Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

55 Pertanyaan Tentang Studi Kelayakan Bisnis dan Jawaban

Soal (Essay) Materi Studi Kelayakan Bisnis


20. Apa manfaat studi kelayakan bisnis bagi investor pemerintah dan masyarakat?

Jawaban:
Laporan studi kelayakan bisnis berguna bagi investor untuk menentukan berapa banyak modal yang akan ia investasikan dalam suatu perusahaan. Dengan hasil studi kelayakan bisnis yang baik maka akan membuat investor berani menanamkan modal yang besar. ... Dengan begitu investasi anda akan terlindungi.


21. Persyaratan teknis apa saja yang penting dari suatu produk?

Jawaban:
Persyaratan teknis yang paling penting adalah sebagai berikut:
Desain fungsional dari produk dan daya tarik penampilannya.
Fleksibilitas, memungkinkan adanya modifikasi ciri luar dari produk untuk memenuhi permintaan konsumen atau perubahan teknologi dan persaingan.
Daya tahan bahan baku produk.


22. Sebut dan jelaskan syarat syarat apa saja yang harus diperhatikan di dalam membuat laporan studi kelayakan?

Jawaban:
Harus memenuhi syarat sebagai berikut :
1. Laporan Studi Kelayakan harus Komunikatif.
2. Harus Didokumentasikan.
3. Bersifat Objektif.
4. Realistis.


23. Menurut Anda mengapa analisis teknikal perlu dilakukan bahkan meskipun proyek tersebut tidak layak secara teknis dan apa saja hal hal yang perlu dianalisis?

Jawaban:
Analisis teknikal perlu dilakukan bahkan meskipun proyek tersebut tidak layak secara teknis karena analisis teknikal bertujuan untuk menggali informasi mengenai perkiraan biaya teknis proyek, biaya pengeluaran produksi, biaya uji coba serta faktor lain yang berkaitan dengan kebutuhan proyek. Suatu proyek dikatakan tidak layak secara analisis teknikal apabila adanya pengambilan keputusan yang salah mengenai pelaksanaan proyek tersebut. Agar terhindar dari pengambilan keputusan yang salah tersebut, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Persyaratan pertama adalah berkenaan dalam pemilihan teknologi yang akan digunakan di dalam proyek. Tujuannya adalah untuk menghindari penggunaan teknologi yang tidak sesuai dan untuk membuktikan bahwa berbagai alternatif telah dipertimbangkan. Dengan analisis teknikal, hal-hl bisa disesuaikan dengan kebutuhan dilapangan misalnya dalam penentuan teknologi yang digunakan dalam suatu proyek, regulasi lingkungan pemerintahan setempat


24. Mengapa analisis Teknikal perlu dilakukan?

Jawaban:
Analisis Teknikal digunakan untuk menganalisis harga berdasarkan data harga masa lalu. Dengan data tersebut analis mencoba untuk melihat adanya suatu trend harga yang terjadi. Untuk mendeteksi Trend dari suatu harga instrumen trading, maka ada beberapa indikator yang dapat digunakan.


25. Mengapa Tahap pertama dalam analisis teknikal?

Jawaban:
Tahap pertama dalam analisis teknikal adalah menentukan alternatif teknologi yang ada untuk menghasilkan suatu barang atau jasa. ... Tujuan tahap ini adalah (a) untuk menghindari penggunaan teknologi yang tidak sesuai dan (b) untuk membuktikan bahwa berbagai alternatif telah dipertimbangkan.


26. Bagaimana sebuah bisnis dinyatakan layak berdasarkan aspek teknis dan teknologi?

Jawaban:
Suatu ide bisnis dapat dinyatakan layak berdasarkan aspek teknis dan teknologi jika berdasarkan hasil analisis ide bisnis dapat dibangun dan dijalankan dengan baik.


27. Pada prinsipnya apa yang perlu diteliti di dalam studi aspek pasar atau studi kelayakan bisnis?

Jawaban:
Pasar dan pemasaran merupakan aspek dasar yang diteliti dalam studi kelayakan. ... Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yakni potensi pasar, jumlah konsumen, daya beli masyarakat, segmentasi, situasi persaingan di industri tersebut, dan lain-lain.


