Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

89 Pertanyaan Tentang Pasar dan Jawaban

Soal (Essay) Materi Pasar

31. Bagaimana keadaan pasar tidak sempurna?

Jawaban:
Pasar persaingan tidak sempurna menggambarkan situasi dimana penjual atau pedagang dalam suatu pasar pasar lebih sedikit dibandingkan pembeli. Penjual berhak atas penjualan produk tertentu dan hanya merekalah yang boleh atau mampu menjual produk dengan jumlah yang terbatas.


32. Siapa yang menentukan harga dalam pasar persaingan sempurna?

Jawaban:
Pasar persaingan sempurna terjadi apabila:
a) Semua pelaku usaha menjual produk yang sejenis untuk banyak pembeli.
b) Baik penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi harga barang yang berlaku di pasar. Harga pasar sepenuhnya ditentukan oleh penjual dan pembeli di pasar.


33. Apakah pasar persaingan sempurna ada di Indonesia?

Jawaban:
Pasar beras termasuk contoh pasar persaingan sempurna yang paling banyak dan mudah ditemui di Indonesia


34. Bagaimana harga di pasar persaingan sempurna itu ditetapkan?

Jawaban:
Pada pasar persaingan sempurna, jenis produk yang dijual relatif sama atau bersifat homogen. Setiap perusahaan menawarkan barang yang identik. ... Harga produk terbentuk melalui mekanisme pasar dan hasil interaksi antara penawaran dan permintaan. Pasar yang menjadi penentu harga secara penuh.


35. Siapa yang biasanya berinteraksi di pasar tradisional?

Jawaban:
Dalam pasar tradisional terbentuk pola hubungan ekonomi yang menghasilkan terjalinnya interaksi sosial. Sifat dari interaksi sosial dalam pasar tradisional ialah akrab. Interaksi sosial terjadi antara pedagang dengan pembeli, pedagang dengan pedagang dan pedagang dengan pemasok.


36. Kenapa lebih nyaman berbelanja di pasar tradisional?

Jawaban:
Tak hanya menguntungkan dari segi waktu, pasar tradisional juga menyediakan barang dagangan dengan harga yang lebih murah. ... Selain itu pedagang pasar tradisional, mendapatkan barang dagangannya langsung dari pemasok lokal atau juga langsung dari petaninya. Jadi sudah pasti harga jual kembalinya pun akan terjangkau.


37. Perbedaan apa sajakah yang terdapat antara pasar tradisional dan modern Sebutkan minimal 3 tiga perbedaan?

Jawaban:
Perbedaan pasar tradisional dengan modern yaitu:
1.Kondisi produk.
2. Harga jual produk.
3.Fasilitas.
4.Kebersihan.
5. Sistem penjualan.
6. Jam buka pasar.


38. Apa perbedaan pasar dan swalayan?

Jawaban:
Perbedaannya, pasar tradisional melakukan transaksi secara langsung antara penjual dan pembeli, dan juga bisa melakukan tawar menawar. Sedangkan pasar swalayan, penjual dan pembeli tidak bertranksaksi secara langsung. Melainkan pembeli melihat label harga yang sudah tercantum. Dan tidak ada proses tawar menawar.


39. Apa peran pasar dalam kegiatan distribusi?

Jawaban:
Pasar sebagai sarana distribusi, berfungsi memperlancar proses penyaluran barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Dengan adanya pasar, produsen dapat berhubungan baik secara langsung maupun tidak langsung untuk menawarkan hasil produksinya kepada konsumen


40. Mengapa bea dan kuota bagi eksportir dihapuskan dalam pasar bebas?

Jawaban:
Sebuah zona perdagangan bebas atau zona pemrosesan ekspor adalah satu atau beberapa negara di mana bea dan kuota dihapuskan dan kebutuhan akan birokrasi direndahkan dalam rangka menarik perusahaan-perusahaan dengan menambahkan insentif untuk melakukan usaha di sana.


41. Apakah di Indonesia sudah menerapkan sistem pasar bebas?

Jawaban:
Indonesia merupakan salah satu negara yang menerapkan perdagangan bebas.


42. Apakah yang dimaksud fungsi pasar sebagai pembentuk?

Jawaban:
Pasar sebagai pembentuk harga merupakan tempat pertemuan antara penjual dan pembeli. Di pasar tersebut penjual menawarkan barang atau jasa kepada pembeli.


