Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

50 Pertanyaan Tentang Ekonomi Perkotaan dan Transportasi + Jawaban

Soal (Essay) Materi Ekonomi Perkotaan dan Transportasi


18. Apa saja contoh alat transportasi masa modern?

Jawaban:
Alat transportasi modern juga banyak digunakan di Indonesia dan negara lainnya, seperti mobil, motor, pesawat, kereta, kapal, bus, dan lain-lain


19. Mengapa desa dan kota memiliki keterkaitan?

Jawaban:
Hubungan kota dan desa merupakan suatu bentuk interaksi yang terjadi karena adanya aktivitas yang mengaitkan keduanya, salah satunya yaitu pariwisata. Hal ini terjadi karena adanya tiga faktor penyebab berjalannya aktivitas tersebut, yaitu faktor rekreasi, bisnis dan hiburan.


20. Mengapa transportasi sangat penting peranannya dalam menunjang perkembangan suatu wilayah?

Jawaban:
Transportasi merupakan salah satu aspek penting karena menunjang pertumbuhan suatu wilayah dikarenakan : 1. Memudahkan masyarakat dari luar untuk mengakses daerah tersebut. ... Memudahkan akses informasi ke daerah terseb


21. Alat transportasi darat apa saja?

Jawaban:
Alat transportasi darat:
a. Sepeda
b. Delman
c. Sepeda motor
d. Becak
e. Bajaj
f. Mobil
g. Bus
h. Truk


22. Mengapa jasa angkutan sangat diperlukan?

Jawaban:
Karena dengan alat angkut inilah manusia semakin mudah berpindah tempat atau bahkan memindahkan barang ke lokasi tertentu. ... Transportasi juga berperan sebagai memperlancar perpindahan manusia dan barang


23. Mengapa transportasi dianggap sebagai dasar pembangunan industri?

Jawaban:
Karena peranan transportasi sangat penting dalam pembangunan sebuah sektor industri. Dimana transportasi sangat dibutuhkan untuk mengangkut bahan material yang diperlukan dalam proses pembangunan. Dimana tentu proses pembangunan industri tidak akan selalu berada disamping toko material


24. Apa Dampak interaksi desa kota Dalam kehidupan sehari hari bagi desa?

Jawaban:
Dampak interaksi antara desa dan kota dalam kehidupan di desa adalah tingkat pengetahuan penduduk desa meningkat, peningkatan penghasilan desa menjadi meningkat, adanya perubahan gaya hidup, perekonomian desa menjadi meningkat, serta peningkatan hubungan kota dan desa, bisa dalam hal transportasi maupun telekomunikasi.


25. Apa dampak positif pembangunan infrastruktur transportasi?

Jawaban:
Pembangunan infrastruktur transportasi juga memberikan dampak positif bagi masyarakat seperti membuka kesempatan ekonomi, membuka pintu gerbang dari dan ke daerah lain, membuka lapangan pekerjaan, mengurangi jarak tempuh dan waktu perjalanan, serta memudahkan pergerakan manusia dan muatan barang


26. Bagaimanakah hubungan perkembangan transportasi dengan kegiatan distribusi?

Jawaban:
Transportasi akan memudahkan dalam proses distribusi, atau kegiatan menyalurkan suatu barang. Hal ini karena waktu yang dibutuhkan jauh lebih singkat jika ditempuh menggunakan alat transportasi.


27. Apa dampak negatif perkembangan transportasi?

Jawaban:
Selain itu, modernisasi transportasi juga meningkatkan interaksi lingkungan alam dan sosial. Akan tetapi, modernisasi transportasi juga menimbulkan dampak negatif, seperti: polusi udara dan suara, pencemaran lingkungan, dan perilaku konsumtif masyarakat.


28. Apa Penyebab Munculnya ekonomi perkotaan?

Jawaban:
Ilmu ekonomi perkotaan ini pada awalnya muncul disebabkan tingkat kemacetan yang terjadi secara luar biasa di Amerika, oleh karena itu, di negara inilah ekonomi perkotaan mulai berkembang (Nining I Soesilo, Ekonomi Kota dan Perkotaan).


29. Apa fungsi transportasi dalam pembangunan?

Jawaban:
Fungsi sektor transportasi sangat penting dalam pembangunan, yaitu (1) sebagai penunjang terhadap peningkatan kegiatan pada sektor-sektor lain, dan (2) sebagai pendorong untuk membuka keterisolasian daerah-daerah.


30. Mengapa usaha jasa lebih berkembang di perkotaan ketimbang desa?

Jawaban:
Pekonomian di kota lebih maju karena dikota perkembanganya sangat pesat selain itu kemajuan teknologi mendorong para pengusaha untuk membangun usahanya. kalo di dese masih menggunaka alat tradisional dan kalo mau membuka usha harus membutuh modal dan tempat dan juga didesa sangat sederhana atau tradisional.


31. Mengapa transportasi laut mampu memperkecil perbedaan harga barang barang di berbagai pulau di Indonesia dibandingkan dengan angkutan darat dan udara?

Jawaban:
Karena transportasi laut dapat mengangkut barang yang banyak sekaligus, dan biaya operasionalnya juga terjangkau..


32. Mengapa transportasi pelayaran sangatpenting untuk wilayah Indonesia?

Jawaban:
Karena indonesia merupakan negara kepulauan dan transportasi air merupakan sarana yang menghubungkan banyak tempat


33. Mengapa terjadi masalah permukiman yang padat di daerah perkotaan?

Jawaban:
Peningkatan permukiman kumuh lebih banyak disebabkan adanya urbanisasi yang terus menerus terjadi. Urbanisasi yang tidak terkontrol ini mengakibatkan kurangnya lokasi hunian di perkotaan. Sehingga untuk keberlanjutan hidup para urban (penduduk kota) tinggal di daerah-daerah yang tidak layak huni.


34. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari penggunaan transportasi menggunakan jalur laut?

Jawaban:
Getek. kelebihan : murah, mudah dibuat, tidak menggunakan bahan bakar. kekurangan : jumlah penumpang terbatas.
Kapal Laut. kelebihan : dapat memuat banyak orang. kekurangan : harga tiket mahal.
Perahu. kelebihan : tidak perlu bahan bakar. kekurangan : mengandalkan angin sehingga terkadang membuat sulit.