Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

92 Quiz Materi Ketenagakerjaan Lengkap Jawaban

Soal (Esai) Materi Ketenagakerjaan

63. Apakah pengangguran mengakibatkan turunnya permintaan agregat?

Jawaban:
Jika pengangguran tingi dan bersifat struktural, daya beli akan menurun yang pada gilirannya akan menimbulkan penurunan terhadap permintaan total (permintaan agregat).


64. Jelaskanlah faktor faktor apa saja yang mempengaruhi permintaan tenaga kerja?

Jawaban:
Tinggi rendahnya permintaan tenaga kerja dipengaruhi dari beberapa faktor- faktor seperti, output, jumlah perusahaan, upah, dan produktivitas tenaga kerja. Perkembangan output mengindikasikan perkembangan permintaan pasar.


65. Apa yang dimaksud dengan jaminan sosial tenaga kerja?

Jawaban:
Jaminan sosial tenaga kerja (Jamsostek) adalah suatu bentuk perlindungan yang diberikan kepada pekerja dan keluarganya terhadap berbagai resiko pasar tenaga kerja.


66. Kemana harus melapor jika gaji tidak dibayar?

Jawaban:
Lapor ke Disnaker. Kunjungi laman resmi dinas tenaga kerja setempat.


67. Apa yang terjadi jika kontrak kerja habis?

Jawaban:
Satu hal yang wajib Anda ketahui adalah bahwa karyawan kontrak tidak mendapat uang pesangon ketika mereka sudah selesai atau telah habis masa kerjanya. Namun karyawan tetap akan mendapat hak uang penggantian hak dan hak uang pisah.


68. Apakah pekerja outsourcing mendapat pesangon?

Jawaban:
Peraturan mengenai kesejahteraan tersebut diatur dalam undang-undang di mana didalamnya mencakup upah minimal, cuti, dan istirahat. Sesuai dengan haknya, sebagai pekerja outsourcing pada dasarnya memang tidak mendapatkan pesangon dari perusahaan.


69. Apa saja yang dilakukan Indonesia untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja untuk menghadapi MEA?

Jawaban:
Cara meningkatkan kualitas tenaga kerja Indonesia dalam menghadapi MEA yaitu :
1. Meningkatkan kualitas pendidikan
2. Memberikan pendidikan tambahan dan juga pelatihan
3. Memberikan pelajaran bahasa Inggris bagi pelajar dan mahasiswa.


70. Apa pendapatmu terhadap peningkatan mutu tenaga kerja adalah tanggung jawab pemerintah?

Jawaban:
Untuk meningkatkan mutu tenaga kerja merupakan tanggung jawab kita bersama, pemerintah sebagai penyedia layanan harus memberikan sarana dan prasarana yang baik dalam dunia pendidikan, dan masyarakat sebagai calon tenaga kerja atau tenaga kerja hendaknya tidak mudah merasa puas dan terus belajar untuk meningkatkan mutu ...


71. Apa pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan?

Jawaban:
Kompensasi yang berupa gaji, insentif, bonus, tunjangan, pekerjaan dan liingkungan pekerjaan adalah faktor penting untuk memengaruhi meningkatnya suatu kinerja karyawan. Semakin besar kompensasi yang diberikan perusahaan kepada karyawannya, maka akan semakin tinggi usaha para karyawan untuk meningkatkan kinerjanya.


72. Jika tidak ada kompensasi apa yang akan terjadi?

Jawaban:
Tanpa adanya kompensasi yang sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan oleh pekerja, akan membuat pekerja menjadi kurang bersemangat. Akibatnya, produktivitas berkurang dan tidak bisa mencapai tujuan yang ditentukan oleh perusahaan.


