Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

31 Pertanyaan Tentang Ekosistem dan Jawaban

Soal (Essay) Materi Ekosistem


12. Jelaskan yang dimaksud dengan kars (batu gamping /gua) ?

Jawaban:
Kars (Batu Gamping /Gua) adalah sebuah bentuk permukaan bumi yang terbentuk, karena terjadinya pelarutan pada batuan dan biasanya disebut sebagai gua.


13. Prediksikan apa yang akan terjadi jika produsen dalam suatu ekosistem punah? Jelaskan alasanmu!

Jawaban:
Yang akan terjadi jika produsen dalam suatu ekosistem punah yaitu ketidak seimbangan rantai makanan, apabila rantai makanan tidak seimbang maka ekosistem tersebut juga menjadi tidak seimbang dan berakibat pada hilangnya komponen-komponen ekosistem tersebut.


14. Jelaskan yang dimaksud dengan ekosistem perairan (akuatik)!

Jawaban:
Ekosistem perairan adalah suatu ekositem yang dimana seluruh faktor lingkungannya berupa air sebagai habitat berbagai macam organisme air. Dengan kata lain ekosistem air ini merupakan lingkungan yang didominasi oleh air sebagai habitat komponen biotik dan abiotik.


15. Jelaskan yang dimaksud dengan perairan air tawar ?

Jawaban:
Perairan air tawar adalah ekosistem perairan yang memiliki kandungan kadar garamnya sangat rendah. Contohnya danau, sungai dan rawa.


16. Jelaskan yang dimaksud dengan perairan air laut ?

Jawaban:
Perairan air laut adalah ekosistem perairan pada air laut yang memiliki kandungan kadar garamnya tinggi. yaitu terdiri dari perairan laut dalam, pasir pantai perairan laut dangkal/bitarol, dan perairan pasang surut.


17. Apa yang dimaksud dengan simbiosis? Jelaskan macam-macamnya!

Jawaban:
Simbiosis adalah interaksi antar organisme yang terjadi dalam suatu ekosistem. Simbiosis terbagi menjadi 3 macam, yaitu:
a. Simbiosis parasitisme, yaitu hubungan antara organisme yang berbeda jenis, dimana salah satu organisme diuntungkan dan organisme yang lain dirugikan.
b. Simbiosis komensalisme, yaitu hubungan antara organisme yang berbeda jenis, dimana salah satu organisme diuntungkan dan organisme yang lain tidak dirugikan dan tidak diuntungkan.
c. Simbiosis mutualisme, yaitu hubungan antara organisme yang berbeda jenis dan saling menguntungkan.


18. Jelaskan yang dimaksud dengan ekosistem daratan (terestrial) ?

Jawaban:
Ekosistem daratan adalah suatu ekosistem yang dimana makhluk hidup berinteraksi dengan lingkungannya berupa suatu wilayah daratan. Ekosistem daratan ini meliputi wilayah yang sangat luas dan biasa disebut sebagai bioma. Pada ekosistem daratan (bioma) ini dipengaruhi oleh hal tertentu, yaitu berupa sebuah iklim (kondisi cuaca berdasarkan waktu). Iklim ini juga sangat dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu letak geografis (meliputi ketinggian suatu tempat terhadap permukaan air laut) dan letak astronomis (meliputi garis lintang atau garis bujur).


19. Berdasarkan jenis makanannya, uraikan macam-macam hewan dan berikan contohnya!

Jawaban:
Berdasarkan jenis makanannya, hewan dibagi menjadi tiga macam, yaitu herbivora, karnivora, dan omnivora.
a. Herbivora adalah hewan pemakan tumbuhan, contohnya sapi, kambing, kerbau, rusa, dan kelinci.
b. Karnivora adalah hewan pemakan daging, contohnya harimau, singa, burung elang, burung hantu, dan hiu.
c. Omnivora adalah hewan pemakan segala(tumbuhan dan daging), contohnya ayam, bebek, kera, dan itik.


20. Jelaskan yang dimaksud dengan hutan hujan tropis?

Jawaban:
Hutan hujan tropis adalah Suatu bioma berupa hutan yang selalu basah dan lembab. Hutan hujan tropis ini banyak ditemukan pada suatu wilayah yang berada disekitaran garis khatulistiwa, yaitu kurang lebih pada lintang 0°–10° ke utara & ke selatan garis khatulistiwa.


21. Jelaskan yang dimaksud dengan padang rumput ?

Jawaban:
Padang rumput adalah suatu dataran tinggi yang dimana seluruh wilayahnya berupa rumput-rumput pendek dan tidak mempunyai sebuah pohon besar disekitaran wilayahnya.