Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

23 Quiz Materi APBN dan APBD Lengkap Jawaban

Soal (Esai) Materi APBN dan APBD

17. Tuliskan contoh-contoh pajak pusat dan pajak daerah!

Jawaban:
Contoh-contoh pajak pusat dan pajak daerah:
 - contoh pajak pusat adalah PPh, PBB, dan cukai.
- contoh pajak daerah adalah pajak sepeda motor, retribusi tempat parkir, dan pajak reklame.


18. Terangkan tentang fungsi otorisasi APBN!

Jawaban:
Fungsi otorisasi APBN:
 Fungsi otorisasi dari APBN berarti anggaran negara yang dijadikan dasar sebagai pelaksanaan pendapatan dan belanja negara pada tahun yang sedang berjalan. Sehingga, pembelanjaan dan juga pendapatan nantinya bisa dipertanggungjawabkan pada rakyat Indonesia.


19. Terangkan tentang fungsi otorisasi APBD !

Jawaban:
Fungsi otorisasi APBD:
Dalam hal ini, fungsi perencanaan berarti APBN bisa dijadikan sebagai acuan bagi negara untuk bisa merencanakan berbagai kegiatannya pada tahun yang sedang berjalan. Sehingga, jika anggaran belanja sudah disusun secara rapih, maka negara bisa membuat berbagai rencana kegiatannya guna mendukung pembelanjaan tersebut. Contohnya adalah dalam anggaran tercantum anggaran dalam membuat proyek pembangunan jalan senilai Rp 5 miliar, maka pihak pemerintah bisa segera bertindak untuk melakukan proyek tersebut agar nantinya bisa berjalan dengan lancar tanpa ada masalah.


20. Terangkan tentang fungsi alokasi APBN!

Jawaban:
Fungsi alokasi APBN:
Pengertian APBN sebagai fungsi alokasi adalah negara harus mampu mengurangi pemborosan dalam segala jenis pemanfaatan sumber daya serta meningkatkan efektivitas dan efisiensi perekonomian negara. Pada prosesnya, fungsi alokasi ini dijalankan dengan memanfaatkan kualitas sumber daya, efektivitas, dan efisiensi perekonomian, seperti pembangunan tanggul, jembatan jalan, atau perbaikan fasilitas publik tersebut.


21. Terangkan tentang fungsi alokasi APBD!

Jawaban:
Fungsi alokasi APBD
Pengertian APBD sebagai fungsi alokasi berarti anggaran daerah harus bisa diarahkan untuk bisa membuat lapangan kerja, mengurangi angka pengangguran, pemborosan dalam menggunakan sumber daya, dan juga meningkatkan efektifitas dan efisiensi perekonomian daerah.


22. Uraikan tentang fungsi distribusi APBN!

Jawaban:
Fungsi distribusi APBN:
Fungsi APBN sebagai distribusi berarti negara harus memperhatikan keadilan dan kepatutan dalam menjalankan berbagai kebijakannya. Dalam hal ini, negara harus memanfaatkan APBN untuk kepentingan masyarakat, seperti untuk dana pensiun, subsidi, dan premi lainnya.


23. Apa yang dimaksud APBN dan APBD?

Jawaban:
APBN dan APBD
a. Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) adalah suatu daftar atau penjelasan terinci mengenai penerimaan dan pengeluaran negara untuk jangka waktu tertentu (biasanya 1 tahun)
b. Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) adalah suatu daftar atau penjelasan mengenai penerimaan dan pengeluaran daerah untuk jangka waktu tertentu yang disusun secara sistematis dengan prosedur dan bentuk tertentu.