73. Bolehkah perusahaan memaksa karyawan mengundurkan diri?

Jawaban:
Perusahaan tidak dapat memaksa karyawan untuk melakukan pengunduran diri. ... Karyawan bisa saja menolak permintaan tersebut, dan hal itu adalah hak dari karyawan. Pun karyawan bisa saja menyetujui hal tersebut sebagai bentuk pelaksanaan haknya, atau menyetujui hal tersebut tapi dengan syarat-syarat tertentu.


74. Mengapa perlu adanya pemutusan hubungan kerja bagi perusahaan?

Jawaban:
UU Ketenagakerjaan menjelaskan bahwa perusahaan dapat melakukan PHK terhadap karyawan bila perusahaan tersebut tutup karena alasan kerugian terus menerus selama dua tahun, keadaan memaksa (force majeur), atau karena alasan efisiensi.


75. Pekerjaan seperti apa yang bisa untuk dilakukan outsourcing?

Jawaban:
Menakertrans menjelaskan terdapat 5 jenis pekerjaan yang boleh dilakukan secara outsourcing. Lima jenis pekerjaan sesuai dengan undang-undang 13 yaitu cleaning service, keamanan, transportasi, catering, dan jasa migas pertambangan


76. Apakah karyawan outsourcing bisa menjadi karyawan tetap?

Jawaban:
Kerry Nurrakhma, Direktur PT Sandi Jasa Estika, perusahaan penyalur tenaga kerja outsourcing yang telah berdiri semenjak tahun 2003 silam, mengatakan bahwa peluang pegawai outsourcing sama besarnya dengan pegawai kontrak untuk menjadi pegawai tetap.


77. Apakah outsourcing itu merugikan?

Jawaban:
Hasil penelitian Akatiga di pusat-pusat industri di tiga provinsi terhadap sistem hubungan kerja outsourcing menunjukkan kecenderungan merugikan pihak pekerja. Menurut dia, rata-rata upah buruh outsourcing 26 persen lebih rendah dari pada buruh tetap. ...


78. Langkah langkah apa yang dapat di lakukan pemerintah dan swasta untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja?

Jawaban:
upaya pemerintah oleh pihak swasta untuk meningkatkan mutu tenaga kerja:
1. memberdayakan bala latihan kerja(BLK) secara optimal
2. meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat
3. menyelenggarakn pelatihan berkala untuk meningkatkan ketrampilan kerja
4. penerapan bonus(reward) dan sanksi(punishment) secara konsisten
5. menyelenggarakan proses pemagangan kerja


79. Siapa yg bertanggung jawab atas peningkatan kualitas tenaga kerja?

Jawaban:
Pihak-pihak yang bertanggung jawab terhadap mutu tenaga kerja adalah pemerintah, swasta/perusahaan, dan individu. Karena itu, untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja, diperlukan peran semua pihak tersebut.


80. Apa yang dapat dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja agar mampu bersaing di tingkat internasional?

Jawaban:
Upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas tenaga kerja Indonesia agar mampu bersaing dengan negara lain. Mengadakan pelatihan tenaga kerja. ... Mengadakan latihan kerja bagi para tenaga kerja. Latihan ini ditujukan supaya calon tenaga kerja mempunyai gambaran tentang dunia kerja yang akan dihadapinya.


81. Apakah lingkungan kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan?

Jawaban:
Musriha (2011), bahwa lingkungan kerja memiliki dampak positif terhadap kinerja karyawan. Lingkungan kerja yang nyaman menyebabkan tingkat konsentrasi karyawan dalam bekerja meningkat, dan kondisi tersebut menyebabkan tingkat produktivitas kerja karyawan meningkat.


82. Apa hak hak karyawan yang di PHK (pemutusan hubungan kerja )?

Jawaban:
Ketika terjadi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) kita berhak atas hak-hak yang seharusnya kita dapatkan sebagai pekerja/buruh : seperti Uang Pesangon, Uang Penghargaan masa kerja, dan Uang Penggantian Hak.


