7 Soal (Essay) Past Perfect Tense Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Essay) Materi Past Perfect Tense

1. Tuliskan contoh cara penggunaan past perfect tense dalam kalimat yang menyatakan suatu peristiwa serta kejadian yang telah sempurna dilakukan pada masa lalu!

Jawaban:
Contoh kalimat:
I had gone to Italy with my friend. (Aku telah pergi ke Italia bersama dengan teman saya)


2. Tuliskan contoh cara penggunaan past perfect tense dalam kalimat yang menyatakan mengenai suatu peristiwa serta kejadian yang telah terjadi sebelum ketika bertemu pada masa lampau!

Jawaban:
Contoh kalimat:
I had done my English essay before nine. (Aku telah mengerjakan soal Bahasa Inggrisku sebelum jam sembilan, ungkapan tersebut dikatakan pada jam 12)


3. Tuliskan contoh cara penggunaan past perfect tense dalam kalimat yang menyatakan suatu peristiwa atau kejadian dan juga perbuatan yang telah selesai sebelum perbuatan lain terjadi!

Jawaban:
Contoh kalimat:
The little girl had fallen before I help. (Gadis itu telah terjatuh lebih dahulu sebelum aku berhasil menolongnya)


4. Tuliskan contoh cara penggunaan past perfect tense dalam kalimat yang menyatakan suatu peristiwa atau kejadian dan juga perbuatan yang menyatakan sebuah berita yang tidak diketahui langsung ataupun mengetahuinya dari orang lain!

Jawaban:
Contoh kalimat:
She said that her father had sent a package. (Dia berkata bahwa ayahnya telah mengirimkan sebuah paket)


5. Tuliskan contoh cara penggunaan past perfect tense dalam kalimat yang digunakan ketika waktu dari suatu peristiwa dan bahkan perbuatan lampau!

Jawaban:
Contoh kalimat:
The train had come before I left. (Kereta api tersebut telah datang sebelum aku berangkat)


6. Tuliskan contoh cara penggunaan past perfect tense dalam kalimat yang dilakukan untuk menjawab sebuah pertanyaan agar menjadi lebih mudah!

Jawaban:
Contoh kalimat:
Why did James go to Palembang? Because James had never been there before. (Kenapa James pergi ke Palembang? Karena James tidak pernah pergi ke Palembang sebelumnya.
If you had remembered to invite Toni, he would have attended your party. (Jika anda ingat mengundang Toni, dia akan hadir di pestamu)
Rina would have been the same level with me if me she had studied harder. (Rina akan merasa pada level yang sama dengan saya jika dia belajar lebih keras lagi)


7. What does past perfect tense mean?

Jawaban:
The past perfect refers to a time earlier than before now. It is used to make it clear that one event happened before another in the past. It does not matter which event is mentioned first - the tense makes it clear which one happened first.