Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

88 Pertanyaan Tentang Pasar Modal Beserta Jawaban

Soal (Essay) Materi Pasar Modal


31. Faktor apa saja yang mempengaruhi harga saham?

Jawaban:
Harga saham dapat ditentukan menggunakan analisis fundamental dan analisis teknikal. Faktor yang menentukan nilai harga saham dalam analisa yaitu laba per lembar saham, rasio laba terhadap harga per lembar saham, rasio tingkat penggunaan utang, dan penilaian pasar atas kinerja perusahaan.


32. Kenapa harga saham bisa berubah setiap hari?

Jawaban:
Kuat lemahnya kurs rupiah terhadap mata uang asing sering kali menjadi penyebab naik turunnya harga saham di bursa. ... Konsekuensi dari fluktuasi kurs tersebut bisa berdampak positif ataupun negatif bagi perusahaan-perusahaan tertentu, khususnya yang memiliki beban utang mata uang asing.


33. Jika pasar saham turun apa yang harus dilakukan?

Jawaban:
Tips Atasi Saham Turun:
1. Tenang dan Lihat Perkembangan Investasi.
2. Jangan langsung dicairkan. ...
3. Kaji Anggaran Keuangan Kembali. ...
4. Ingat Tujuan Jangka Panjang Investasi Saham. ...
5. Anggap Sedang Menabung. ...
6. Saham Turun Manfaarkan Beli Saham Fundamental.


34. Apa saja investasi jangka pendek?

Jawaban:
Investasi jangka pendek:
1. Deposito.
2. Reksa Dana.
3. Peer to Peer (P2P) Lending.


35. Apa yang kalian pahami dengan mengelola risiko investasi?

Jawaban:
Manajemen risiko atau mengelola risiko investasi adalah usaha-usaha yang dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan timbulnya risiko yang menyebabkan kerugian. Kita tentunya tidak mau rugi dong kalau berinvestasi. Risiko memang tidak dapat dihindari, namun bukan berarti tidak bisa diantisipasi


36. Apa itu risiko default?

Jawaban:
Investor yang membeli obligasi korporasi harus menyadari bahwa investasinya bisa tidak kembali jika sebelum obligasi jatuh tempo, korporasi itu bangkrut. Risiko korporasi bangkrut sehingga obligasi dan bunganya menjadi gagal dibayar inilah yang dimaksud dengan risiko default.


37. Apa itu risiko inflasi?

Jawaban:
Risiko inflasi atau risiko daya beli, adalah peluang bahwa arus kas dari investasi tidak akan bernilai sebanyak di masa depan karena perubahan daya beli yang tergerus inflasi. Risiko ini memiliki potensi yang merugikan daya beli masyarakat dikarenakan adanya kenaikan rata-rata dari harga konsumsi.


38. Apa yang dimaksud dengan risiko harga?

Jawaban:
Risiko Harga adalah price risk yaitu risiko yang timbul sebagai akibat ketidakpastian dalam perubahan harga suatu aset, misalnya pendapatan yang kurang menguntungkan dan sekuritas yang memiliki pendapatan tetap akibat perubahan tingkat suku bunga.


39. Bagaimana investor dapat bertransaksi di pasar sekunder?

Jawaban:
Adapun mekanisme transaksi jual- beli saham dalam pasar sekunder adalah sebagai berikut: 1. Investor menghubungi Perusahaan Efek baik untuk beli atau jual saham. 2. Order beli atau jual saham yang disampaikan investor, diteruskan petugas di Perusahaan Efek (dealer) ke pialang yang ada di lantai bursa.


40. Apa keuntungan bagi suatu perusahaan yang ikut serta dalam kegiatan pasar modal?

Jawaban:
Secara umum, manfaat dari keberadaan pasar modal adalah : Menyediakan sumber pembiayaan (jangka panjang) bagi dunia usaha sekaligus memungkinkan alokasi dana secara optimal. Memberikan wahana investasi yang beragam bagi investor sehingga memungkinkan untuk melakukan diversifikas


41. Deskripsikan apa hubungannya pasar modal dan investasi?

Jawaban:
Pasar modal merupakan sarana pendanaan bagi perusahaan maupun institusi lain (misalnya pemerintah), dan sebagai sarana bagi kegiatan berinvestasi. Dengan demikian, pasar modal memfasilitasi berbagai sarana dan prasarana kegiatan jual beli dan kegiatan terkait lainnya.


