Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

68 Pertanyaan Tentang Pasar Monopoli dan Jawaban

Soal (Essay) Pasar Monopoli


24. Bagaimana cara agar suatu perusahaan bisa tetap menjadi monopoli?

Jawaban:
Sebuah perusahaan dapat menjadi monopolis jika perusahaan tersebut menguasai bahan baku pokok suatu produk, atau menemukan suatu produk baru atau teknik produksi baru (yang dipatenkan), atau melalui merger atau pengambil alihan perusahaan saingannya(monopoli alamiah), atau adanya hak monopoli yang diberikan


25. Cara apa yang dapat dilakukan untuk menghindari praktek monopoli yang merugikan masyarakat?

Jawaban:
Upaya pemerintah untuk mencegah monopoli yang merugikan rakyat antara lain:
1. Memberi bantuan modal usaha untuk usaha kecil menengah (UKM)
2. Menetapkan undang2 yang membatasi pengusaha besar agar mencegah monopoli
3. Menyeleksi izin usaha dengan ketat dan tidak memihak
4. Memberi kredit tanpa bunga atau bunga kecil pada usaha kecil
5. Menggerakkan ekonomi kreatif
6. Memberikan pelatihan dan motivasi kepada ukm agar berani berwiraswasta


26. Mengapa pasar monopoli dapat menentukan harga?

Jawaban:
Orang yang melakukan monopoli terhadap suatu pasar disebut sebagai monopolis. ... Karena hanya ada satu penjual di pasar maka monopolis bertindak sebagai penentu harga (price maker). Monopolis dapat menentukan harga dengan cara menambah atau mengurangi jumlah barang yang disediakan di pasar.


27. Mengapa pada pasar monopoli konsumen harus membayar barang dengan harga yang lebih tinggi?

Jawaban:
Dikarenakan proses penjualan barang hanya terpusat pada satu orang , tidak ada orang lain yg menjalankan pasar selain dia,sehingga ia menetapkan harga yg tinggi.


28. Apakah Pertamina masuk dalam pasar monopoli?

Jawaban:
PT. Pertamina bisa di sebut pasar monopoli karena PT Pertamina menguasai pasar minyak pelumas yang ada di indonesia, dan hak monopoli ini didapat dari pemerintah karena PT. Pertamina merupakan salah satu BUMN yang bekerja sesuai dengan Undang-undang yang ada yaitu menguasai aset vital negara.


29. Kenapa dalam pasar monopolistik promosi atau iklan harus perlu dan aktif dilakukan?

Jawaban:
Karena pada dasarnya konsumen telah menciptakan persepsi atau kesan sendiri terhadap suatu produk. Sehingga para produsen dalam pasar monopolistik harus selalu aktif dalam melakukan promosi penjualan untuk meningkatkan pendapatan serta menjaga citra perusahaan.


30. Bagaimana bentuk keseimbangan pasar monopolistik dalam jangka pendek dan dalam jangka panjang?

Jawaban:
Bentuk keseimbangan jangka pendek dan jangka panjang pada pasar monopolistik adalah dalam jangka pendek keseimbangan pada pasar monopolistik adalah kurva permintaannya lebih elastis. sedangkan dalam jangka panjang semua perusahaan monopolistik mengalami titik impas dalam berproduksi.


31. Bisakah perusahaan monopoli menetapkan harga setinggi tingginya?

Jawaban:
Perusahaan yang melakukan monopoli pun secara tidak langsung akan menjadi penentu harga (price maker) dari produk tersebut. Jika harga terlalu mahal, masyarakat akan memiliki kebiasaan untuk menunda pembelian. Oleh karena itu perusahaan yang memonopoli pasar pun tidak bisa dan tidak boleh seenaknya menaikkan harga.


32. Adakah dampak dari monopoli?

Jawaban:
1. Terdapat unsur eksploitasi, baik terhadap konsumen maupun pekerja(pemilik faktor produksi tenaga kerja).
2. Pasar monopoli menciptakan ketidakadilan dalam distribusi pendapatan masyarakat.
3. Sangat sulit untuk masuk ke dalam pasar, terdapat hambatan untuk masuk (barrier to entry) yang tinggi.


33. Mengapa pasar monopoli pada dasarnya sulit dipraktekkan?

Jawaban:
Salah satu kekurangan pasar monopoli adalah munculnya ketidakadilan dari produsen atau penjual terhadap konsumen atau pembeli. Hal ini terjadi karena kekuatan produsen yang bersifat mutlak. Di pasar ini juga memungkinkan terjadinya ketidakadilan terhadap para penjual yang sama-sama berjualan di pasar tersebut.