28. Faktor apa yang menentukan pemilihan teknologi?

Jawaban:
Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih teknologi adalah : Price, harga sesuai dengan Teknologi Informasi yang didapat. Performance, diukur dari kemampuan, kapasitas dan kecepatan Teknologi Informasi menangani proses maupun penampungan data.


29. Jelaskan apa saja yang perlu dijelaskan dari aspek keuangan di dalam studi kelayakan bisnis?

Jawaban:
“Aspek keuangan pada studi kelayakan bisnis digunakan untuk menilai keuangan perusahaan diantaranya yaitu: perolehan sumber dana, estimasi pendapatan dan jenis investasi beserta biaya yang dikeluarkan selama investasi serta proyeksi laporan keuangan yang terdiri dari laporan laba rugi, neraca dan arus kas”.


30. Secara spesifik apa saja tujuan analisis aspek hukum pada studi kelayakan bisnis?

Jawaban:
Secara spesifik analisis aspek hukum pada studi kelayakan bisnis bertujuan untuk:
a) Menganalisis legalitas usaha yang dijalankan
b) Menganalisis ketepatan bentk badan hukum dengan ide bisnis yang akan dilaksanakan
c) Menganalisis kemampuan bisnis yang akan diusulkan dalam memenuhi persyaratan perizinan


31. Mengapa aspek lingkungan hidup amdal penting untuk dianalisis kelayakannya dalam SKB?

Jawaban:
Aspek lingkungan menjadi penting dalam Studi Kelayakan Bisnis karena lingkungan dapat menjadi peluang bagi bisnis, tapi disisi lain juga bisa menjadi ancaman bagi perkembangan bisnis. ... Karena bisnis dapat menimbulkan berbagai aktivitas yang menimbulkan dampak bagi lingkungan di sekitar lokasi bisnis.


32. Mengapa kita perlu memperhatikan mempertimbangkan aspek teknis dan manajemen organisasi pada studi kelayakan bisnis?

Jawaban:
Memperhatikan/mempertimbangkan aspek teknis dan manajemen organisasi pada studi kelayakan bisnis karena, sebagai berikut: Aspek teknis, karena pada aspek ini terjadi proses pengembangan bisnis dan juga operasional di dalamnya, maka dari itu aspek ini harus dipertimbangkan.


33. Hal hal apakah yang perlu dipertimbangkan dalam penilaian aspek teknis operasi dari suatu perusahaan?

Jawaban:
Hal – hal yang perlu diperhatikan dalam aspek ini adalah masalah penentuan lokasi, luas produksi, tata letak (layout), penyusunan peralatan pabrik dan proses produksinya termasuk pemilihan teknologi.


34. Bagaimana poin cash flow menjadi sangat penting dalam hal menilai aspek keungan dalam studi kelayakan bisnis?

Jawaban:
Poin cash flow menjadi sangat penting dalam hal menilai aspek keungan dalam studi kelayakan bisnis. Karena ia menggambarkan berapa uang yang masuk dan berapa uang yang keluar dalam suatu periode sebuah usaha berjalan. ... Operational Cashflow, yaitu kas yang terhitung baik masuk ataupun keluar selama sebuah usaha berjalan


35. Mengapa dalam penyusunan studi kelayakan perlu manajemen?

Jawaban:
Tujuan studi aspek manajemen adalah untuk mengetahui apakah kegiatan dan implementasi bisnis dapat direncanakan, dilaksanakan sehingga rencana bisnis dapat dinyatakan layak atau sebaliknya tidak layak.


36. Mengapa aspek pasar dan pemasaran perlu diteliti dan dianggap perlu?

Jawaban:
Aspek pasar dan pemsaram perlu diteliti karena sangat penting menyangkut hal-hal berkaitan dengan strategi berbisnis (marketing) sehingga apabilatidak dianalisis akan berakibat fatal bagi perusahaan di kemudian hari.


37. Jelaskan hal-hal apa saja yang diperlukan dalam penilaian aspek keuangan?

Jawaban:
Secara keseluruhan, penilaian dalam aspek keuangan meliputi hal-hal seperti:
1. Sumber-sumber dana yang diperoleh.
2. Kebutuhan biaya investasi. ...
3. Estimasi pendapatan dan biaya investasi, termasuk jenis dan jumlah biaya selama umur investasi. ...
4. Proyek neraca dan laporan rugi laba. ...
5. Kriteria penilaian investasi.