Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

42 Pertanyaan Tentang Puisi dan Jawaban

Soal (Essay) Materi Puisi

15. Tuliskan pengertian puisi lama!

Jawaban:
Puisi lama adalah puisi yang dihasilkan sebelum abad ke-20. Jenis ini terbagi kedalam beberapa jenis pula, diantaranya adalah pantun, talibun, pantun berkait (seloka), pantun kilat (karmina), gurindam, syair, mantra sll.


16. Jelaskan tentang pantun !

Jawaban:
Pantun adalah puisi yang terdiri dari empat larik dengan rima akhir ab-ab. Pantun dapat dibedakan berdasarkan jenisnya, seperti pantun lucu, pantun anak, dan sebagainya.


17. Uraikan tentang mantra !

Jawaban:
Mantra yaitu ucapan-ucapan yang dipercaya dapat mendatangkan kekuatan magic. Biasanya dipakai dalam acara tertentu, contohnya mantra yang dirapal untuk menolak turunnya hujan atau sebaliknya.


18. Terangkan tentang karmina !

Jawaban:
Karmina yaitu salah satu prosa dimana bentuknya lebih pendek dari pantun. Saking pendeknya, biasa juga disebut dengan pantun kilat.


19. Apa itu seloka !

Jawaban:
Seloka yaitu pantun berkait berasal dari Melayu klasik yang berisi pepatah.


20. Tuliskan pengertian gurindam !

Jawaban:
Gurindam yaitu puisi yang terdiri dari dua bait, yang mana tiap baitnya terdiri dari dua baris kalimat dengan rima yang sama. Biasanya terkandung nasihat dan amanat.


21. Uraikan tentang syair !

Jawaban:
Syair adalah puisi yang tersusun atas empat baris dengan bunyi akhiran yang serupa. Syair biasanya menceritakan sebuah kisah dan di dalamnya terkandung amanat yang ingin disampaikan penyairnya.


22. Terangkan tentang talibun !

Jawaban:
Talibun yaitu pantun yang lebih dari empat baris dan memiliki rima abc-abc.


23. Jelaskan tentang puisi baru!

Jawaban:
Puisi baru adalah puisi yang lebih bebas daripada puisi lama, baik dalam jumlah baris, suku kata, maupun rima.


24. Apa itu balada !

Jawaban:
Balada adalah sajak sederhana yang mengisahkan tentang cerita rakyat yang mengharukan. Terkadang disajikan dalam bentuk dialog, atau dinyanyikan.


25. Tuliskan pengertian himne (Gita Puja)!

Jawaban:
Himne adalah sejenis nyanyian pujaan yang ditujukan untuk Tuhan, atau Dewa, atau sesuatu yang dianggap penting dan sakral.


26. Uraikan tentang ode !

Jawaban:
Ode adalah puisi lirik berisikan sanjungan kepada orang yang berjasa dengan nada agung dan tema serius. Umumnya ode ditujukan untuk orang tua, pahlawan dan orang-orang besar.


27. Terangkan tentang epigram !

Jawaban:
Epigram yaitu puisi yang berisi tentang ajaran dan tuntunan hidup. Epigram berarti unsur pengajaran, nasihat, membawa ke arah kebenaran untuk dijadikan pedoman hidup.


28. Jelaskan tentang romansa !

Jawaban:
Romansa yaitu puisi cerita yang berisi luapan perasaan cinta kasih. Puisi romansa menimbulkan efek romantisme.