Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal (Essay) Noun Phrase Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Esai/Uraian) Materi Noun Phrase

1. Uraikan pola kalimat noun phrase imbuhan noun + noun!

2. Jelaskan pola kalimat noun phrase imbuhan noun + of + noun!

3. Tuliskan pola kalimat noun phrase imbuhan determiner + adverb + adjective + noun!

4. Uraikan pola kalimat noun phrase imbuhan V-ing + Noun (as Participle)!

5. Jelaskan pola kalimat noun phrase imbuhan V3 + Noun (as Participle)!

6. Tuliskan contoh kalimat noun phrases dan jelaskan!

Jawaban:

1. Contoh noun phrase untuk kategori noun+noun, antara lain newspaper, school bag, pizza box, dan air conditioner. Dalam contoh-contoh ini, kamu bisa perhatikan bahwa walaupun ada dua kata benda, namun yang dimaksud hanyalah satu benda saja. Misalnya dalam kata pizza box, benda yang dimaksudkan adalah kotak pizza-nya. Oleh karena itu, benda yang dimaksud dalam noun phrase dari pizza box adalah box-nya itu sendiri.

2. Bagaimana contoh kata dengan pola ini? Kamu bisa lihat dengan kata-kata seperti declaration of independence, city of angels, age of empire, dan book of secrets. Kata ‘of’ dalam rangkaian kata-kata tersebut digunakan untuk menunjukkan arti dari pada kata benda yang disebut pertama kali. Misalnya pada kata declaration of independence yang memiliki arti naskah kemerdekaan. Kemerdekaan hanya berfungsi sebagai penjelasan dari naskah yang dibicarakan.

3. Contoh kata dari pola noun phrase ini adalah extremely dangerous sport, a totally gorgeous boy, a really nice car, dan lain sebagainya. Pada pola ini adanya tambahan adverb atau adjective sebelum sebuah kata benda untuk menerangkan benda tersebut secara lebih jelas. Misalnya dalam frasa extremely dangerous sport, ada kata sifat dangerous yang menjelaskan jenis olahraga yang sedang dibicarakan. Dengan tambahan kata sifat extremely akan membuat noun yang dijelaskan semakin jelas.

4. Selain noun yang bisa berfungsi sebagai gerund, noun juga bisa berfungsi sebagai participle atau keterangan penjelas yang menggunakan relative pronoun. Contohnya adalah talking bird, walking dead, atau smoking man. Noun sebagai participle dalam kalimat ini biasanya merupakan penjelas yang berbentuk apa dan siapa. Seperti dalam kalimat talking bird kita bisa merincikannya sebagai a bird that talks. Untuk menjadikannya sebuah objek yang utuh, kamu bisa menggantikan kegiatannya dengan V-ing sebagai kegiatan dan noun sebagai penjelas objek yang melakukannya.

5. Selain v-ing, ada juga verb ketiga yang bisa digunakan dalam pembentukan noun phrase. Contoh kata dari pola kalimat ini adalah hidden treasure, forbidden city, cooked meals, frozen dairy. Penggunaan V3 memiliki fungsi untuk sebagai bentuk participle atau keterangan penjelas yang menggunakan relative pronoun seperti who, which, that, whom dalam adjective clause bentuk kalimat pasif. Misalnya dalam kata hidden treasure, kita memecah kata tersebut menjadi a treasure that was hidden. Nah, untuk membuatnya lebih singkat dan membentuk subjek yang utuh, kita bisa menyingkatnya menjadi a hidden treasure.

6. Kalimat noun phrases:
1. The spotted puppy is up for adoption. Spotted puppy merupakan bentuk dari pola V3+ noun (as participle).
2. The bohemian house was brightly decorated for the holidays. Bohemian house merupakan bentuk noun + noun, menjelaskan rumah yang didekorasi untuk liburan.
3. At the zoo, I saw a striped zebra. Striped merupakan bentuk ketiga atau V3. Maka dari itu, bentuk kalimat ini merupakan v3 + noun (as participle).
4. I want a cute puppy for Christmas. Adjective + noun juga bisa diaplikasikan dalam pola kalimat noun phrase. Dalam kalimat ini kita bisa melihat adanya tambahan kata sifat sebelum kata benda untuk memperjelas apa yang dimaksud. Cute ditambahkan untuk memperjelas objek utama, yaitu puppy.