Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Soal (Essay) Teks Anekdot Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Esai/Uraian) Materi Teks Anekdot

1. Jelaskan struktur teks anekdot tentang krisis !

2. Jelaskan struktur teks anekdot tentang reaksi!

3. Jelaskan struktur teks anekdot tentang koda!

4. Tuliskan ciri-ciri teks anekdot!

5. Tuliskan fungsi anekdot!

6. Jelaskan struktur teks anekdot tentang abstrak?

7. Jelaskan struktur teks anekdot tentang orientasi ?

8. Tuliskan kaidah kebahasan teks anekdot!

9. Tuliskan tujuan teks anekdot!

10. Berikan contoh teks anekdot struktur abstraksi!

11. Berikan contoh teks anekdot struktur reaksi!

12. Berikan contoh teks anekdot struktur koda!

13. Apa yang dimaksud dengan teks anekdot?

14. Berikan contoh teks anekdot struktur orientasi!

15. Berikan contoh teks anekdot struktur krisis!

Kunci Jawaban:

1. Krisis adalah bagian yang menjelaskan pokok masalah utama dengan warna unik juga tidak biasa.

2. Reaksi sangat berhubungan dengan struktur krisis. Reaksi merupakan bagian yang akan melengkapi berupa penyelasaian masalah menggunakan cara-cara yang juga unik dan berbeda.

3. Koda ini seperti halnya penutup, Koda menjadi bagian yang menutup cerita dalam teks tersebut.

4. Adapun ciri-ciri teks anekdot yaitu :
a. Mengandung unsur humor atau lucu.
b. Bersifat menggelitik, membuat pembaca merasa terhibur.
c. Menampilkan tokoh-tokoh yang dekat dengan kehidupan sehari-hari atau juga orang penting
d. Terselip kata kata yang mengkritik atau tujuan.
e. Cerita yang disampaikan hampir serupa dengan dongeng.
f. Biasanya menceritakan karakter hewan dan manusia sering terhubung secara umum dan terlihat nyata.

5. Fungsi anekdot sebagai cerita singkat dibagi menjadi dua, yaitu fungsi primer dan fungsi sekunder. Fungsi primer teks ini adalah sebagai sarana ekspresi ketidakpuasan, kemarahan, dan kejengkelan terhadap suatu hal yang secara umum sudah diketahui oleh masyarakat. Semantara itu, teks sekundernya sebagai hiburan dengan analogi atau contoh dalam menjelaskan sesuatu.

6. Abstrak ditaruh di awal paragraf dengan fungsi untuk menggambarkan mengenai teks tersebut secara umum agar pembaca bisa membayangkan.

7. Orientasi adalah awal kejadian pada cerita atau juga bagian yang menjelaskan latar belakang mengapa peristiwa utama dalam cerita bisa terjadi.

8. Kaidah kebahasan teks anekdot yakni sebagai berikut:
a. Menggunakan pertanyaan dengan keterampilan bahasa yang kreatif dan efektif atau retorik.
b. Penulisannya sesuai dengan struktur yang ada dalam teks anekdot yaitu diawali dengan bagian abstrak dan diakhir dengan bagian koda.
c. Menyatakan kejadian atau peristiwa dan bagian dari peristiwa menggunakan konjungsi.
d. Menggunakan kata keterangan waktu lampau.
e. Menggunakan kata predikat / kata kerja.
f. Menggunkan kalimat yang berbau perintah.
g. Dibuat secara berurut atau sesuai dengan kronologis.

9. Tujuan dari teks anekdot yakni sebagai berikut :
a. Menghibur para pembaca.
b. Membangkitkan tawa para pembaca atau menghibur.
c. Sarana mengkritik dan menyindir.
d. Menggambarkan karakter atau figur dengan singkat dan langsung pada intinya.

10. Suatu ketika aku dan temanku SMA sedang reuni di suatu tempat pameran.

11. Ningsih:”iya baik Din, emangg gua kelihatan sakit apa gimana?”
Aku :”Lo keliatannya lagi sakit, cobak liat badan lu, kecil banget, bandingin sama badan gua”
Ningsih:”Badanmu sakit Din? Kok kayak bengkak-bengkak gitu”
Aku :”ini bukan bengkak, emang aku gendut”

12. Aku dan Ningsih tertawa

13. Teks Anekdot adalah cerita singkat yang di dalamnya mengandung unsur lucu dan mempunyai maksud untuk melakukan kritikan. Teks anekdot biasanya bertopik tentang layanan publik, politik, lingkungan, dan sosial.

14. Temanku yang bernama Ningsih, ia terlambat ke pameran itu, karena terjebak hujan. Ketika itu hujan deras. Ningsih menyapa teman-teman dan termasuk aku.

15. Aku : “hei Ning, gimana kabarmu?”
Ningsih: “Alhamdullilah baik, kamu Din gimana?”
Aku : “baik Ning, Apa iya lu sehat Ning kok kaya sakit ya?”