Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

31 Quiz Materi Morfologi Tumbuhan Beserta Jawaban

Soal (Esai) Materi Morfologi Tumbuhan

22. Mengapa buah mempunyai daging buah yang rasanya manis ?

Jawaban:
Dalam daging buah tersimpan cadangan makanan yang banyak mengandung karbohidrat, mineral dan glukosa. Suatu daging buah terasa manis karena didalam daging buah terdapat kandungan glukosa.


23. Faktor yang mempengaruhi tumbuhan menghasilkan biji!

Jawaban:
1). Bagi tumbuhan biji (spermatophyta), biji merupakan alat perkembangbiakan yang utama.
2). Biji mengandung calon tumbuhan baru (lembaga)
3). Dengan menghasilkan biji, tumbuhan dapat mempertahankan jenisnya dan dapat pula terpencar ke tempat lain.
4). Pada biji tertentu megalami fase dormansi sebelum tumbuh
5). Fase dormansi adalah suatu keadaan biji yang mengalami tidur (latent) atau tidak tumbuh sebelum syarat-syaratnya terpenuhi.Adapun syarat-syarat tumbuhnya biji adalah adanya air, udara, cahaya, panas serta waktu yang diperlukan biji untuk istirahat.


24. Factor yang mempengaruhi biji dapat berkecambah!

Jawaban:
1). Factor gen
Apabila gen pada induk biji tidak tumbuh maka keturunannya pun tidak tumbuh, atau dapat tumbuh tetapi memerlukan waktu yang cukup lama
2). Factor biji
Apabila biji dalam keadaan tidak baik, seperti terkelupas, dimakan semut atau ulat maka biji tidak akan tumbuh. Selain itu biji harus dalam keadaan baik serta tua, jika masih muda maka biji akan kisut serta busuk.
3). Air
Air sangat diperlukan untuk menghentikan masa dormansi pada biji, jika airnya berlebihan maka biji juga akan busuk, sehingga diperlukan air sesuai dengan karakteristik biji.
4). Suhu
Setiap tumbuhan mempunyai suhu minimum, optimum dan maksimum, sehingga jika biji berada pada suhu diatas maksimum maka tidak dapat tumbuh.
Cahaya Setiap tumbuhan membutuhkan cahaya untuk menguraikan hormone auksin (hormone pertumbuhan)
5). Kelembaban
Kondisi lembab menyebabkan banyak air yang diserap tumbuhan dan lebih sedikit yang diuapkan.Kondisi ini mendukung aktivitas pemanjangan sel


25. Jelaskan apa yang dimaskud dengan daun majemuk menyirip genap tidak sempurna!

Jawaban:
Daun yang dalam satu tangkai terdapat lebih dari satu helaian daun, dengan susunan daun yang menyirip dan berpasang-pasangan dikanan dan dikiri ibu tangkai dengan helaia daun yang langsung duduk pada ibu tangkai.


26. Tuliskan lapisan kulit yang terdapat pada melinjo!

Jawaban:
Ada tiga lapisan, yakni apisan kulit luar (sarcotesta) kulit tengah (sclerotesta), dan kulit dalam (endotesta).


27. Apa yang dimaksud dengan bunga majemuk tak tertbatas?

Jawaban:
Bunga majemuk yang ibu tangkainya dapat tumbu terus, dengan cabang-cabang yang dapat bercabang lagi atau tidak.


28. Jelaskan metamorphosis batang dan akar?

Jawaban:
Metamorphosis akar yaitu berbuku-buku dan tidak beruas-ruas tidak bersisik arah tumbuhnya tidak terbatas. Metamorphosis batang yaitu berbuku-buku dan beruas-ruas arah tumbuhnya keatas.


29. Berikan contoh dari metamorphosis akar, batang, daun?

Jawaban:
Contoh metamorphosis akar : singkong(manihot utilisima), contoh metamorphosis batang: kentang (solanum tuberosum),contoh metamorphosis daun : bawang merah (allium ascolanicum).


30. Tuliskan ciri dari daun campuran dan tidak sempurna?

Jawaban:
Daun campuran adalah suatu daun majemuk ganda yang mempunyai cabang-cabang ibu tangkai memancar seperti jari dan terdapat pada ujung ibu tangkai daunnya menyirip. Daun tidak sempurna adalah jika anak daun duduk langsung pada ibu tangkai


31. Tuliskan perbedaan penyerbukan dan pembuahan!

Jawaban:
1). Penyerbukan merupakan proses jatuhnya serbuk sari pada kepala putik (untuk golongan tumbuhan berbiji tertutup), atau jatuhnya serbuk sari langsung pada bakal biji (untuk tumbuhan berbiji telanjang).
2). Pembuahan merupakan proses terjadinya perkawinan (persatuan atau peleburan menjadi satu) sel telur yang terdapat dalam kandungan lembaga didalam bakal biji dengan suatu inti yang berasal dari serbuk sari.