Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

30 Pertanyaan Tentang Jamur dan Jawaban

Soal (Essay) Materi Jamur

11. Tuliskan yang dimaksud dengan jamur!

Jawaban:
Jamur adalah makhluk hdup yang telah bersifat eukariotik yang pada umumnya multiseluler, bereproduksi dengan membentuk spora. Tubuh jamur terbentuk dari hifa yang kemudian menjadi miselium, miselium ini terkadang membentuk buah.


12. Tuliskan fungsi hifa dan miselium!

Jawaban:
Fungsi hifa untuk reproduksi, sedangkan miselium berfungsi untuk penyerapan makanan.


13. Sebagai makhluk heterotrof, jamur dapat bersifat parasit obligat, jelaskan maksudnya!

Jawaban:
Parasit obligat merupakan sifat jamur yang hanya dapat hidup pada inangnya sedangkan di luar inangnya tidak dapat hidup misalnya, pneumonia carinii (khamir yang menginfeksi paru-paru penderita AIDS).


14. Tuliskan ciri-ciri umur jamur!

Jawaban:
Struktur tubuh multiseluler bersifat saprofit parasit hifa bersekat dan tidak bersekat, reproduksi negatif dengan sporangiospora, generatif dengan penemuan hifa+ dan hifa-


15. Tuliskan klasifikasi jamur beserta contohnya!

Jawaban:
a. Zygomicota: Rhizopus oryzae, Rhizopus stolonife, Mucor.
b. Ascomycota: Saccharomyces cerevisiae, Panicillium chrysogenum, Claviceps.
c. Basidiomycota: puciniagraminis, ustilago.


16. Jelaskan fungsi mikoriza pada fungi!

Jawaban:
Mampu meningkatkan kapasitas penyerapan dari akar tanaman.


17. Tulis dan jelaskan Penicillium yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk antibiotik!

Jawaban:
Penicilium merupakan kelompok jamur atau fungi yang memiliki banyak, salah satunya dibidang kesehatan yaitu produk hasil sintesis pencilium, atau lebih populer dengan nama penesilin dijadikan antibiotik pertama didunia oleh seorang ilmuwan asal inggris Alexander Fleming. penisilin sendiri menghasilkan efek bakterisid (membunuh kuman) pada mikroba yang sedang aktif membelah, mikroba dalam keadaan matabolik tidak aktif atau tidak membelah praktis tidak dipengaruhi oleh penisilin, kalaupun ada pengaruhnya hanya bakteriostatik (menghambat perkemabangan) oleh karena itu, sangat penting untuk menghabiskan antibiotika yang diresepkan oleh dokter.


18. Jelaskan peranan Jamur dalam ekosistem!

Jawaban:
Peranan jamur yaitu sebagai dekomposer yaitu mengurai sisa-sisa organisme yang telah mati sehingga dapat dimanfaatkan oleh organisme lain. Hal ini sangat penting dalam berkelanjutan ekosistem dibumi. karena yang menjadi kunci berkelangsungan ekisistem adalah adanya keseimbangan antara produksi biomasa oleh organisme fotosintetik dan perombakan-perombakan atau daur ulang nutrien yang dikandungnya. Dalam proses daur ulang senyawa organik jamur memiliki peran yang menonjol disemua ekosistem utama.


19. Mengapa jamur merupakan eukariotik?

Jawaban:
Karena jamur telah memenuhi ciri ciri sel eukariotik yaitu:
Nukleoplasma dan sitoplasma terpisah, mempunyai organel seperti mitokondria golgi, retikulum endoplasma, ribosom dan kloroplas pada tumbuhan DNA seperti pita ganda dan tersusun double heliks dan juga memiliki membran inti


20. Bagaimana Jamur saprofitik memperoleh makanan?

Jawaban:
Jamur saprofitik memproleh makanan dengan zat organik yg mati , menyerap makan dengan organisme yang telah mati seperti kayu tumbang dan buah jatuh.