Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Soal (Essay) Paragraf Beserta Jawaban

Soal (Uraian) Materi Paragraf

1. Terangkan mengenai paragraf campuran!

Jawaban:
Paragraf campuran merupakan jenis paragraf yang memiliki kalimat utama di awal dan akhir paragraf. Jenis paragraf ini dimulai dengan mengemukakan persoalan pokok diikuti kalimat-kalimat penjelas dan diakhiri dengan kalimat utama lagi sebagai penjelas.


2. Jelaskan tentang paragraf narasi !

Jawaban:
Paragraf narasi adalah jenis paragraf yang bertujuan menceritakan suatu kejadian atau peristiwa. Ciri-ciri dari paragraf narasi adalah ada kejadian, ada pelaku, dan ada waktu kejadian. Cerita dalam paragraf narasi dituliskan secara runtut dan urut.


3. Apa itu paragraf deskiripsi ?

Jawaban:
Paragraf deskiripsi adalah paragraf yang menggambarkan suatu objek dengan kata-kata yang mampu merangsang indra pembaca. Jenis paragraf ini bertujuan menggambarkan suatu objek sehingga pembaca seakan bisa melihat, mendengar, atau merasa objek yang digambarkan. Objek yang dideskripsikan dapat berupa orang, benda, atau tempat.


4. Tuliskan perihal paragraf eksposisi !

Jawaban:
Paragraf eksposisi adalah paragraf yang bertujuan untuk memaparkan, menjelaskan, menyampaikan informasi, mengajarkan, dan menerangkan suatu topik kepada pembaca. Tujuan dari paragraf ini adalah memberikan informasi sehingga memperluas pengetahuan pembaca.


5. Tuliskan ciri-ciri paragraf campuran!

Jawaban:
Ciri-Ciri Paragraf Campuran
Kalimat topik (ide pokok) pada awal kalimat diisi dengan pernyataan bersifat umum.
Pada bagian tengah diisi dengan kalimat-kalimat penjelas.
Pada bagian akhir diisi dengan pengulangan ide pokok untuk memperjelas informasi.
Umumnya kalimat akhir berisi sebuah kesimpulan.


6. Jelaskan apa yang dimaksud dengan paragraf induktif dan berilah contohnya!

Jawaban:
Paragraf induktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di akhir paragraf, mengemukakan pendapat yang bersifat umum ke khusus
contoh :
Ujian semester akhir mata kuliah pengembangan sistem informasi (PSI) telah usai, kini hasil ujian mahasiswa sistem informasi semester dua dibagikan. Dalam deretan daftar mahasiswa yaitu Heri, Cepi Cahyana, Ujang Suherman dan Dadan mendapatkan nilai yang cukup memuaskan yaitu mendapatkan nilai A.
Sedangkan untuk mahasiswa lain kebanyakan hanya mendapatkan nilai B dan hanya satu orang nilai C. Namun, dalam ujian mata kuliah PSI juga ada dua orang yang tidak mengikuti sehingga tidak mendapatkan nilai. Dari keseluruhan nilai mata kuliah pengembangan sistem informasi (PSI) dapat disimpulkan bahwa mahasiswa cukup bagus dalam mengerjakan soal terutama dalam menganalisis sebuah sistem.


7. Tuliskan fungsi paragraf!

Jawaban:
Paragraf mempunyai berbagai macam fungsi, diantara beberapa fungsi paragraf diantaranya adalah;
a. Paragraf dalam sebuah kalimat dapat menjadi pengantar sebuah ide-ide, isi kalimat dan kalimat penutup pada tulisan yang dibuat oleh penulis.
b. Mencurahkan suatu perasan dan pemikiran penulis dalam sebuah karya atau kalimat dalam bentuk tulisan yang dibuat secara logis dan dapat diterima oleh pembaca.
c. Paragraf dapat membantu pembaca untuk memahami segala sesuatu mengenai isi dan topik dalam sebuah tulisan
d. Memudahkan penulis untuk menyusun ide-ide tentang tulisan yang akan dibuatnya.
e. Dapat membantu penulis dalam mengembangkan gagasan-gagasan atau ide dari segala sesuatu yang berhubungan dengan topik yang ingin ditulis menjadi sebuah karya tulis.


8. Tuliskan jenis paragraf berdasarkan fungsi!

Jawaban:
a. Paragraf Pembuka
Dalam sebuah karangan (kecuali karangan ilmiah). Paragraf pembuka umumnya ditulis untuk memancing rasa keingintahuan pembaca terhadap isi artikel secara keseluruhan.
b. Paragraf Isi
Paragraf ini berisi bagian-bagian pokok dalam suatu karangan.
c. Paragraf Penutup
Paragraf ini biasanya berisi kesimpulan, saran, harapan, ringkasan dan penekanan kembali hal-hal penting yang terdapat dalam setiap karangan.
d. Paragraf Penghubung
Paragraf ini fungsinya adalah untuk mengubungkan antara paragraf satu ke paragraf lainnya atau karangan satu ke karangan lainnya.