Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

82 Quiz Materi Indeks Harga dan Inflasi Lengkap Jawaban

Soal (Esai) Materi Harga dan Inflasi


56. Mengapa ada hubungan yang berlawanan arah antara pengangguran dan inflasi?

Jawaban:
Ketika inflasi meningkat, pekerja dapat memasok tenaga kerja dalam jangka pendek karena upah yang lebih tinggi. Hal ini akan mengarah pada penurunan tingkat pengangguran. ... Oleh karena itu, dalam jangka panjang inflasi yang lebih tinggi tidak akan menguntungkan ekonomi melalui tingkat pengangguran yang lebih rendah.


57. Apa yang dimaksud dengan indeks relatif?

Jawaban:
Indeks Kekuatan Relatif atau lebih dikenal dengan nama Relative Strength Index (RSI) adalah suatu osilator yang digunakan dalam analisis teknis untuk menunjukkan kekuatan harga dengan cara membandingkan pergerakan kenaikan dan penurunan harga.


58. Bagaimana kondisi trade off yang terjadi antara inflasi dan pengangguran?

Jawaban:
Berdasarkan hasil tersebut terlihat bahwa terdapat trade off antara inflasi dan tingkat pengangguran. Jika pemerintah memiliki tingkat inflasi yang rendah, maka akan terjadi peningkatan tingkat pengangguran. Sehingga dapat dikatakan jika tingkat pengangguran rendah, maka inflasi akan meningkat.


59. Apakah deposito tahan inflasi?

Jawaban:
Meski tidak begitu besar, bunga deposito pada umumnya setara atau bahkan sedikit lebih tinggi dari rata-tata tingkat inflasi, sehingga nilai uang Anda tidak akan tergerus habis di dalam tabungan


60. Apakah inflasi mempengaruhi tabungan?

Jawaban:
Inflasi dapat meningkatkan tingkat tabungan karena adanya dorongan melakukan pengeluaran untuk barang-barang tahan lama sehingga akan menurunkan tingkat tabungan. Tingkat inflasi yang terjadi pada akhirnya akan mempengaruhi tingkat suku bunga.


61. Jelaskan apa yang diukur oleh indeks harga konsumen dan apa bedanya dengan deflator PDB?

Jawaban:
GDP deflator mengukur rata-rata perubahan harga untuk barang/jasa secara umum, sedangkan IHK hanya mengukur perubahan harga untuk barang/jasa tertentu. ... IHK memasukkan harga barang/jasa tertentu, termasuk yang berasal dari impor; sedangkan GDP deflator hanya memasukkan output yang dihasilkan di dalam negeri.


62. Kemungkinan apa saja yang terjadi dalam penghitungan indeks harga?

Jawaban:
Ada tiga kemungkinan dalam penghitungan indeks harga, yaitu:
jika indeks harga > 1, berarti harga mengalami kenaikan;
jika indeks harga < 1, berarti harga mengalami penurunan;
jika indeks harga = 1, berarti harga tetap (tidak naik dan tidak turun).


63. Mengapa indeks Irving Fisher adalah indeks yang paling ideal?

Jawaban:
Indeks Irving Fisher dikatakan Indeks yang ideal karena indeks ini merupakan gabungan dari indeks menurut laspeyres dan juga indeks menurut paasche. Jadi pengaruh terhadap kedua indeks tersebut telah disesuaikan


64. Apakah metode yang digunakan dalam metode Laspeyres?

Jawaban:
Metode Laspeyres. Metode ini menerapkan jumlah barang pada tahun dasar menjadi timbangan terhadap suatu harga. Lebih lanjut , kuantitas barang itu faktor pengali untuk harga-harga barang yang indeksnya akan kita hitung.


65. Apa perbedaan antara metode Paasche dengan Laspeyres?

Jawaban:
Perbedaan antara kedua metode ini adalah tentang bobot (penimbang)nya. Untuk metode Laspeyres, bobot merujuk pada kuantitas dari periode awal, sedangkan pada metode Paasche, bobot merujuk pada kuantitas dari periode akhir.


66. Apa yang dimaksud dengan metode indeks harga tertimbang?
Indeks Agregatif Tertimbang adalah indeks yang dalam pembuatannya telah dipertimbangkan faktor-faktor yang akan mempengaruhi naik turunnya angka indeks tersebut. Timbangan yang akan dipergunakan untuk pembuatan indeks biasanya: Kepentingan relatif (relative importance)


67. Apakah inflasi berkisar antara 30% sd 100% disebut inflasi berat?

Jawaban:
Inflasi ringan adalah inflasi yang masih belum terlalu mengganggu keadaan ekonomi. ... Inflasi berat berkisar antara 30% - 100% per tahun. Inflasi sangat berat atau Hiperinflasi. Inflasi jenis ini sudah mengacaukan kondisi perekonomian dan susah dikendalikan walaupun dengan tindakan moneter dan tindakan fiskal.


68. Mengapa indeks harga umum penting bagi pedagang?

Jawaban:
Indeks harga dapat digunakan untuk beberapa hal, misalnya sebagai indikator pengukuran kegiatan perekonomian secara general, sebagai gambaran tentang tren dalam perdagangan, juga sebagai rujukan bagi pedagang untuk menentukan harga barang dagangnya sekaligus penentuan jumlah barang.


