Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

26 Pertanyaan Tentang Evolusi dan Jawaban

Soal (Essay) Materi Evolusi

10. Apakah yang dimaksud dengan homologi dan analogi organ?

Jawaban:
a. Homologi adalah struktur organ-organ tubuh dengan bentuk dasar yang sama, tetapi memiliki fungsi yang berbeda.
b. Analogi adalah organ-organ tubuh dengan bentuk dasar yang berbeda, tetapi memiliki fungsi yang sama.


11. Apa yang dimaksud divergensi dan konvergensi?

Jawaban:
a. Divergensi adalah evolusi dari satu spesies menghasilkan beberapa spesies baru dan menjadi spesies baru lagi atau punah.
b. Konvergensi adalah peistiwa terjadinya spesies baru karena ditempatkan pada lingkungan yang sama sehingga dapat beradaptasi walaupun mempunyai asal usul dan tempat yang berbeda.


12. Apa yang menyebabkan runtuhnya teori evolusi yang dikemukakan oleh Darwin?

Jawaban:
Hal itu disebabkan karena teori evolusi yang dikemukakan Darwin pada kenyataannya tidak mampu menjelaskan asal usul makhluk hidup


13. Apa yang dimaksud teori intelligent design?

Jawaban:
Teori intelligent design adalah salah satu teori creationism yang menyatakan bahwa semua makhluk hidup beserta alam semesta diciptakan oleh Tuhan.


14. Tuliskan fakta-fakta yang mendukung teori creationism!

Jawaban:
Palaentologi, penemuan model struktur DNA oleh Watson dan Crick (1953), dan hukum pewarisan sifat yang dikemukakan Mendel (1822-1884)


15. Tuliskan berbagai faktor penyebab terjadinya evolusi!

Jawaban:
Perkawinan tak acak, migrasi, hanyutan genetik, seleksi alam, mutasi, rekombinasi dan seleksi.


16. Tuliskan kelemahan teori evolusi Darwin menurut August Weismann!

Jawaban:
Kelemahan teori evolusi Darwin menurut August Weismann yakni :
Weismann berpendapat bahwa sifat leher panjang dan leher pendek pada jerapah dikendalikan oleh gen. Gen untuk leher panjang bersifat dominan, sedangkan gen untuk leher pendek bersifat resesif. Oleh karena itu, jerapah berleher panjang merupakan keturunan yang bersifat homozigot dominan atau heterozigot. Sebaliknya, jerapah berleher pendek merupakan keturunan yang bersifat homozigot resesif. Jerapah berleher pendek yang homozigot resesit tidak mampu beradaptasi dengan lingkungannya sehingga akhirnya punah. Weismann berpendapat bahwa evolusi berkaitan dengan gejala seleksi alam terhadap faktor-faktor genetik.


17. Bagaimana teori Darwin dan Lamarck menjelaskan fenomena jerapah berleher panjang?

Jawaban:
a. Menurut teori Darwin, panjangnya leher jerapah merupakan salah satu contoh seleksi alam. Jerapah memiliki leher yang bervariasi, ada yang panjang dan ada yang pendek. Jerapah berleher panjang mampu meraih daun-daun yang ada di pucuk pohon sebagai makanannnya, sedangkan jerapah berleher pendek tidak. Akibatnya, jerapah berleher pendek tidak mampu bertahan hidup dan jumlahnya terus berkurang sehingga yang tersisa adalah jerapah berleher panjang.

b. Menurut teori Lamarck, dahulu semua jerapah berleher pendek. Namun, akibat tertarik selama bertahun-tahun untuk meraih daun-daun di pucuk pohon, leher jerapah menjadi panjang. Selanjutnya, leher panjang itu diwariskan kepada keturunannya.


18. Tuliskan akibat dari terjadinya seleksi alam!

Jawaban:
Akibat terjadinya seleksi alam:
a. Organisme yang dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya yang baru akan dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya
b. Organisme yang tidak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya yang baru akan mati atau pindah ke daerah lain yang tidak mengalami perubahan lingkungan.