Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

110 Quiz Materi Koperasi Lengkap Jawaban

Soal (Esai) Materi Koperasi


75. Mengapa koperasi sekolah tidak disahkan sebagai badan hukum?

Jawaban:
Koperasi sekolah tidak berbadan hukum seperti koperasi-koperasi lainnya karena siswa atau pelajar pada umumnya belum mampu melakukan tindakan hukum. Status koperasi sekolah yang dibentuk di sekolah merupakan koperasi terdaftar, tetapi tetap mendapat pengakuan sebagai perkumpulan koperasi.


76. Apakah koperasi sekolah dapat disebut sebagai badan usaha koperasi berikan alasannya?

Jawaban:
Koperasi sekolah juga termasuk badan usaha koperasi karena koperasi sekolah bisa memenuhi kebutuhan murid.Dan juga bisa memperbaik ekonomi sekolah..


77. Mengapa prinsip keanggotaan koperasi yang bersifat terbuka dan sukarela dikatakan akan melemahkan permodalan dalam jangka panjang?

Jawaban:
Prinsip keanggotaan bersifat terbuka dan sukarela, ini akan melemahkan struktur permodalan dalam jangka panjang, sebab jika perkoperasian tidak mampu melayani kepentingan anggota, ia bisa keluar dari keanggotaan koperasi. Konsekuensinya , modal yang tertanam dalam koperasi harus dikembalikan.


78. Mengapa undang-undang Perkoperasian Nomor 25 Tahun 1992 perlu dilakukan perubahan?

Jawaban:
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian perlu diganti karena sudah tidak sesuai lagi dengan kebutuhan hukum dan perkembangan Perkoperasian, dengan membentuk Undang-Undang tentang Perkoperasian.


79. Koperasi menyediakan apa saja?

Jawaban:
Beberapa koperasi menyediakan beberapa layanan sekaligus. Misalnya, selain menjual barang kebutuhan konsumen, koperasi tersebut juga menyediakan jasa simpan pinjam. Koperasi seperti ini disebut sebagai Koperasi Serba Usaha (KSU).


80. Apa yang dimaksud dengan koperasi tersier?

Jawaban:
Koperasi tersier atau induk koperasi yang beranggotakan koperasi- koperasi sekunder dan berkedudukan di ibukota negara.


81. Mengapa koperasi di Indonesia tidak semaju di negara lain?

Jawaban:
Alasan mengapa Koperasi di Indonesia sulit berkembang adalah sebagai berikut: ... Pemberian fasilitas sarana prasana serta kemitraan yang dirasa kurang oleh pemerintah membuat koperasi masih sulit berkembang, apalagi dengan kurangnya sumber daya manusia yang berperan aktif dalam kelembagaannya


82. Mengapa koperasi sekolah termasuk jenis koperasi Serba Usaha?

Jawaban:
Usaha yang dijalankan oleh Koperasi Sekolah harus menunjang kebutuhan para siswa itu sendiri. Koperasi sekolah termasuk jenis koperasi serba usaha. Dikatakan koperasi serba usaha karena mengusahakan berbagai macam kebutuhan para siswa.


83. Apa saja yang menjadi permasalahan koperasi secara mendasar?

Jawaban:
Masalah yang mendasar dari koperasi di Indonesia yaitu:
1. Kurangnya pengetahuan masyarakat akan koperasi.
2. Pengelolaan koperasi yang masih jauh dari profesional.
3. Keengganan masyarakat untuk menjadi anggota koperasi.


84. Apakah koperasi dibolehkan dalam Islam?

Jawaban:
Dalam Islam, koperasi masuk kedalam golongan syirkah. Dalam hal ini adalah wadah kerjasama, kemitraan dan kebersamaan usaha yang baik dan halal. Allah berfirman, “Dan bekerjasamalah dalam kebaikaan dan ketakwaan, dan janganlah saling bekerjasama dalam dosa dan permusuhan” (Al-Maidah:2).


85. Mengapa terjadi pembubaran koperasi?

Jawaban:
Apabila telah ada putusan pengadilan yang telah mempunyai ketentuan hukum yang tetap bahwa kegiatan koperasi membahayakan keamanan, masyarakat, melanggar norma kesusilaan yang berlaku atau melanggar ketertiban umum, maka pemerintah wajib membubarkan koperasi yang bersangkutan.