42. Bagaimana peran OJK dalam pasar modal?

Jawaban:
Sebagai penyusun adanya peraturan serta pelaksanaan. Menjalan tiap tiap protocol dari manajemen krisis pasar modal. Sebagai penetap ketentuan akuntansi. ... Sebagai pengawas serta Pembina terhadap pihak – pihak yang berelasi dengan OJK


43. Apa yang dimaksud dengan Self Regulatory Organization?

Jawaban:
Self Regulatory Organization (SRO) adalah suatu organisasi yang melaksanakan kewenangan penerapan aturan (regulator) di industri pasar modal. ... Fungsi bursa lainnya adalah menjaga kelangsungan pasar (market liquidity) dan menciptakan harga efek yang wajar.


44. Siapa saja pemain utama dalam pasar modal?

Jawaban:
10 Para Pelaku Pasar Modal dan Tugasnya
1. Pengawas Pasar Modal
2. Penyelenggara Pasar Modal
3. Perusahaan Emiten
4. Investor/Pemilik Modal
5. Penjamin Emisi
6. Pialang
7. Manajer Investasi
8. Penasihat Investasi
9. Lembaga Penunjang Pasar Modal
10. Profesi Penunjang Pasar Modal


45. Tuliskan Tugas umum badan pengawas pasar modal!

Jawaban:
Tugas umum badan pengawas pasar modal di Indonesia meliputi:
1. Penyusunan peraturan dalam pasar modal
2. Menerapkan peraturan di bidang pasar modal
3. Pihak yang berwenang memberikan izin suatu lembaga atau instrumen serta perusahaan emiten di pasar modal.
4. Menyelesaikan ajuan keberatan oleh Pihak dikenakan sanksi oleh Bursa Efek, LKP dan LPP
5. Membuat kebijakan akuntansi di bidang pasar modal
6. Menjamin keamanan berjalannya aktivitas pasar modal.


46. Jelaskan tentang Penyelenggara Pasar Modal!

Jawaban:
Penyelenggara pasar modal merupakan lembaga yang menyediakan aktivitas pasar modal dengan membuat dan mengaturnya dalam sebuah regulasi. Di Indonesia, penyelenggara pasar modal yaitu menteri keuangan. Oleh sebab itu, menteri keuangan memiliki posisi tertinggi dalam struktur anggota pasar modal di Indonesia.


47. Jelaskan tentang Perusahaan Emiten!

Jawaban:
Pelaku pasar modal di Indonesia tak kalah penting yaitu perusahaan emiten. Lembaga ini sebagai pemilik saham dan surat berharga untuk diperjualbelikan dalam bursa efek. Perusahaan publik yang telah memenuhi syarat dapat bergabung dalam pasar modal untuk menjual sebagian surat efek atas perusahaan tersebut. Emiten membuka efek atau surat berharga kepada masyarakat umum dalam rangka mendapatkan suntikan modal untuk mengembangkan dan meluaskan ekspansi bisnisnya. Sehingga keuntungan perusahaan mampu meningkat.


48. Jelaskan tentang Investor/Pemilik Modal!

Jawaban:
Investor atau pemilik modal merupakan para pelaku pasar modal yang utama sebab mereka aktif beraktivitas di bursa efek. Seorang investor akan menginvestasikan sejumlah uangnya pada instrumen investasi di pasar modal untuk memperoleh laba atau profit nantinya. Mereka akan melakukan kegiatan jual beli efek atau surat berharga demi meraih keuntungan.


49. Jelaskan tentang Penjamin Emisi!

Jawaban:
Penjamin emisi adalah pihak yang bertugas dalam melakukan kontrak perjanjian bersama perusahaan emiten dalam rangka melakukan penawaran atau membeli sisa efek tidak terjual. Dalam hal ini, penjamin emisi berfungsi dalam menjamin keberlangsungan kegiatan emiten di bursa efek.


