Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

31 Pertanyaan Tentang Analisis Data Demografi dan Jawaban

Soal (Essay) Materi Analisis Data Demografi 

12. Apa yang dimaksud dengan segmentasi psikografis?

Jawaban:
Segmentasi Psikografis menurut Kotler dan Keller adalah ilmu untuk menggunakan psikologi dan demografi guna lebih memahami konsumen. Orang-orang dalam kelompok demografi yang sama biasanya memiliki profil psikografis yang sangat berbeda.


13. Apa yang dimaksud dengan fertilitas?

Jawaban:
Fertilitas merupakan hasil reproduksi nyata dari seorang atau sekelompok wanita, sedangkan dalam pengertian demografi menyatakan banyaknya bayi yang lahir hidup.


14. Apa yang dimaksud dengan mortalitas?

Jawaban:
Mortalitas adalah ukuran jumlah kematian (umumnya, atau karena akibat yang spesifik) pada suatu populasi, skala besar suatu populasi, per dikali satuan. ... Mortalitas berbeda dengan morbiditas yang merujuk pada jumlah individual yang memiliki penyakit selama periode waktu tertentu.


15. Apa perbedaan demografi dan kependudukan?

Jawaban:
Analisis demografi merupakan analisis statistik terhadap jumlah, distribusi, dan komposisi penduduk, serta komponen-komponen variasinya dan perubahan. ... Studi kependudukan mempersoalkan hubungan antara variabel demografi dan variabel dari sistem lain.


16. Apa manfaat dari analisis demografi?

Jawaban:
Mempelajari kuantitas dan distribusi penduduk dalam suatu daerah tertentu. Menjelaskan pertumbuhan penduduk pada masa lampau, kecenderungannya, dan persebarannya dengan sebaik-baiknya dan dengan data yang tersedia.


17. Apa yang dimaksud dengan analisis demografi?

Jawaban:
Analisis Demografi adalah analisis penduduk dari rahim hingga liang kubur (from the womb to the tomb) karena meliputi analisis penduduk pada seluruh siklus kehidupan manusia sejak dari kandungan sampai meninggal.


18. Apa itu perubahan demografi?

Jawaban:
Demografi meliputi ukuran, struktur, dan distribusi penduduk, serta bagaimana jumlah penduduk berubah setiap waktu akibat kelahiran, kematian, migrasi, serta penuaan.


19. Apa itu demografi dan contohnya?

Jawaban:
Faktor demografi adalah salah satu dari sekian banyak faktor eksternal dari lingkungan pemasaran. contohnya jumlah penduduk dan angka pertumbuhan penduduk di kota, bauran umur populasi, etnis dan pasar lain, kelompok pendidikan, pola rumah tangga, pergeseran geografis dan populasi


20. Apa itu demografi dan apa saja ruang lingkupnya?

Jawaban:
Jadi, demografi adalah tulisan-tulisan atau karangan-karangan mengenai rakyat atau penduduk. ... Menurut Phillip M. Hauser dan Dudley Duncan, demografi adalah ilmu yang mempelajari tentang jumlah, persebaran teritorial dan komposisi penduduk serta perubahan-perubahan dan sebab-sebab perubahan tersebut.


21. Apa yang dimaksud dengan bonus demografi?

Jawaban:
Bonus demografi adalah besarnya penduduk usia produktif antara 15 tahun hingga 64 tahun dalam suatu negara. ... "Bonus demografi yang dimiliki Indonesia saat ini akan berakhir tahun 2036 nanti.