86. Kapan bubarnya suatu koperasi?

Jawaban:
Koperasi tersebut dinyatakan bubar pada saat ditetapkan dalam keputusan rapat anggota. ... Koperasi dapat juga bubar karena berakhirnya jangka waktu berdirinya sebagaimana ditentukan dalam anggaran dasar telah berakhir.


87. Dimana awal koperasi diperkenalkan di Indonesia?

Jawaban:
Di Indonesia, koperasi mulai diperkenalkan oleh Pamong Praja Patih di Purwekerto bernama R. Aria Wiria Atmaja. Ia membentuk sebuah bank yang kemudian menjadi cikal bakal koperasi.


88. Apa bedanya pengelola dan pengurus?

Jawaban:
Pengurus yang dimaksud adalah seseorang yang menduduki ketua yang dipilih melalui rapat anggota oleh sedangkan pengelola adalah seseorang yang menduduki jabatan manajer umum/manajer yang diberikan tugas dan wewenang oleh pengurus untuk mengkoordinir seluruh kegiatan pengelolaan usaha pada masing- masing koperasi primer


89. Kapan terjadi rapat Anggota koperasi luar biasa jelaskan?

Jawaban:
Rapat Anggota Luar Biasa dilaksanakan apabila terdapat keadaan luar biasa yang mengharuskan adanya keputusan segera yang wewenang pengambilannya ada pada Rapat Anggota seperti kekosongan kepengurusan, penggabungan, peleburan, atau pembubaran.


90. Apa itu potongan koperasi?

Jawaban:
Potongan koperasi adalah potongan bagi yang ingin meminjam di koperasi kantor. Pemotongan ini dapat dijalankan hingga melunasi utang.


91. Koperasi didirikan pada tanggal berapa?

Jawaban:
Pada tanggal 12 Juli 1947, pergerakan koperasi di Indonesia mengadakan Kongres Koperasi yang pertama di Tasikmalaya. Hari ini kemudian ditetapkan sebagai Hari Koperasi Indonesia.


92. Siapa yang aktif dalam kegiatan koperasi sekolah?

Jawaban:
Pengurus dan pengelola koperasi sekolah dilakukan oleh para siswa di bawah bimbingan kepala sekolah dan guru-guru, terutama guru bidang studi ekonomi dan koperasi. Tanggung jawab ke luar koperasi sekolah tidak dilakukan oleh pengurus koperasi sekolah, melainkan oleh kepala sekolah.


93. Apa yang menjadi sebab lahirnya bentuk usaha koperasi?

Jawaban:
Koperasi timbul pada masa perkembangan kapitalisme sebagai akibat revolusi industri. Pada awalnya, Koperasi Rochdale berdiri dengan usaha penyediaan barang-barang konsumsi untuk keperluan sehari-hari. ... Pada tahun 1876, koperasi ini telah melakukan ekspansi usaha di bidang transportasi, perbankan, dan asuransi.


94. Apa yang dimaksud dengan jati diri koperasi?

Jawaban:
Adapun yang dimaksud dengan jati diri koperasi meliputi pengertian, nilai-nilai, dan prinsip-prinsip koperasi, seperti dikehendaki oleh anggota dan masyarakat koperasi yang mencerminkan ideologi koperasi, sedangkan ideologi koperasi merupakan bentuk keyakinan-keyakinan yang dibangun berdasarkan nilai-nilai dan prinsip-


95. Apa maksud dari prinsip koperasi pengelolaan secara demokratis?

Jawaban:
Pengelolaan koperasi dilakukan secara demokratis. Prinsip ini mengandung makna bahwa pengelolaan koperasi harus didasarkan atas kehendak anggota yang ditetapkan melalui rapat anggota, kemudian dilakukan oleh anggota melalui pengurus dan ditujukan untuk kepentingan (kesejahteraan) anggota.


96. Apakah koperasi simpan pinjam sama dengan bank jelaskan?

Jawaban:
Koperasi simpan pinjam adalah satu jenis bentuk usaha koperasi. ... Koperasi simpan pinjam adalah lembaga keuangan bukan bank dengan kegiatan usaha menerima simpanan dan memberikan pinjaman uang kepada anggotanya.


97. Apa yang dimaksud dengan koperasi pusat?

Jawaban:
Koperasi pusat adalah koperasi yang beranggotakan paling sedikit 5 koperasi primer. Gabungan koperasi adalah koperasi yang anggotanya minimal 3 koperasi pusat.


98. Mengapa koperasi tidak bisa bersaing dengan badan usaha lain?

Jawaban:
karena koperasi itu modalnya kecil dan mengambil keuntungan sekidit saja serta mementingkan anggotanya. sedangkan badan usaha lain modal nya sudah besar dan mementingkan lebih keuntungan.