50. Jelaskan tentang Pialang!

Jawaban:
Pialang atau broker merupakan pihak yang bertugas dalam menghubungkan antara penjual dan pembeli saham di pasar modal. Berbagai macam pialang tersedia, tidak hanya dari individu saja. Perusahaan juga bisa menjadi pihak pialang. Namun perlu diperhatikan bahwa seorang pialang harus melalui ujian kelulusan WPPE (Wakil Perantara Pedagang Efek) dan dibuktikan dengan sertifikasi CFA (Certified Financial Analyst).


51. Apa saja prinsip prinsip dasar pasar modal syariah?

Jawaban:
1. Prinsip Pasar Modal Syariah
2.Investasi Halal dan Sesuai Syariah. ...
3. Menggunakan Uang sebagai Alat Pertukaran Nilai. ...
3. Risiko Kerugian Cenderung Rendah. ...
4. Transaksi Menggunakan Akad. ...
5. Mekanisme yang Jelas.


52. Jelaskan tentang Manajer Investasi!

Jawaban:
Tidak hanya berperan dalam reksadana saja, manajer investasi juga termasuk sebagai pelaku pasar modal. Tugas manajer investasi adalah mengelola dana dari masyarakat dalam berbagai portofolio efek agar menghasilkan keuntungan. Pihak manajer investasi harus memiliki kapasitas ilmu dan keterampilan di bidang investasi dan pasar modal. Karena tanggung jawabnya yang besar dalam membawa uang investor.


53. Jelaskan tentang Penasihat Investasi!

Jawaban:
Meskipun tidak berkecimpung langsung dalam kegiatan pasar modal, namun penasihat investasi tergolong sebagai para pelaku pasar modal. Penasihat investasi berperan dalam memberikan nasihat terkait pembelian dan penjualan efek. Sehingga investor bisa mengambil keputusan secara bijak.


54. Jelaskan tentang Lembaga Penunjang Pasar Modal!

Jawaban:
Lembaga penunjang pasar modal yaitu pihak krusial dalam pasar modal demi menjaga stabilitas dan kelancaran transaksi dalam pasar. Para pelaku pasar modal sebagai lembaga penunjang terdiri dari bank kustodian, Biro Administrasi Efek, dan Wali Amanat. Bank kustodian adalah pihak yang bertugas dalam menerima harta dan kolektif titipan. Sementara Biro Administrasi Efek adalah fasilitator bagi investor dan perusahaan emiten dalam aktivitasnya di bursa efek. Terakhir, wali amanat bertugas sebagai wakil investor dalam transaksi pasar modal.


55. Akad apa saja yang digunakan dalam penerbitan efek syariah?

Jawaban:
Adapun akad-akad yang dapat digunakan dalam penerbitan efek syariah di pasar modal Indonesia menurut peraturan tersebut adalah akad ijarah, istishna, kafalah, mudharabah, musyarakah dan wakalah.


56. Jelaskan tentang Profesi Penunjang Pasar Modal

Jawaban:
Para pelaku pasar modal terdiri dari banyak pihak. Masih ada profesi penunjang lainnya yang mendukung kegiatan pasar modal. Contoh profesi penunjang pasar modal antara lain akuntan, notaris, konsultan hukum, dan audit.


57. Apakah kegiatan pasar modal syariah halal?

Jawaban:
Halal. Karena pada dasarnya kegiatan pasar modal yang merupakan kegiatan penyertaan modal dan atau jual beli efek (saham, sukuk), termasuk dalam kelompok muamalah, sehingga transaksi dalam pasar modal diperbolehkan sepanjang tidak ada larangan menurut syariah.


58. Fungsi derivatif ada berapa?

Jawaban:
Derivatif berfungsi sebagai instrumen investasi berbentuk kontrak perdagangan, sehingga risiko yang terkandung di dalamnya pasti tinggi


59. Lembaga apa saja yg terdapat dalam SRO Self Regulatory Organization pasar modal?

Jawaban:
IDX, KSEI dan KPEI adalah 3 lembaga yang termasuk dalam Self Regulatory Organization (SRO). Tugas mereka adalah menjalankan roda kegiatan pasar modal Indonesia.