83. Apakah outsourcing menguntungkan bagi perusahaan?

Jawaban:
Bagi perusahaan, sistem kerja outsourcing memberikan keuntungan karena dapat menekan biaya operasional lebih murah. Karena, karyawan outsourcing tidak mendapatkan beberapa jenis tunjangan atau hak yang didapatkan langsung di bawah perusahaan.


84. Berapa lama kontrak karyawan outsourcing?

Jawaban:
Karyawan kontrak memiliki masa bekerja sesuai dengan kesepakatan kontrak antara perusahaan dan karyawan dimana maksimal adalah dua tahun. Sedangkan untuk outsourcing, lama bekerjanya tidak pasti tergantung dengan perusahaan yang membutuhkan jasanya bisa selama tiga bulan, enam bulan, dan satu tahun.


85. Kepada siapa karyawan outsourcing bekerja?

Jawaban:
Dengan demikian, karyawan outsourcing adalah pekerja kontrak yang direkrut oleh perusahaan penyedia jasa tenaga kerja untuk dipekerjakan oleh perusahaan pengguna jasa (user).


86. Bagaimanakah cara mengantisipasi dan mengatasi masalah dalam ketenagakerjaan?

Jawaban:
Cara Mengatasi Permasalahan Ketenagakerjaan di Indonesia
1. Mengadakan pelatihan kerja agar para calon tenaga kerja sudah memiliki ilmu dan keterampilan yang dibutuhkan oleh para pencari kerja.
2. Memperbanyak mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
3. Membuat kebijakan mengenai gaji tenaga kerja Indonesia.
4. Mengembangkan usaha industri yang padat karya.


87. Apakah ada pengaruh tingkat pendidikan terhadap tenaga kerja?

Jawaban:
Semakin tingginya tamatan pendidikan seseorang maka semakin tinggi pula kemampuan kerja (the working capacity) atau produktivitas seseorang dalam bekerja. ... Hal ini dikarenakan semakin tinggi kualitas seseorang (tenaga kerja) maka peluang untuk bekerja semakin luas.


88. Apakah karyawan dipecat dengan SP3 mendapat pesangon?

Jawaban:
Kalau berdasarkan UU ketenagakerjaan, apabila memenuhi persyaratan, maka karyawan yang dipecat berhak mendapatkan pesangon. Dan SP3 bukanlah hal yang menghilangkan hak tersebut. ... Namun, bila Anda mengundurkan diri, tentu Anda tidak akan mendapatkan pesangon.


89. Bagaimana peranan pemerintah dalam mengatasi masalah tenaga kerja di Indonesia?

Jawaban:
Usaha meningkatkan mutu tenaga kerja diberikan oleh pihak pemerintah , swasta (perusahaan), dan individu. Peranan yang diberikan pemerintah dalam mengatasi masalah ketenagakerjaan yaitu: Menyusun dan memonitor pelaksanaan peraturan ketenagakerjaan. ... Mendirikan berbagai pusat latihan kerja.


90. Apa sajakah contoh masalah ketenagakerjaan di Indonesia?

Jawaban:
Tiga masalah ketenagakerjaan yang sering terjadi di Indonesia:
1. Banyaknya Pengangguran.
2. Lapangan Kerja yang Rendah. ...
3. Kualitas Tenaga Kerja yang Rendah.


91. Apakah dengan pendidikan dapat mempengaruhi tingkat pengangguran?

Jawaban:
Salah satu ukuran permintaan tenaga kerja dalam suatu wilayah adalah dengan tingkat pendidikan, karena semakin tinggi tingkat pendidikan yang diperoleh oleh tenaga kerja maka semakin besar pula tingkat output yang dihasilkan sehinggga akan mengurangi pengangguran.


92. Apakah pendidikan sarjana lebih tinggi dari angkatan kerja?

Jawaban:
Berdasarkan data yang dilansir Badan Pusat Statistik (BPS), lulusan pendidikan tinggi baru 5 persen dari total angkatan kerja.