34. Mengapa dalam pasar monopolistik pembeli tidak mudah berpindah ke tempat lain?

Jawaban:
Pada pasar monopolistik pembeli tidak mudah berpindah ke produk lain karena produsen akan berusaha sekuat mungkin agar mampu mempertahankan konsumennya, ditambah lagi produk yang ditawarkan oleh perusahaan lain adalah produk sejenis sehingga konsumen beranggapan produk yang ditawarkan perusahaan lain sejenis dan tidak .


35. Kenapa terjadi monopoli di Indonesia?

Jawaban:
Pasar monopoli dapat timbul, salah satunya karena telah ditetapkan oleh undang-undang. ... Selain itu, penggabungan dari berbagai perusahan untuk menghimpun modal dalam jumlah besar guna memproduksi suatu barang dengan teknologi canggih dapat memicu timbulnya pasar monopoli.


36. Kenapa PT KAI merupakan pasar monopoli?

Jawaban:
Kereta Api Indonesia adalah satu-satunya perusahaan yang mengelola industri perkeretaapian di Indonesia.


37. Apakah orang dan atau negara boleh melakukan praktek monopoli?

Jawaban:
UUD 1945 membolehkan monopoli asalkan dilakukan oleh negara alias melalui BUMN. Namun dalam UU Nomor 5/1999, persaingan usaha harus sehat. ... "Negara boleh monopoli, tapi perusahaan negara tidak boleh melakukan praktik monopolistis.


38. Apa saja pasar monopoli di Indonesia?

Jawaban:
Berikut contoh pasar monopoli yang ada di Indonesia dimana mayoritas berasal dari Badan Milik Negara (BUMN):
1. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).
2. PT Pertamina.
3. PT Kereta Api Indonesia.
4. PT Pelayaran Nasional Indonesia.
5. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM)
6. Badan Urusan Logistik.


39. Bagaimana kondisi persaingan di pasar monopolistic?

Jawaban:
Pasar persaingan monopolistik adalah salah satu pasar persaingan tidak sempurna. ... Dalam pasar persaingan monopolistik, setiap konsumen akan merasakan adanya perbedaan dari karakteristik pada setiap produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan dengan produk yang di hasilkan oleh perusahaan lainnya.


40. Bagaimana pengaruh harga dalam pasar monopolistik?

Jawaban:
Harga yang ditawarkan pada pasar persaingan monopolistik dapat mempengaruhi perusahaan dengan layanan khusus, merek yang sudah tercipta pada konsumen, dan pengaruh iklan. ... Perusahaan dalam persaingan pasar monopolistik mungkin bisa bersaing atau dapat juga merugi


41. Bagaimana pandangan Islam tentang monopoli?

Jawaban:
Islam melarang praktik monopoli (al-ihtikar) dalam menjalankan roda ekonomi. ... Yang artinya: “Barangsiapa yang menimbun barang (melakukan monopoli), maka ia berdosa,”. Imam Nawawi menjelaskan, hadis ini menegaskan bahwa praktik monopoli yang dilarang ialah khusus bagi seseorang yang menimbun komoditi pangan


42. Apa dampak monopoli bagi VOC?

Jawaban:
Pedagang pribumi melakukan hubungan dengan bangsa lain. Kemudian dampak Negatif Monopoli Perdagangan, rakyat harus menjual hasil rempah-rempah kepada pihak VOC, pendapatan menurun karena harga ditentukan oleh VOC, menurunnya jumlah penduduk, disebabkan karena pembantaian massal.


43. Apa itu monopoli dalam sejarah?

Jawaban:
Dalam istilah, monopoli berarti penguasaan sesuatu oleh satu pihak. ... Mereka meminta kerajaan-kerajaan untuk menandatangani sebuah perjanjian yang dimana berisi bahwa ia akan melakukan monopoli perdagangan bersama VOC dan seluruh rempah-rempah harus diserahkan kepada pihak VOC.


44. Apakah PDAM termasuk pasar monopoli?

Jawaban:
PDAM ( Perusahaan Daerah Air Minum) telah memenuhi unsur-unsur monopoli dan juga presumsi monopoli yang terdapat dalam pasal 17 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.


45. Kenapa dalam pasar monopolistik produsen bebas keluar masuk pasar?

Jawaban:
Produsen dapat bebas keluar dan masuk pasar karena tidak ada hambatan yang berarti (tidak ada barriers to entry). Banyak inovasi yang dapat dilakukan, mulai dari proses produksi atau mengembangkan cara baru untuk menarik konsumen.


46. Faktor apa saja yang menyebabkan terbentuknya monopoli?

Jawaban:
Faktor penyebab terjadinya pasar monopoli
1. Pemegang hak paten.
2. Menguasai sebagian besar faktor produksi dan bahan baku.
3. Diberi hak monopoli khusus dari pemerintah.
4. Memiliki modal yang sangat besar dan teknologi canggih.
5. Pasar yang kecil dibandingkan dengan kapasitas minimal produksi produk tertentu.