99. Apakah koperasi termasuk korporasi?

Jawaban:
Perkumpulan orang, bukan perkumpulan modal. Koperasi tak lagi dipandang sebagai badan usaha yang beranggotakan orang-perorang. ... Melainkan menjadi badan hukum yang dapat didirikan oleh perseorangan.


100. Apa perbedaan antara yayasan dan koperasi?

Jawaban:
Perbedaan anatar koperasi dan yayasan adalah jika koperasi didirikan untung mencari untung, sedangkan yayasan semata-mta hanya untuk kepentingan sosial dan tidak mencari untung.


101. Hal hal apa saja yang bisa menyebabkan koperasi pailit?

Jawaban:
Suatu koperasi dapat dimohonkan kepailitannya apabila terdapat dua atau lebih kreditor dan tidak membayar lunas sedikitnya satu utang yang telah jatuh waktu dan dapat ditagih dinyatakan pailit dengan putusan pengadilan sesuai dengan syarat yang diatur dalam Undang-Undang kepailitan dan penundaan kewajiban pembayaran ...


102. Kenapa koperasi ada di Indonesia?

Jawaban:
Di Indonesia, koperasi mulai diperkenalkan oleh seorang Pamong Praja Patih R. Aria Wiria Atmaja pada tahun 1896. Ide awalnya adalah ketika Patih melihat banyak pegawai negeri tersiksa, karena banyak dari mereka yang terjerat oleh para rentenir yang memberikan pinjaman dengan bunga tinggi.


103. Koperasi apa yang lahir di Inggris?

Jawaban:
Lahirnya koperasi pertama dikenal dengan Koperasi Rochdale diambil dari nama kota di bagian utara inggris dan digagas Charles Howard pada tanggal 24 Oktober 1844, Sekarang hari lahirnya koperasi ini sering diperingati sebagai “Gerakan Koperasi Modern”


104. Apa yang dimaksud dengan asas koperasi?

Jawaban:
Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang‑seorang atau badan hukum Koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip Koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan.


105. Apa yang dimaksud dengan koperasi menurut pernyataan ICA International co operative Alliance?

Jawaban:
Menurut ICA 1995, koperasi adalah perkumpulan otonomi dari orang-orang yang bersatu secara suka- rela untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan dan aspirasi-aspirasi ekonomi, sosial dan budaya bersama melalui perusahaan yang mereka kendalikan secara demokratis.


106. Mengapa orang mau menjadi anggota koperasi?

Jawaban:
Koperasi berdiri atas asas kekeluargaan, dimana anggota dapat saling membantu satu sama lain. Dengan bergabung menjadi anggota koperasi, tentu saja akan mendapatkan jaringan relasi yang lebih luas. ... Kita dapat mengembangkan potensi dan ekonomi pula dengan kemudahan pinjaman dana usaha dari koperasi.


107. Jelaskan apa yang dimaksud dengan asas kekeluargaan dalam koperasi?

Jawaban:
Asas koperasi adalah Kekeluargaan yaitu Adanya kesadaran setiap anggota koperasi untuk mengerjakan segala sesuatu dalam koperasi yang berguna untuk semua anggota dari koperasi itu.


108. Asas koperasi ada berapa?

Jawaban:
Disamping itu, koperasi di Indonesia juga berpegang terhadap dua asas. Asas sendiri diartikan sebagai prinsip dasar yang menjadi acuan pengambilan keputusan-keputusan penting yang menyangkut suatu instansi atau badan usaha. Adapun dua asas koperasi itu diantaranya asas kekeluargaan dan asas gotong royong.


109. Jelaskan secara singkat apa yang disebut dengan prinsip kegotongroyongan dalam koperasi?

Jawaban:
Bagi koperasi, asas gotong royong berarti dalam koperasi terdapat kesadaran bekerja sama dan tanggung jawab bersama dengan tidak memikirkan diri sendiri.


110. Mengapa perlu dirumuskan jati diri koperasi?

Jawaban:
Dengan jati diri koperasi sebagai keyakinan dasar akan kebenaran asas dan tujuan koperasi serta memberikan jastifikasi moral terhadap sikap dan tingkah laku anggota-anggota koperasi, perlu diselamatkan karena koperasi tanpa jati diri koperasi dan ideologi koperasi, maka tidak mungkin koperasi menjadi gerakan (movement)