43. Mengapa ada pasar?

Jawaban:
Sebuah pasar muncul lebih atau kurang spontan atau sengaja dibangun oleh interaksi manusia untuk memungkinkan pertukaran hak (kepemilikan) jasa dan barang. Secara historis, pasar berasal di pasar fisik yang sering akan berkembang menjadi - atau dari - komunitas kecil, kota dan kota.


44. Mengapa pasar dapat berperan sebagai tempat promosi yang baik?

Jawaban:
Pembeli yang membutuhkan barang atau jasa akan berusaha menawar harga dari penjual. Setelah terjadinya kesepakatan, maka terbentuklah harga. Pasar sebagai sarana promosi maksudnya pasar memudahkan produsen untuk mempromosikan barang atau jasa yang akan dijualnya kepada konsumen.


45. Sebutkan apa saja peran pasar?

Jawaban:
Secara umum, pasar mempunyai tiga fungsi utama yaitu sebagai sarana distribusi, pembentukan harga, dan sebagai tempat promosi.


46. Apa saja peranan pasar bagi konsumen dan produsen?

Jawaban:
Dengan adanya pasar, pembeli akan dapat dengan mudah mendapatkan barang yang mereka inginkan dari produsen tanpa harus mendatangi tempat produksi. Selain itu, pasar juga memudahkan produsen untuk mendapatkan barang dan jasa yang mereka butuhkan dalam proses produksi.


47. Tuliskan contoh produk kerajinan untuk pasar lokal dan jelaskan fungsi masing-masing produk?

Jawaban:
1. Sapu
fungsi: menyapu lantai/halaman supaya bersih
alasan : dibuat untuk mempermudah pekerjaa manusia, bahan yang digunakan efektif membersihkan kotoran
2. pigura
fungsi : menaruh foto untuk dipajang
alasan : untuk memperindah lingkungan
3. batik
fungsi : dibuat menjadi sandang
alasan : memperindah penampilan, melestarikan budaya
4. gantungan kunci
fungsi : sebagai hiasan, penanda kunci
alasan : mempermudah menemukan kunci, membuat kunci terlihat menarik
5. kotak pensil
fungsi : menyimpan alat tulis
alasan : mempermudah menyimpan alat tulis
6. tas
fungsi : membawa barang
alasan : efektif membawa barang dalam jumlah banyak, agar dapat dibawa kemana-mana
7. sandal
fungsi : alas kaki
alasan : agar kaki nyaman untuk berjalan
8. dompet
fungsi : menyimpan uang
alasan : agar uang aman, tidak tercecer atau terselip
9. tikar
fungsi : alas untuk duduk
alasan : agar tetap hangat jika duduk di lantai


48. Apa perbedaan antara pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna?

Jawaban:
Sifat produk pada pasar persaingan sempurna ini adalah homogen atau dapat disebut penjual menghasilkan produk yang sama. Namun di pasar persaingan tidak sempurna produk yang ditawarkan penjual dapat berbeda-beda atau bisa juga homogen.


49. Mengapa pasar persaingan sempurna tidak dapat menentukan harga?

Jawaban:
Harga yang terbentuk pada pasar persaingan sempurna dikarenakan interaksi antara permintaan dan penawaran yang saling menyepakati, sehingga pembeli dan penjual di pasar ini tidak akan mempengaruhi harga barang atau jasa yang ditawarkan


50. Pada pasar persaingan sempurna, jelaskanlah bagaimana perusahaan memilih tingkat output yang dapat memaksimalkan laba??

Jawaban:
Pada pasar persaingan sempurna, Perusahaan memilih tingkat output yang dapat memaksimalkan laba yaitu dengan cara menentukan jumlah produksi yang bisa mendatangkan keuntungan.
Penjelasan:
Salah satu cara meningkatkan keuntungan dalam pasar persaingan sempurna adalah meningkatkan jumlah produksi, namun jika ada pendatang baru, bisa saja keuntungan yang semula meningkat lama kelamaan akan turun dan menjadi stagnan, hal ini dikarenakan pada pasar persaingan sempurna, pesaing akan dengan mudah memasuki pasar.