69. Jelaskan apa yang dimaksud dengan indeks Drobisch?

Jawaban:
Indeks Drobisch, merupakan kombinasi dari Indeks Laaspeyres dengan Indeks Paasche atau rata-rata dari kedua indeks tersebut. Indeks Drobisch ini untuk memperkecil perbedaan dari Indeks Laaspeyres dan Indeks Paasche.


70. Langkah langkah penyusunan angka indeks?

Jawaban:
Dalam penyusunan angka indeks ada beberapa langkah sebutkan?
1. Menentukan Tujuan.
2. Menentukan Cara Pengambilan Data.
3. Memilih sumber data.
4. Memilih Tahun Dasar.


71. Apa yang dimaksud dengan metode indeks harga tidak tertimbang?

Jawaban:
Indeks Tidak Tertimbang : Metode angka indeks tidak tertimbang digunakan untuk mengetahui perkembangan suatu harga, yaitu terfokus hanya pada harga dan tidak mempertimbangkan kuantitasnya. Angka Indeks Relatif, yaitu untuk mengukur perbedaan “satu” macam nilai/harga/ kualitasnya saja dalam waktu yang berbeda


72. Mengapa indeks harga dapat dijadikan acuan dalam menetapkan kenaikan upah pekerja?

Jawaban:
Indeks harga dapat dijadikan acuan dalam menetapkan kenaikan upah pekerja karena indeks harga merupakan satuan statistik yang menunjukkan perubahan harga dari satu periode ke periode lainnya.


73. Mengapa menaikkan suku bunga bank dapat menekan inflasi?

Jawaban:
Salah satu kebijakan moneter yang dilakukan oleh Bank Indonesia adalah menaikkan tingkat suku bunga bank. ... Karena jumlah uang yang beredar di masyarakat semakin sedikit, maka kegiatan menaikkan tingkat suku bunga akan menekan laju inflasi.


74. Jelaskan langkah langkah yang dilakukan dalam menentukan indeks harga?

Jawaban:
1. Carilah catatan harga2 lampau.
2. Jumlah harga2 barang yang anda beli sebelumnya.
3. Carilah catatan harga2 saat ini.
4. Jumlahkan harga2 saat ini.
5. bagilaj harga2 saat ini dengan harga lama.
6. Kalikan hasilnya dengan 100.
7. Kurangkan 100 dari hasil yang baru untuk mencari perubahan dalam IHK.


75. Jelaskan apa yang dimaksud dengan tahun dasar?

Jawaban:
Base year atau tahun dasar merujuk pada tahun pertama yang dijadikan basis perhitungan atau perbandingan. Tidak ada kriteria spesifik kenapa kita harus memilih tahun tertentu sebagai dasar perhitungan atau perbandingan. Semua itu tergantung pada konteks perhitungan atau perbandingan yang kita lakukan.


76. Apa itu indeks Fisher?

Jawaban:
Indeks Harga Fisher adalah formula indeks yang digunakan untuk mengukur perkembangan harga sekeranjang barang dan jasa pada periode tertentu.


77. Apa itu inflasi tertutup?

Jawaban:
Kenaikan harga yang terjadi hanya berhubungan dengan satu atau dua barang tertentu.


78. Apakah kesulitan dalam penyusunan indeks harga?

Jawaban:
Kesulitan utama dalam penyusunan angka indeks adalah memilih komponen yang termasuk sekumpulan variabel yang akan dipertimbangkan. Misalnya, indeks bahan makanan, pilihlah jenis bahan makanan yang sering digunakan oleh masyarakat umum, tetapi pemilihan jenis barang harus representatif (dapat mewakili).


79. Apa itu metode tertimbang?

Jawaban:
Metode tertimbang adalah metode yang menggunakan faktor penimbang dalam menghitung indeks harga. Faktor penimbang adalah faktor yang digunakan untuk membedakan pentingnya suatu barang terhadap barang-barang yang lain.


80. Bagaimana penggunaan indeks harga sebagai acuan menetapkan kebijakan harga pada masa depan?

Jawaban:
Penggunaan indeks harga sebagai acuan menetapkan kebijakan harga pada masa depan yaitu dengan melihat titik pergerakan inflasi dengan melihat indeks harga ditahun sebelumnya.


81. Berdasarkan tingkat keparahannya kapan inflasi ringan terjadi?

Jawaban:
Inflasi ringan, yaitu tingkat keparahan inflasi kurang dari 10% per tahun. Inflasi sedang, tingkat keparahan inflasi di antara 10% - 30% per tahun. Inflasi berat, yaitu tingkat keparahan berkisar antara 30% – 100% per tahun.


82. Siapa yang menentukan indeks harga?

Jawaban:
Di Indonesia, indeks harga adalah ditetapkan oleh BPS. Lembaga statistik itu memeringkat harga barang dan jasa diberi bobot (weighted) berdasarkan tingkat keutamaannya. Barang dan jasa yang dianggap paling penting diberi bobot yang lebih besar