Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

45 Quiz Materi Sejarah Sastra Lengkap Jawaban

Soal (Esai) Materi Sejarah Sastra

31. Jelaskan apa yang menjadi garapan bidang studi sejarah sastra!

Jawaban:
Garapan bidang studi sejarah sastra adalah periodisasi dan angkatan kesusastraan, apa konsep dan visinya, siapa saja pengarangnya, seperti apa ciri-ciri kepengarangannya, peristiwa apa saja yang terjadi, dan yang paling penting sejarah terbentuknya.


32. Peristiwa apa yang dianggap penting dalam sejarah sastra ?

Jawaban:
Peristiwa yang dianggap penting tersebut adalah suatu perkembangan kesusastraan yang terjadi pada periode-periode sejarah sastra yang menimbulkan perbedaan dengan angkatan sebelumnya.


33. Terangkan bahwa sejarah sosial politik serimg mempengaruhi perbandingan sastra.sebutkan contohnya?

Jawaban:
Sejarah sosial politik terjadi pada periode tertentu dan karya sastra pun juga muncul pada periode tertentu pula. Misalnya periode 45, pada periode ini banyak terjadi tentang proses meraih kemerdekaan dan pada masa ini pun banyak karya sastra yang berisikan tentang perjuangan. Seperti Chairil Anwar dengan puisi semangat kemerdekaannya.


34. Ambil salah satu periodesasi sejarah sastra Indonesia (dari sumber mana saja ). Bagaimana pendapat anda tentang periodesasi tersebut ?

Jawaban:
Periodesasi 50-an
Periode ini menurut saya terdiri dari penyair-penyair yang mengangkat daerahnya sebagai ide dan gagasan dalam membuat karya sastra ,jauh bebeda dari peridesasi sebelumnya. Serta angkatan ini mempunyai konsep budaya yang berbeda yang merupakan ciri khasnya.


35. Terangkan dengan ringkas mengapa sastra melayu riau tidak tepat dikatakan sebagai sastra daerah ?

Jawaban:
Sastra melayu Riau tidak dapat dikatakan sastra daerah karena sastra yang tertua adalah sastra Riau sejak abad ke-19. Dan diperkuat oleh Raja Ali Haji dengan Gurindam XIInya yang sangat tua. Dan para pengarang / penyair banyak berasal dari Riau.


36. Jelaskan apa yang dimaksud riau school atau Mazhab puisi riau, atau aliran riau itu ?

Jawaban:
Riau school atau mazhab riau atau aliran riau adalah pelukisan dengan sangat menukik terhadap satu objek narasi yang berlebihan atau extremity.


37. Terangkan sastra melayu merupakan akar kebudayaan nasional ?

Jawaban:
Karena karya sastra pertama kali dari melayu (Raja Ali Haji ). Dimana pada daerah melayu banyak cendikiawan yang menghasilkan karya sastranya .Semenjak itu berkembanglah sastra di melayu mulai dari Gurindam. Cerita Pendek yang kemudian menyebar ke daerah-daerah lain


38. Sebutkan beberapa orang yang mempunyai kredo atau konsep kepengarangan di Indonesia?

Jawaban:
Di Indonesia ada dua orang yang memilki kredo sajak, dan keduanya berasal dari Riau, Yaitu Raja Ali Haji,(…-1873) kelahiran penyengat Inderasakti dan Sutardji Calzoum Bachri kelahiran Rengat (1941-…).


39. Terangkan Peranan penerbit balai pustaka pada pertumbuhan sastra Indonesia !

Jawaban:
Kesusastraan itu sendiri tidak bisa dilepas dari Balai Pustaka, Balai Pustaka merupakan penerbit pertama yang menerbitkan karya-karya sastra yang ditulis oleh pengarang Indonesia. Dimana Balai Pustaka itu sendiri merupakan kantor bacaan rakyat. Sehingga sangat berpengaruh dalam menyiarkan karya sastra tersebut.


40. Mengapa para pengarang pada periode ini kebanyakan berasal dari Sumatra ?

Jawaban:
Karena daerah Sumbar dan melayu khususnya banyak memiliki cendikiawan yang menyadari bahwa sasrea merupakan ilmu tertua dari melayu tersebut. Untuk itulah mereka menulis karya sastra untuk menuangkan pikiran mereka.


41. Mengapa novel Salah Asuhan sering dianggap sebagai novel yang paling berhasil pada periode ini ?

Jawaban:
Karena tema yang diangkat oleh novel ini bukan lagi kawin paksa melainkan masalah rasial dan diskriminasi sosial dalam pertemuan budaya timur dengan budaya barat. Persoalan martabat yang khususnya terjadi di lingkungan para pemuda yang telah mendapatkan pendidikan barat, keunggulan novel ini bukan semata –mata dalam hal tema , melainkan juga karena kecakapan penulisnya dalam mengolah cerita, selain itu masalah yang diceritakan dalam novel ini benar-bemar terjadi pada masa itu di dalam kehidupan masyarakatnya.


42. Terangkan perubahan pandangan Sanusi Pane tentang sajak (puisi) seperti dikemukakan dalam sajak-sajaknya ?

Jawaban:
Sanusi Pane mengubah pendapatnya tentang pengertian atau hakikat sajak, Sanusi bercerita latar belakang budaya yang pernah ia jawab yang menimbulkan kedamaian/ ketentraman.


43. Terangkan peranan konres pemuda terhadap kesusastraan !

Jawaban:
Konres pemuda menghasilkan sumpah pemuda yang meresmikan bahasa malayu sebagai bahasa Negara. Dan sebagian sastrawan beranggapan lahirnya sumpah pemuda maka lahir pula kesusastraan, padahal sastra sudah ada sebelumnya. Dan ikrar sumpah pemuda justru tidak dibatengi dengan perkembangan sastra yang cukup.


44. Terangkan berbagai perkembangan yang terjadi pada periode ini bila dibandingkan dengan periode sebelumnya !

Jawaban:
Perkembangannya adalah adanya majalah Pujangga Baru, meningkatnya kumpulan sajak, munculnya cerita pendek, dan pengarang sudah ada yang dari luar Sumatra.


45. Mengapa novel Belenggu sering dianggap novel yang paling berhasil pada peride ini ?

Jawaban:
Karena kisah yang diceritakan dalam novel ini memang benar-benar terjadi dalam masyarakat pada saat itu, sehingga masyarakat banyak yang tertarik pada novel itu dan kisahnya mencerminkan kehidupan sosial di masyarakat tersebut. Dan sangat jalas sekali bahwa tema yang diangkat Armin Pane berbeda dari novel-novel sebelumnya.