51. Bagaimana proses terbentuknya harga keseimbangan pasar ?

Jawaban:
Terbentuknya harga keseimbangan melalui proses tawar menawar antara penjual dengan pembeli sehingga tercapai kesepakatan harga. Sehingga,bertemu pada titik harga yang menjadi kesepakatan,dan terjadi perubahan harga akan terjadi perubahan jumlah yang diminta maupun ditawarkan.


52. Bagaimana terbentuknya harga barang dan jasa?

Jawaban:
Pembentukan harga pasar terjadi berkat interaksi antara permintaan dan penawaran yang pada akhirnya mencapai keseimbangan. Proses seperti itu dalam ilmu ekonomi disebut kekuatan pasar (market force). Menurut Adam Smith, kekuatan pasar itu berperan membentuk harga barang dan jasa secara otomatis.


53. Siapa saja yang berinteraksi di pasar?

Jawaban:
a. Terdapat penjual.
b. Terdapat pembeli.
c. Terdapat barang yang diperjualbelikan.
d. Adanya transaksi jual-beli.
e. Adanya tempat transaksi.


54. Bagaimana proses jual beli yang terjadi di pasar tradisional?

Jawaban:
Dalam pasar tradisional proses transaksi jual beli dengan komunikasi interpersonal (tatap muka) antara penjual dan pembelinya. ... Proses transaksi jual beli diawali dengan sapaan, proses tawar menawar hingga transaksi diwarnai dengan perbincangan antara penjual dan pembelinya yang bahkan keluar dari topik utamanya.


55. Apa persamaan antara pasar tradisional dan pasar modern?

Jawaban:
Pada dasarnya pasar tradisional tidak banyak berbeda dengan pasar modern. ... Ciri khas sebuah pasar dan yang menjadi persamaan pasar tradisional dengan pasar modern adalah adanya kegiatan transaksi jual beli, di mana pembeli bebas memilih produk yang akan dibeli dan penjual memberikan harga pada barang dagangannya.


56. Apa perbedaan antara pasar lokal pasar nasional dan pasar internasional?

Jawaban:
Pasar lokal adalah sebuah bentuk dari pasar yang dimana pembeli dan juga penjualnya akan berada pada satu tempat dari produk yang dapat dihasilkan. ... Pasar internasional adalah sebuah bentuk dari pasar yang dimana pembeli dan penjualnya serta mampu untuk melayani jangkauan di seluruh dunia.


57. Apa keuntungan adanya pasar bebas?

Jawaban:
Pasar bebas dapat membuka peluang ekonomi dengan cara memperluas pasar. Produk yang awalnya diproduksi untuk dijual di dalam negeri, dapat dijual ke luar negeri dengan mudah. Tidak adanya pajak membuat pasar menjadi lebih luas karena tidak dibatasi oleh pajak antarnegara yang mahal.


58. Apa keuntungan pasar bebas bagi Indonesia?

Jawaban:
Pasar bebas memungkinkan teknologi yang lebih maju dari luar negeri untuk masuk dengan mudah ke dalam negeri. Dengan adanya pasar bebas, peningkatan teknologi bisa dilakukan dengan mudah dan merata. Selain meningkatkan teknologi, persaingan ketat pasar bebas juga menuntut peningkatan sumber daya manusia suatu negara.


59. Kapan pasar bebas dimulai di Indonesia?

Jawaban:
Perdagangan bebas ialah dimana kebijakan yang tidak membatasi dalam melakukan perdagangan ekspor maupun impor. Perdagangan bebas dimulai pada masa revolusi industri yakni tahun 1846 ketika inggris mencabut Corn Law dan membebaskan tarif untuk impor produk benih tanaman.


60. Apa saja kebijakan pasar bebas?

Jawaban:
a. Perdagangan barang tanpa pajak (termasuk tarif) atau hambatan perdagangan lainnya (misalnya kuota impor atau subsidi untuk produsen)
b. Perdagangan jasa tanpa pajak atau hambatan perdagangan lainnya
c. Tidak adanya kebijakan "trade-distorting" (seperti pajak, subsidi, peraturan, atau hukum) yang memberikan keuntungan untuk perusahaan, rumah tangga, atau faktor-d. faktor produksi.
e. Akses ke pasar yang tidak diatur
f. Akses informasi pasar yang tidak diatur
g. Ketidakmampuan perusahaan untuk mendistorsi pasar melalui monopoli yang dikenakan pemerintah atau kekuatan oligopoli
h. Perjanjian perdagangan yang mendorong perdagangan bebas.