Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

50 Pertanyaan Sosiolinguistik dan Jawaban

Soal Pilgan Materi Sosiolinguistik

18. Yang merupakan contoh kolokial....
A. Selamat jalan Bro.
B. Udah gue siapin tuh tempat lu.
C. Hati-hati, orang itu bawa beceng.
D. Saya siap untuk diuji besok Prof

Jawaban:
D. Saya siap untuk diuji besok Prof


19. Yang merupakan contoh argot.....
A. Gemuk benar barang yang kamu dapatkan
B. Saya tidak akan merokok lagi Dok
C. Di mana cimeng tadi disimpan?
D. Gue jalan dulu ya.

Jawaban:
A. Gemuk benar barang yang kamu dapatkan


20. Yang merupakan contoh jargon adalah....
A. Tadi aku ketemu kacamata di depan rumahmu.
B. Mobilmu sudah disporing ya?
C. Wah, baumu kayak taek.
D. Gadis itu malpinas.

Jawaban:
B. Mobilmu sudah disporing ya?


21. Menurut M.A.K. Halliday, melayani pengelolaan lingkungan yang menyebabkan peristiwa-peristiwa tertentu terjadi merupakan fungsi....
A. regulasi
B. interaksi
C. instrumental
D. representasi

Jawaban:
C. instrumental


22. Fungsi bahasa yang cenderung mengacu pada peranan khusus bahasa yang bersangkutan dalam kehidupan bermasyarakat merupakan fungsi....
A. kemasyarakatan
B. kebudayaan
C. perorangan
D. pendidikan

Jawaban:
A. kemasyarakatan


23. Pernyataan bilingualisme bukanlah fenomena sistem bahasa melainkan pertuturan atau praktik penggunaan bahasa secara bergantian merupakan hakikat bilingualisme menurut....
A. Mackey
B. Dell Hymes
C. M.A.K. Halliday
D. Roman Jacobson

Jawaban:
A. Mackey


24. Ibu Tini adalah seorang guru di salah satu SMA di Jakarta. Walaupun Ia sudah lama menetap di Jakarta , Ia selalu berdoa dalam bahasa Jawa. Begitu pula Jika Ia menghitung. Hal tersebut disebabkan....
A. bahasa ibu penuturnya sama
B. bahasa pertama penuturnya sama
C. bahasa kedua penuturnya tidak sama
D. tingkat penguasaan bahasanya tidak sama

Jawaban:
D. tingkat penguasaan bahasanya tidak sama


25. Yang merupakan contoh penggunaan variasi bahasa rendah adalah....
A. siaran berita
B. editorial surat kabar
C. pembicaraan di depan umum
D. pembicaraan antaranggota keluarga

Jawaban:
D. pembicaraan antaranggota keluarga


26. Sebagai seorang anak dari keluarga Jawa yang tinggal di Jakarta, Wini belajar bahasa Jawa dan bahasa Indonesia secara bersamaan. Pada saat mengajak berkomunikasi, ayah, ibu, dan nenek Wini selalu menggunakan bahasa Jawa dan bahasa Iindonesia secara bergantian. Dari ilustrasi tersebut terlihat tipe hubungan....
A. disglosia dan bilingualisme
B. biligualisme tanpa diglosia
C. diglosia tanpa bilingualisme
D. tanpa bilingualisme dan tanpa diglosia

Jawaban:
A. disglosia dan bilingualisme


27. Yang merupakan contoh alih kode intrabahasa adalah....
A. Orang tua: Lu mau pergi kemana?
Anak : Gue mau kondangan
B. Orang tua: Itu rumah Siapa?
Anak : Eta mah imahna nenek (itu rumah nenek)
C. Orang tua : Aku menyang sawah disik. (saya pergi ke sawah dulu)
Anak : Bapak bade tindak sawah ruminyin? (bapak mau pergi ke sawah dulu?)
D. Orang tua : Saya hendak membeli rumah itu.
Anak : Berapa harganya Pak?

Jawaban:
C. Orang tua : Aku menyang sawah disik. (saya pergi ke sawah dulu)
Anak : Bapak bade tindak sawah ruminyin? (bapak mau pergi ke sawah dulu?)


28. Yang merupakan contoh alih kode antarbahasa adalah....
A. Evi : Lu emangnye mau ke mane?
Ita : Aku hendak ke rumah pamanku di desa.
B. Susan: Di mana Dik, kamu meletakkan tas kakak tadi?
Sisi : Di atas meja belajar kakak.
C. Evan : Wis tak kandani kok yo kelalen terus. (sudah saya beri tahu kok lupa terus)
Tri : Nuwun sewu Pak, kula kesupen. (maaf Pak, saya lupa)
D. Lisa : Gue pergi dulu ye.
Tuti : Iya deh, lu pegi sana.

Jawaban:
A. Evi : Lu emangnye mau ke mane?
Ita : Aku hendak ke rumah pamanku di desa.


29. Pada saat mengantarkan Kusnadi pulang, sebagai temannya, Rini mengantarkan ke halaman dan berkata: See you tomorrow. Hati-hati di jalan, jangan lupa memberi kabar kalau sudah sampai. Dari situasi tersebut, penyebab terjadinya alih kode disebabkan oleh faktor....
A. sosial
B. individu
C. kontak bahasa
D. kemampuan berbahasa

Jawaban:
B. individu


30. Berbeda dengan alih kode yang berupa peralihan ragam yang dipilih dalam suatu bahasa dalam suatu peristiwa komunikasi, sedangkan campur kode ....
A. terdapatnya serpihan-serpihan suatu bahasa yang digunakan oleh seorang penutur
B. adanya partisipan yang perlu diperhatikan kepentingannya
C. masuknya unsur serapan ke dalam bahasa lain
D. peralihan kode yang terjadi dalam satu bahasa

Jawaban:
A. terdapatnya serpihan-serpihan suatu bahasa yang digunakan oleh seorang penutur


31. Contoh berikut yang menunjukkan terjadinya peristiwa campur kode adalah....
A. Pada saat pemilihan umum banyak opsi yang dapat dipilih
B. No way. Aku tak mau lagi berurusan dengannya
C. Rumahnya kakak baru saja terjual
D. Kayaknya aku sudah kenal dia

Jawaban:
D. Kayaknya aku sudah kenal dia


32. Fenomena masuknya unsur suatu bahasa pada bahasa yang lain adalah pengertian....
A. campur kode
B. interferensi
C. alih kode
D. slang

Jawaban:
B. interferensi


33. Contoh berikut yang mengandung gejala inferensi performansi adalah....
A. Setelah berpikir agak lama kakak dapat memilih opsi yang diinginkannya.
B. Usaha besar harus dikembangkan
C. Rumahnya kakakku besar sekali
D. Sepedanya kesenggol bus

Jawaban:
C. Rumahnya kakakku besar sekali


34. Tiruan atau abstraksi dari suatu realita yang bertujuan untuk menyederhanakan dan memerikan sistem dalam dan memahami sistem atau realita tersebut adalah pengertian dari....
A. register
B. variasi
C. model
D. kode

Jawaban:
C. model