Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

66 Pertanyaan Tentang Pengantar Bisnis Beserta Jawaban

Soal (Essay) Materi Pengantar Bisnis


23. Jelaskan apa yang dimaksud dengan agency problem masalah keagenan?

Jawaban:
Agency problem adalah konflik yang terjadi karena adanya konflik kepentingan dalam diri manajer sebagai pengelola jalannya perusahaan untuk mengutamakan kepentingan pribadi diatas tujuan perusahaan yaitu memaksimumkan kesejahteraan pemegang saham.


24. Apa hubungan bisnis dengan perekonomian suatu negara?

Jawaban:
Secara garis besar, hubungan antara perekonomian dengan bisnis itu saling mempengaruhi satu sama lainnya. ... Apabila bisnis berkembang, maka investasi akan berdatangan, tenaga kerja semakin terserap dan pendapatan negara akan bertambah melalui pajak.


25. Apa hubungan stakeholder dengan organisasi perusahaan?

Jawaban:
Dalam organisasi atau perusahaan, stakeholder berperan aktif dan pasif dalam upaya mencapai tujuan organisasi atau perusahaan tersebut. Dalam kegiatan bisnis atau perusahaan, fungsi stakeholder adalah sebagai salah pihak yang mengembangkan bisnis atau perusahaan tersebut.


26. Kenapa perjanjian kontrak bisnis dibutuhkan undang-undang hukum untuk mengaturnya?

Jawaban:
Kontrak berfungsi sebagai hukum atau undang-undang. Karena berdasarkan pasal 1338 KUH Perdata menerangkan bahwa segala perjanjian yang dibuat secara sah berlaku sebagai undang-undang bagi mereka yang membuatnya. ... Kontrak berfungsi untuk mencegah timbulnya masalah di kemudian hari


27. Apa yang dimaksud dengan transaksi akuntansi?

Jawaban:
Transaksi akuntansi adalah kesepakatan atau perjanjian yang terjalin diantara dua pihak, dimana pihak pertama berlaku sebagai penjual barang atau jasa, sedangkan pihak kedua berlaku sebagai pembeli barang atau jasa.


28. Apakah yang dimaksud bukti transaksi?

Jawaban:
Secara jelasnya, bukti transaksi adalah bukti tertulis yang mencatat atau merekap segala kegiatan transaksi yang terjadi pada suatu perusahaan maupun sebuah bisnis. Bukti transaksi berperan penting dalam mencegah munculnya permasalahan di waktu yang akan datang.


29. Jelaskan apa yang dimaksud dengan transaksi keuangan?

Jawaban:
Dalam akuntansi, transaksi bisnis atau dikenal juga sebagai transaksi keuangan adalah segala kegiatan yang dapat diukur dengan uang dan berdampak pada posisi keuangan suatu perusahaan.


30. Apa saja yang menjadi sumber hukum bisnis?

Jawaban:
Menurut Munir Fuady, sumber hukum bisnis, meliputi: Perundang-undangan, perjanjian, traktat, yurisprudensi, kebiasaan dan doktrin ahli hukum.


31. Apa tujuan adanya sumber hukum bisnis?

Jawaban:
Berikut ini adalah beberapa tujuan dari hukum bisnis ; Menjamin berfungsinya keamanan mekanisme pasar secara efisien dan lancar. Melindungi berbagai suatu jenis usaha, khususnya untuk jenis Usaha Kecil Menengah (UKM). ... Mewujudkan bisnis yang aman dan adil untuk semua pelaku bisnis.


32. Apa peran hukum dalam kegiatan bisnis?

Jawaban:
Secara keseluruhan, keberadaan Hukum Bisnis akan menjamin fungsi keamanan mekanisme pasar, melindungi usaha terutama UMKM, dan memperbaiki sistem keuangan dan perbankan. Intinya, adanya hukum yang khusus mengatur aspek ini akan mewujudkan bisnis yang adil dan merata bagi semua pihak


33. Apa yang dimaksud dengan bisnis berikan contoh?

Jawaban:
Pengertian Bisnis – Secara sederhana, bisnis adalah kegiatan menjual barang atau jasa kepada konsumen dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Bisnis umumnya dijalankan sebuah perusahaan dalam bentuk badan usaha tertentu, seperti misalnya perusahaan persorangan, persekutuan ataupun perseroan.


