa yang melibatkan partisipasi aktif masyarakat desa. Dalam perencanaan ini, masyarakat desa terlibat dalam diskusi, pemilihan prioritas, dan pengambilan keputusan untuk menentukan program dan kegiatan pembangunan desa.


17. Jelaskan tahapan dalam proses pemilihan kepala desa.

Jawaban:
Proses pemilihan kepala desa meliputi beberapa tahapan, antara lain:
1. Penetapan jadwal dan tahapan pemilihan.
2. Pendaftaran calon kepala desa.
3. Verifikasi calon oleh panitia pemilihan.
4. Kampanye dan sosialisasi calon kepala desa.
5. Pemungutan suara oleh masyarakat desa.
6. Penghitungan suara dan penentuan pemenang.
7. Pengumuman hasil pemilihan kepala desa.