Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

48 Quiz Materi Bank Lengkap Jawaban

Soal (Esai) Materi Bank

33. Apa manfaat dari perbankan?

Jawaban:
Menciptakan uang melalui penyaluran kredit dan investasi. Menghimpun dana dan menyalurkan kepada masyarakat. Menyediakan jasa-jasa pengelolaan dana dan trust atau perwalian amanat kepada individu dan perusahaan. Menyediakan fasilitas untuk perdagangan internasional.


34. Apa yang dimaksud dengan bank swasta?

Jawaban:
Bank umum swasta adalah bank dimana sebagian besar sahamnya dimiliki oleh swasta nasional serta akta pendirianpun didirikan oleh swasta, pembagian keuntungannya juga untuk swasta nasional. Bank umum swasta dibedakan menjadi 2 (dua) yaitu Bank umum swasta nasional devisa dan non devisa


35. Adakah bank tanpa riba?

Jawaban:
"Bank syariah di Indonesia lahir sejak 1992. Bank Syariah pertama di Indonesia adalah Bank Muamalat Indonesia". ... Bank Syariah memiliki sistem yang berbeda dengan bank konvensional. Bank syariah memberikan layanan bebas bunga kepada nasabah (tanpa riba).


36. Dari mana sumber pendapatan bank?

Jawaban:
Bank identik dengan bunga dan masyarakat awam umumnya mengetahui bahwa bank mendapatkan penghasilan (revenue) dan keuntungan (profit) dari bunga yang dibebankan kepada nasabah kredit. Namun, selain dari pendapatan bunga, masih banyak pula sumber pendapatan bank yang dikategorikan sebagai pendapatan non bunga.


37. Bank Indonesia bergerak di bidang apa?

Jawaban:
Sebagai bank sentral, Bank Indonesia saat itu memiliki tiga fungsi utama yaitu di bidang perbankan, moneter, dan sistem pembayaran. ... Pada tahun 1999 Bank Indonesia memasuki era baru dalam sejarah sebagai Bank Sentral independen yang memiliki tugas dan wewenang untuk mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah


38. Apa yang dimaksud bank milik asing berilah contohnya?

Jawaban:
Bank milik asing merupakan cabang dari bank yang ada di luar negeri, atau seluruh sahamnya dimiliki oleh pihak asing (luar negeri). Contoh bank milik asing antara lain ABN AMRO Bank, American Express Bank, Bank of America, Bank of Tokyo, Bangkok Bank, City Bank, Hongkong Bank, dan Deutsche Bank


39. Kegiatan usaha apa saja yang tidak boleh dilakukan oleh bank umum?

Jawaban:
1. Usaha apa yang tidak boleh dilakukan oleh bank umum ? Sebutkan sebanyak-banyaknya !
2. Melakukan penyertaan modal kecuali. pada bank atau perusahaan lain. dibidang keuangan, serta kecuali. penyertaan modal sementara untuk. mengatasi akibat kegagalan kredit. ...
3. Melakukan usaha perasuransian.
4. Melakukan usaha lain diluar kegiatan.


40. Apa saja yang termasuk bank umum?

Jawaban:
Bank umum adalah bank yang menjalankan kegiatan secara konvensional berbentuk pemberian jasa lalu lintas pembayaran.
1. Bank devisa
2. Bank Negara Indonesia.
3. Bank Rakyat Indonesia.
4. Bank Mandiri dan Bank Syariah Mandiri.
5. Bank Central Asia.
6. Bank Bukopin.
7. Bank Danamon.
8. Bank Syariah Mega Indonesia.
9 Bank Mega.


41. Apa tujuan dari perbankan di Indonesia?

Jawaban:
Fungsi utama perbankan Indonesia adalah sebagai penghimpun dan penyalur dana masyarakat serta bertujuan untuk menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dalam rangka meningkatkan pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya, pertumbuhan ekonomi dan stabilitas nasional, kearah peningkatan taraf hidup rakyat banyak.


42. Kegiatan usaha apa saja yang tidak boleh dilakukan oleh Bank Perkreditan?

Jawaban:
Usaha yang tidak boleh dilakukan BPR adalah:
1. Menerima simpanan berupa giro.
2. Melakukan kegiatan usaha dalam valuta asing.
3. Melakukan penyertaan modal dengan prinsip prudent banking dan concern terhadap layanan kebutuhan masyarakat menengah ke bawah.
4. Melakukan usaha perasuransian.


43. Meliputi apa saja kegiatan bank umum syariah?

Jawaban:
Kegiatan usaha Bank Pembiayaan Rakyat Syariah meliputi: a) menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk: Simpanan berupa Tabungan atau yang dipersamakan dengan itu berdasarkan Akad wadi'ah atau Akad lain yang tidak bertentangan dengan Prinsip Syariah;


44. Apa tujuan utama lembaga penyimpanan dana?

Jawaban:
Ini adalah merupakan tujuan utama dari lembaga penyimpan dana untuk menghasilkan pendapatan. Contoh dari lembaga keuangan adalah bank. ... Atau dengan kata lain, Lembaga Keuangan menghimpun dana dari pihak yang kelebihan dana dan menyalurkan ke pihak yang kekurangan dana.


45. Apa fungsi perbankan dalam menunjang perekonomian nasional?

Jawaban:
Fungsi utama dari lembaga perbankan adalah menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan dana kepada masyarakat dengan tujuan untuk menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dalam rangka meningkatkan pemerataan, pertumbuhan ekonomi dan stabilitas nasional ke arah peningkatan kesejahteraan rakyat banyak.


46. Apa perbedaan bank umum dan bank perkreditan rakyat?

Jawaban:
Perbedaan Bank Umum dan BPR Berdasarkan UU No. 10 Tahun 1998 Pasal 1. ... Jika Bank umum menghimpun dananya dalam bentuk giro dan sertifikat deposito, maka BPR tidak menghimpun dananya dalam bentuk giro dan sertifikat deposito, namun BPR hanya menerima dalam bentuk tabungan dan deposito.


47. Apakah margin sama dengan bunga?

Jawaban:
Margin atau keuntungan adalah persentase tertentu yang ditetapkan per tahun. ... Besarnya margin keuntungan tidak akan bertambah, tidak seperti bunga yang sifatnya fluktuatif, margin keuntungan bersifat tetap sesuai dengan kesepakatan antara penjual dan pembeli di awal akad


48. Apa yang dimaksud dengan margin pada bank syariah?

Jawaban:
Dari penyaluran dana tersebut, bank memperoleh pendapatan berupa margin. Margin yang dimaksud di sini merupakan tingkat keuntungan yang diharapkan oleh bank syariah yang dinyatakan dalam bentuk nominal atau persentase tertentu (OJK:2016)