Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

30 Quiz Materi Jamur Lengkap Jawaban

Soal (Esai) Materi Jamur

21. Tulis dan jelaskan empat divisi jamur berdasarkan cara reproduksi dan struktur tubuhnya!

Jawaban:
1. Zygomycota, memiliki hifa yang tidak bersekat sehingga memilki banyak inti. Zygomycota menghasilkan spora seksual zigospora dan spora aseksual sporangiospora.
2. Ascomycota, memiliki hifa yang bersekat. Ascomycota menghasilkan spora s3ksual askospora yang dihasilkan oleh askus yang terbentuk dalam tubuh buah yang disebut askokarp, sedangkan spora as3ksual konodia.
3. Basidiomycota, memiliki hifa yang bersekat. Basidiomycota menghasilkan spora s3ksual basidiospora yang tebentuk dalam tubuh buah yang disebut basidiokarp, sedangkan spora aseksual konidia.
4. Deuteromycota, memiliki hufa yang bersekat. Deuteromycota menghasilkan spora as3ksual konodia, sedangkan spora s3ksual belum diketahui. Apabila dapat diidentifikasi spora seksualnya, maka fungi dalam kelompok ini akan diklasifikasikan kembali.


22. Bagaimana jamur golongan Basidiomycota Bereproduksi?

Jawaban:
Ada 2 cara reproduksi nya.
1. Reproduksi aseksual – konidia dan fragmentasi
2. Reproduksi seksual – dgn cara membentuk spora basidium.


23. Bagaimanakah jamur yang dimasukkan ke dalam kelompok Deuteromycota?

Jawaban:
Jamur yang belum diketahui cara pembiakan secara generatif.
Contohnya :
a. Trichophyton
b. Microsporum
c. Epidermophyton


24. Tuliskan ciri-ciri jamur Zygomycota!

Jawaban:
Struktur tubuh uniseluler, multiseluler, cara makan saprofit dan parasite, hifa bersekat dan tidak bersekat, reproduksi vegetative dengan sporangiospora. Reproduksi genetatif dengan zygospora.


25. Tuliskan manfaat jamur putih!

Jawaban:
Khasiat jamur putih terbukti mampu membantu menurunkan berat badan dengan merangsang sistem metabolism bekerja lebih cepat untuk membakar lemak. Jamur ini juga tinggi selenium yang memiliki efek positif memerangi kanker prostal.


26. Jelaskan tentang:
a. Stolon?
b. Sporangium?
c. Sporangiofor?
d. Misellium?

Jawaban:
a. stalon: hifa yang menghubungkan dua sporangium
b. sporangium: tempat penghasil spora
c. sporangiofer: hifa pendukung sporangium
d. miselium: kumpulan hifa


27. Jelaskan struktur tubuh jamur!

Jawaban:
Struktur tubuh jamur:
a. badan buah merupakan struktur reproduki jamur yang bersifat sementara.
b. hifa adalah struktur menyerupai benang yang tersusun dari dinding berbentuk pipa.
c. sel penghasil spora merupakan bagian spora yang akan membentuk spora pada jamur.
d. miselium merupakan jaringan yang terbentuk oleh hifa.


28. Tuliskan 4 macam jamur dan peranannya!

Jawaban:
a. neurospora crasa: bermanfaat dalam pembuatan oncom
b. penecillium notatum: penghasil anti biotik
c. penecillium camemberti: meningkatkan kualitas keju
d. valvariela valvacea: jamur merang


29. Jelaskan klasifikasi jamur!

Jawaban:
Klasifikasi jamur:
a. Zygomicotina, bersifat heterotroph saprofit, tidak bersepta. Spora seksual dengan zygospora, dan spora aseksual dengan sporangiospora.
Contohnya: Rhizopus
b. Ascomicotina, bersifat heterotroph saprofit, hifa yang memiliki bersekat, ada yang uniseluler dan multiseluler serta dapat berkembang biak secara seksual dan aseksual. Spora seksual dengan askospora, dan spora aseksual dengan konidiospora. Contohnya, Saccharomyces.
c. Basidiomicota, bersifat heterotrof saprofit dan multiseluler, bersepta spora seksual dengan basidiospora, dan umumnya tidak memiliki spora aseksual. Contohnya: Auricularia.
d. Deuteromicotina adalah jamur yang berkembang biak dengan konidia dan belum diketahui tahap seksualnya. Tidak ditemukan askus maupun basidium sehingga tidak termasuk dalam kelas jamur. Ascomycota atau basidiumycota oleh karena itu jamur ini merupakan jamur yang tidak sempurna (jamur imperfeksi).


30. Jelaskan cara reproduksi jamur!  

Jawaban:
Cara reproduksi jamur:
a. Perkembangan secara aseksual dilakukan dengan pembelahan sel (fragmentasi) dan pertukaran spora. Pembentukan spora berfungsi untuk menyebarkan spesies dalam jumlah besar.
b. Perkembangan secara seksual dilakukan dengan peleburan dua sel yaitu inti melalui kotak gametalium dan konjungsi. Kontak gametangium menyebabkan terjadinya singami, yaitu penyatuan sel dari dua individu. Singami terjadi dalam tiga tahap, yaitu plasmogami, kariogami, dan meiosis, pada tahap plasmogami, terjadi penyatuan dua protoplasma membentuk sel yang mengandung dua inti yang tidak menyatukan diri selama pembelahan sel (stadium dikariot) pada saat bersamaan, terjadi pula pembelahan inti bersama. setelah pembentukan benda buah terjadilah peleburan sel haploid (kariogami) inti zigot yang diploid. Setelah ini, baru terjadi meiosis, yaitu pembelahan sel dan pengurangan jumlah kromosom menjadi haploid kembali.
c. Tubuh jamur biasanya mengandung inti sel yang haploid. Pembelahan mitosis dari sel jamur yang haploid. Membentuk spora aseksual. Jika mencapai tempat yang menguntungkan. Spora aseksual akan memulai pembelahan mitosis.pembelahan ini menghasilkan miselium haploid baru yang secara genetis sama dengan induknya.
d. Adapun pembentukan spora seksual dimulai ketika dua inti haploid melakukan fusi dan melakukan pembelahan miosis dan membentuk spora seksual yang haploid. Spora kemudian menyebar, berkecambah dan membelah secara meiosis membentuk miselium haploid yang baru.