34. Bagaimana Anda mendefinisikan etika yang baik dalam berbisnis?

Jawaban:
Steade Et Al juga turut mendefinisikan sebagai standar etika yang berkaitan dengan tujuan dan cara membuat keputusan bisnis. Dari beberapa pengertian para ahli tersebut, dapat disimpulkan bahwa etika berbisnis adalah moral yang baik untuk diterapkan sebagai pedoman dalam menjalankan sebuah bisnis.


35. Jelaskan langkah dalam memulai bisnis?

Jawaban:
10 Langkah Penting Dalam Memulai Bisnis
1. Lakukan riset.
2. Buatlah perencanaan.
3. Rencanakan keuangan.
4. Tentukan struktur bisnis.
5. Pilih dan daftarkan brand bisnis Anda.
6. Dapatkan lisensi dan izin usaha.
7. Pilih sistem akuntansi keuangan.
8. Siapkan lokasi bisnis.
9. Siapkan tim Anda
10. Promosikan bisnis kecil Anda


36. Laundry kategori bisnis apa?

Jawaban:
Usaha laundry adalah sebuah usaha dalam bidang jasa. Bentuk jasa yang ditawarkan adalah mencucikan pakaian atau barang-barang lainnya yang umum digunakan oleh konsumen.


37. Aktivitas apa saja yang selalu ada dalam kegiatan bisnis?

Jawaban:
Aktivitas bisnis, termasuk aktivitas operasi, investasi dan pendanaan, sedang berlangsung dan berfokus pada penciptaan nilai bagi pemegang saham. Ada tiga jenis kegiatan bisnis utama: operasi, investasi, dan pembiayaan.


38. Apa itu karakteristik bisnis?

Jawaban:
Bisnis terlibat dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Bisnis adalah untuk meningkatkan kekayaan dan kesejahteraan masyarakat. Bisnis menciptakan permintaan dan kebutuhan manusia. Bisnis adalah memproduksi, membeli dan menjual produk dan jasa kepada konsumen.


39. Mengapa aktivitas bisnis penting?

Jawaban:
Bisnis esensial bagi kehidupan kita. Hadirnya mereka memungkinkan kita untuk menikmati standar hidup yang lebih baik daripada yang mungkin jika kita mandiri. ... Tidak hanya memenuhi kebutuhan dan keinginan kita, bisnis juga menyediakan pekerjaan dan pendapatan ke kita.


40. Apa Saja yang Harus Ada dalam Rencana Bisnis?

Jawaban:
Rencana bisnis atau business plan adalah salah satu elemen penting yang mendukung keberhasilan sebuah bisnis:
1. Visi dan Misi Perusahaan.
2. Deskripsi Perusahaan dan Produk atau Layanan.
3. Keunikan Produk.
4. Analisis Pasar.
5. Tim yang Bekerja.
6. Rencana Memasarkan Produk atau Layanan.
7. Analisis SWOT Perusahaan
8. Rencana Uang Masuk dan Keluar


41. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pengorganisasian bisnis?

Jawaban:
Pengertian organisasi bisnis yaitu suatu organisasi yang melakukan aktivitas ekonomi dan bertujuan untuk menghasilkan keuntungan (profit). ... Unsur bisnis yang perlu mendapat perhatian pengusaha yaitu lingkungan bisnis.


42. Apa hubungan antara bisnis dan masyarakat?

Jawaban:
Suatu bisnis sangat erat dengan masyarakat, karena masyarakat merupakan bagi bisnis, baik bisnis produk, maupun bisnis jasa. kadang dalam memulai bisnis, yg harus dipikirka dahulu apakah yg dibutuhkan masyarakat.


43. Mengapa dalam setiap bisnis perlu diadakan perjanjian secara tertulis?

Jawaban:
Perjanjian yang dibuat secara lisan/tidak tertulis pun tetap mengikat para pihak, dan tidak menghilangkan, baik hak dan kewajiban dari pihak yang bersepakat. Namun, untuk kemudahan pembuktian, acuan bekerja sama dan melaksanakan transaksi, sebaiknya dibuat secara tertulis.


44. Jelaskan upaya apa saja yang dapat dilakukan oleh para pelaku bisnis di Indonesia dalam meminimalisir terjadinya sengketa akibat kontrak yang disepakati oleh para pihak?

Jawaban:
Sebelum perselisihan terjadi, Anda dapat meminimalisir terjadinya perselisihan dengan membuat perjanjian, kontrak, ataupun agreement. Di mana, kontrak atau perjanjian dapat menjadi bukti yang kuat bagi Anda jika suatu saat nanti terjadi perselisihan.