Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

92 Soal (Essay) Filsafat Administrasi Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Filsafat Administrasi 

1. Jelaskan peran evaluasi dalam administrasi menurut filsafat administrasi!

Jawaban: 
Evaluasi dalam administrasi melibatkan penilaian dan analisis terhadap kinerja organisasi, program, atau kebijakan untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan akuntabilitas.


2. Apa yang dimaksud dengan kebijakan publik dalam administrasi menurut filsafat administrasi?

Jawaban: 
Kebijakan publik dalam administrasi mengacu pada keputusan yang diambil oleh pemerintah atau lembaga publik untuk mengatur, mengarahkan, dan mempengaruhi tindakan dan interaksi dalam masyarakat. Filsafat administrasi membantu dalam merumuskan kebijakan publik yang adil, efektif, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.


3. Bagaimana filsafat administrasi dapat mempengaruhi pengelolaan konflik dalam organisasi?

Jawaban: 
Filsafat administrasi yang mendorong dialog, pemahaman, dan penyelesaian konflik yang adil dapat membantu dalam mengelola konflik dalam organisasi dengan cara yang konstruktif dan menghasilkan solusi yang memuaskan semua pihak.


4. Jelaskan konsep keadilan distributif dalam administrasi menurut filsafat administrasi!

Jawaban: 
Keadilan distributif dalam administrasi mengacu pada prinsip yang menyatakan bahwa sumber daya, manfaat, dan beban dalam organisasi harus didistribusikan secara adil dan merata kepada semua anggota berdasarkan kontribusi, kebutuhan, atau kinerja mereka. Filsafat administrasi mempromosikan keadilan distributif sebagai prinsip penting dalam pengelolaan sumber daya organisasi.


5. Apa yang dimaksud dengan kebijakan transformatif dalam administrasi menurut filsafat administrasi?

Jawaban: 
Kebijakan transformatif dalam administrasi mengacu pada kebijakan yang bertujuan untuk menciptakan perubahan sosial yang positif dalam masyarakat. Hal ini melibatkan penggunaan kebijakan dan praktik administrasi untuk mengatasi ketidakadilan struktural, mengurangi kesenjangan, dan meningkatkan kesejahteraan sosial.


6. Bagaimana filsafat administrasi dapat mempengaruhi pembentukan kebijakan publik?

Jawaban: 
Filsafat administrasi memberikan landasan nilai dan prinsip-prinsip yang digunakan dalam pembentukan kebijakan publik. Hal ini mempengaruhi proses pengambilan keputusan, pemilihan tujuan, dan pertimbangan etika dalam kebijakan publik.


7. Jelaskan konsep efektivitas dalam administrasi menurut filsafat administrasi!

Jawaban: 
Efektivitas dalam administrasi mengacu pada kemampuan untuk mencapai tujuan organisasi dengan cara yang efisien dan hasil yang optimal. Filsafat administrasi membantu mengidentifikasi strategi, proses, dan tindakan yang diperlukan untuk mencapai efektivitas administrasi.


8. Apa yang dimaksud dengan otonomi dalam administrasi menurut filsafat administrasi?

Jawaban: 
Otonomi dalam administrasi mengacu pada pemberian wewenang dan kebebasan kepada individu atau kelompok untuk mengambil keputusan dan bertindak secara independen sesuai dengan tanggung jawab mereka dalam mencapai tujuan organisasi.


9. Bagaimana filsafat administrasi dapat mempengaruhi pengelolaan konflik etis dalam organisasi?

Jawaban: 
Filsafat administrasi yang mendorong integritas, keadilan, dan dialog konstruktif dapat membantu dalam pengelolaan konflik etis dalam organisasi dengan menciptakan lingkungan yang mendukung diskusi terbuka, pemahaman bersama, dan penyelesaian yang adil.


10. Jelaskan konsep keadilan dalam administrasi!

Jawaban: 
Keadilan dalam administrasi melibatkan perlakuan yang adil terhadap semua pihak yang terlibat, tanpa diskriminasi, nepotisme, atau korupsi.


11. Bagaimana filsafat administrasi dapat mempengaruhi pengambilan keputusan?

Jawaban: 
Filsafat administrasi memberikan kerangka nilai dan prinsip yang digunakan dalam pengambilan keputusan. Hal ini membantu administrator dalam mempertimbangkan konsekuensi, efektivitas, dan konsistensi keputusan yang diambil.


12. Apa peran manusia dalam administrasi menurut filsafat administrasi?

Jawaban: 
Menurut filsafat administrasi, manusia merupakan elemen sentral dalam administrasi. Administrasi harus memahami kebutuhan, motivasi, dan partisipasi manusia dalam mencapai tujuan organisasi.


13. Jelaskan konsep efisiensi dalam administrasi menurut filsafat administrasi!

Jawaban: 
Efisiensi dalam administrasi mengacu pada penggunaan sumber daya yang optimal untuk mencapai tujuan organisasi dengan waktu, tenaga, dan biaya yang minimal.


14. Jelaskan konsep keberagaman dalam administrasi menurut filsafat administrasi!

Jawaban: 
Keberagaman dalam administrasi melibatkan pengakuan terhadap perbedaan dalam hal latar belakang, budaya, jenis kelamin, ras, agama, dan orientasi seksual. Filsafat administrasi mendorong inklusi dan memanfaatkan keberagaman sebagai sumber daya yang berharga.


15. Apa yang dimaksud dengan tanggung jawab sosial dalam administrasi menurut filsafat administrasi?

Jawaban: 
Tanggung jawab sosial dalam administrasi mengacu pada kewajiban organisasi untuk berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Hal ini melibatkan prinsip keadilan, keberlanjutan, dan kepedulian terhadap dampak sosial dari keputusan dan tindakan administrasi.


16. Bagaimana filsafat administrasi dapat mempengaruhi hubungan antara administrasi dan masyarakat?

Jawaban: 
Filsafat administrasi yang berfokus pada pelayanan publik, akuntabilitas, dan partisipasi dapat mempengaruhi hubungan antara administrasi dan masyarakat dengan menciptakan hubungan yang saling percaya, terbuka, dan kolaboratif.