Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Soal (Essay) Paragraf Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Paragraf

1. Terangkan mengenai paragraf campuran!

Jawaban:
Paragraf campuran merupakan jenis paragraf yang memiliki kalimat utama di awal dan akhir paragraf. Jenis paragraf ini dimulai dengan mengemukakan persoalan pokok diikuti kalimat-kalimat penjelas dan diakhiri dengan kalimat utama lagi sebagai penjelas.


2. Jelaskan tentang paragraf narasi !

Jawaban:
Paragraf narasi adalah jenis paragraf yang bertujuan menceritakan suatu kejadian atau peristiwa. Ciri-ciri dari paragraf narasi adalah ada kejadian, ada pelaku, dan ada waktu kejadian. Cerita dalam paragraf narasi dituliskan secara runtut dan urut.


3. Apa itu paragraf deskiripsi ?

Jawaban:
Paragraf deskiripsi adalah paragraf yang menggambarkan suatu objek dengan kata-kata yang mampu merangsang indra pembaca. Jenis paragraf ini bertujuan menggambarkan suatu objek sehingga pembaca seakan bisa melihat, mendengar, atau merasa objek yang digambarkan. Objek yang dideskripsikan dapat berupa orang, benda, atau tempat.


4. Tuliskan perihal paragraf eksposisi !

Jawaban:
Paragraf eksposisi adalah paragraf yang bertujuan untuk memaparkan, menjelaskan, menyampaikan informasi, mengajarkan, dan menerangkan suatu topik kepada pembaca. Tujuan dari paragraf ini adalah memberikan informasi sehingga memperluas pengetahuan pembaca.


5. Tuliskan ciri-ciri paragraf campuran!

Jawaban:
Ciri-Ciri Paragraf Campuran
Kalimat topik (ide pokok) pada awal kalimat diisi dengan pernyataan bersifat umum.
Pada bagian tengah diisi dengan kalimat-kalimat penjelas.
Pada bagian akhir diisi dengan pengulangan ide pokok untuk memperjelas informasi.
Umumnya kalimat akhir berisi sebuah kesimpulan.