Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

18 Soal (Essay) Audit Manajemen Beserta Jawaban

Soal (Uraian) Materi Audit Manajemen

1. Siapa saja yang berkepentingan dengan laporan audit tersebut?

Jawaban:
Pihak yang berkepentingan thd laporan audit adalah pihak-pihak yang berkepentingan terhadap laporan keuangan suatu perusahaan, termasuk investor, kreditor, dan regulator yang membutuhkan informasi yang andal, agar masyarakat keuangan tersebut memiliki basis yang kuat untuk menyalurkan dana mereka ke usaha-usaha yang beroperasi secara efisien dan memiliki posisi keuangan yang sehat.


2. Ada beberapa metode penyajian laporan audit manajemen, sebutkan dan jelaskan!

Jawaban:
Metode penyajian laporan audit manajemen, yaitu:
a. Penyajian laporan keuangan mengikuti arus informasi. Dengan cara ini auditor menyajikan hasil auditnya dalam laporan berdasarkan informasi yang diperoleh sesuai dengan tahapan-tahapan audit yang dilakukan.
b. Penyajian laporan yang menitikberatkan pada kepentingan pengguna. Penyajian dengan cara ini menitikberatkan pada kepentingan para pengguna laporan hasil audit, yakni yang dapat menjawab pertanyaan pengguna laporan dengan cepat, biasanya berupa kesimpulan atas audit yang dilakukan auditor.


3. Bagaimana bentuk laporan audit manajemen dan apa bedanya dengan laporan audit keuangan?

Jawaban:
Beberapa karakteristik perbedaan audit manajemen dengan audit keuangan, yaitu:
a. Tujuan. Audit manajemen bertujuan menilai ekonomisasi, efisiensi, dan efektivitas operasional. Sedangkan audit keuangan bertujuan memberikan opini tentang kewajaran laporan keuangan.
b. Ruang Lingkup. Audit manajemen melakukan audit atas operasi atau fungsi, sedangkan audit keuangan atas dara atau catatan keuangan.
c. Standar Penilaian. Audit manajemen berdasarkan prinsip operasional manajemen, sedangkan audit keuangan berdasarkan prinsip akuntan yang berlaku umum.
d. Pengguna.Audit manajemen untuk membantu manajemen (intern), sedangkan audit keuangan berguna bagi pihak luar organisasi (ekstern).


4. Apa saja yang disajikan dalam laporan tersebut? sebutkan dan jelaskan!

Jawaban:
Yang disajikan dalam laporan audit manajemen, yaitu:
a. Informasi latar belakang berisi tentang perusahaan dan program yang akan diaudit.
b. Kesimpulan dan temuan audit berisi tentang temuan-temuan yang ditemukan dalam proses audit.
c. Rumusan rekomendasi berisi tentang saran perbaikan oleh auditor.
d. Ruang lingkup audit berisi tentang berbagai aspek dari program yang diaudit.


5. Bagaimana tanggung jawab auditor terhadap laporan yang diterbitkan?

Jawaban:
Tanggung jawab auditor thd laporan yang diterbitkan dapat dilihat dari rekomendasi atas temuan yang ada. Hal ini berarti bahwa auditor tidak hanya dapat menemukan kesalahan yang ada, tetapi juga harus memberikan solusi pemecahannya.


6. Apa fungsi rekomendasi yang diberikan auditor?

Jawaban:
Fungsi rekomendasi yang diberikan auditor ialah agar perusahaan terhindar dari kerugian yang dapat timbul.


7. Tuliskan persamaan antara management audit dan financial audit!

Jawaban:
Persamaan antara management audit dan financial audit!
a. Management auditor maupun financial auditor haruslah independen. Financial auditor haruslah independen dalam faktanya (in fact) maupun dalam tampilan (in appearance). Internal auditor dalam tampilannya mungkin dianggap kurang independen, karena orang dalam perusahaan, tapi dalam faktanya haruslah independen.
b. Management auditor dan financial auditor harus mengumpulkan bukti-bukti yang cukup dan kompeten untuk mendukung oininya.
c. Pelaksanaan audit harusdipimpin dan disupervisi oleh orang-orang yang mempunyai pengalaman yang cukup dibidang audit.
d. Management auditor maupun financial auditor harus mendokumentasikan prosedur audit yang dilakukan, bukti-bukti, dan temuan-temuan audit dalam kertas kerja pemeriksaan dengan rapi dan disusun secara sistematis.
e. Ada beberapa teknik dan prosedur audit yang sama-sama diguakan oleh Management auditor maupun financial auditor, misalnya penggunaan flow chart dan narrative memo


8. Apa fungsi laporan hasil audit manajemen?

Jawaban:
Fungsi laporan hasil audit manajemen:
a. sbg dasar untuk memberikan rekomendasi perbaikan kpd pihak manajemen.
b. sbg dasar untuk penyususunan program kerja audit di periode-periode mendatang.
c. sbg bahan untuk pertimbangan para auditor-auditor selanjutnya dalam mengevaluasi.


9. Siapa yang bertanggung jawab untuk mengimplementasikan rekomendasi tersebut?

Jawaban:
Yang bertanggung jawab untuk mengimplementasikan rekomendasi tersebut ialah pihak perusahaan itu sendiri. Karena jika rekomendasi tersebut tidak dijalankan, pihak yang akan berpengaruh terhadap dampak itu sendiri ialah perusahaan tersebut.