Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Pertanyaan Tentang Parasitologi dan Jawaban

Soal (Essay) Materi Parasitologi 

9. Jelaskan apa yang dimaksud dengan parasit intraseluler !
Parasit yang tinggal sementara atau menetap pada lapisan terluar dari sel inang (membran sel inang)


10. Apa yang dimaksud dengan parasit ektraseluler ?

Jawaban:
Parasit yang tinggal sementara atau menetap di luar sel inang atau juga di dalam cairan tubuh ataupun di dalam suatu matriks yang merupakan bahan penyusun jaringan dan organ inang, mempunyai ukuran tubuh berkisar dari ukuran mikroskopis sampai makroskopis.


11. Jelaskan tentang hubungan majemuk suatu parasit !

Jawaban:
Hubungan majemuk ini menyebabkan suatu parasit disebut sebagai parasit obligat, parasit temporer, parasit fakultatif, dan parasit adaptif.


12. Apa yang dimaksud dengan parasit obligat ?

Jawaban:
Parasit obligat adalah organisme yang seluruh atau sebagian besar daur hidupnya bersifat parasitis.


13. Apa yang dimaksud dengan parasit temporer ?

Jawaban:
Parasit temporer merupakan organisme yang parasitis untuk periode waktu tertentu, baik pada periode waktu makan atau reproduksi.


14. Tuliskan contoh nama-nama spesies parasit !

Jawaban:
Contoh nama-nama spesies parasit !
a. Filaria conjunctiva
"Filaria" berasal dari kata "filum" dari bahasa latin, yang berarti benang. "Conjunctiva" berasal dari bahasa latin, yang berarti membran yang berbatasan dengan kelopak mata dan menutup bagian depan bola mata. Jadi, menunjukkan bahwa Filaria conjunctiva adalah: cacing yang berbentuk benang dan berlokasi pada conjunctiva.

b. Fasciola hepatica
"Fasciola" berarti sabuk, berasal dari bahasa latin. "Hepatica" berasal dari kata "hepaticos" dari bahasa Greek yang berarti hati. Jadi, Fasciola hepatica berarti cacing yang berbentuk seperti sabuk dan terdapat di dalam hati.

c. Cysticercus bovis
"Cysticercus" berasal dari kata cystis, yang berarti kantung, "cercos" berarti ekor, dari bahasa Greek. "Bovis" dari kata bovinus yang berarti sapi, dari bahasa latin. Jadi, Cysticercus bovis adalah organisme hidup yang berbentuk gelembung berekor dan terdapat dalam daging sapi.


15. Jelaskan tentang superparasitisme !

Jawaban:
Superparasitisme, yaitu parasit yang berparasit pada parasit lain. Contoh: Cotylurus flabelliformis adalah cacing daun bentuk primitif yang berparasit Parasit Inang Kematian parasit dalam usus halus itik